Lembah Indah, salah satu rekomendasi tempat wisata di kota Malang (Foto: Instagram/grego_ming)

11 Tempat Wisata Di Malang yang Lagi Hits dan Instagramable

Andre | Travel | 13-06-2022

PARBOABOA - Kota Malang merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terdapat berbagai tempat wisata di Malang yang menarik untuk dikunjungi dan tak boleh dilewatkan ketika liburan tiba.

Parawisata Malang memiliki segudang destinasi mulai dari wisata alam, museum, taman, hingga wisata kuliner. Selain menyajikan pemandangan alam yang asri, berbagai objek alam di kota Malang juga mudah diakses.

Sampai saat ini, Malang masih menjadi destinasi liburan favorit wisawatan lantaran memiliki daya tarik tersendiri. Kota ini memiliki banyak julukan, mulai dari Parist Van East Java, kota wisata, kota pendidikan, kota apel, kota bunga, hingga kota susu.

Malang juga dikenal sebagai kota yang yang melestarikan cagar budayanya. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya festival budaya yang digelar, seperti Festival Malang Tempo Doeloe.

Nah, bagi kamu yang yang tertarik menguak indahnya Malang, Berikut ini beberapa rekomendasi wisata di kota Malang yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman ataupun keluarga.

1. Alun-Alun Malang

(Foto: Twitter/@KabarMLG)

Alun-alun menjadi lokasi yang tepat untuk memulai wisatamu saat berada di kota Apel. Alun-alun bukan hanya sekedar menjadi penghias kota, namun juga dimanfaatkan warga untuk beraktivitas.

Kamu bisa menikmati taman sambil berkeliling disekitaran taman, bersepeda, dan masih banyak lagi. Pada malam hari, alun-alun ini akan dihiasi dengan lampu hias yang memanjakan mata.

Untuk tiket masuk, kamu tidak perlu khawatir karena pengunjung bisa berpiknik di bawah rindangnya pohon dan fasilitas penunjang seperti Wifi dan gazebo mini sembari menyantap jajanan di sekitar alun-alun tanpa pungutan biaya.

2. Jatim Park

Jatim Park 1 (Foto: Shutterstock/fastpixelart)

Saat berkunjung ke Malang, belum lengkap rasanya jika tidak mendatangi rekreasi Jatim Park.

Jatim Park (JTP) merupakan destinasi tempat wisata Malang yang menawarkan pengalaman one-stop destination.

Di sini, kamu bisa menikmati tiga konsep wisata yang dibedakan berdasarkan tempatnya. Yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.

Untuk lokasi Jatim Park 1 ditujukan sebagai tempat bermain dan hiburan sama seperti Dufan, Ancol. Sementara Jatim Park 2 lebih mengarah ke wisata edukasi yang manyuguhkan kemegahan Museum Satwa dan Batu Secret Zoo, sedangkan Jatim Park 3 mengusung konsep taman bermain sekaligus edukasi mengenai hewan-hewan purbakala termasuk Dinosaurus.

3. Flora Wisara San Terra

Flora Wisara San Terra (Foto: Instagram/florawisata.santerra)

Wisatawan yang suka foto-foto sebaiknya tak melewatkan Flora Wisata San Terra Pujon, Malang. Tempat yang berada di atas lahan seluas 5 hektare ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata Malang kekinian dan Instagramble.

Flora Wisata San Terra sendiri dibangun dengan beberapa konsep, seperti taman bunga, wahana permainan ala taman, hingga fasilitas outbound.

Selain menyajikan ratusan jenis tanaman hias, harga tiket masuk Flora Wisata San Terra juga tidak mahal. Kamu hanya perlu menyiapkan Rp25 ribu untuk weekdays dan Rp30 ribu untuk weekend per orangnya.

4. Candi Jago

Candi Jago (Foto: Instagram/amazingmalang)

Malang menyimpan berbagai jenis peninggalan bersejarah, salah satunya adalah Candi Jago yang berlokasi di Jalan Wisnuwardhana, Ronggowuni, Tumpang, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang.

Candi Jago adalah tempat wisata di Malang berupa candi Hindu yang didirikan pada abad ke-13. Keseluruhan bangunan candi ini berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 23 m x 14 m.

Sedangkan ornament dindingnya, Candi Jago dipenuhi dengan panel-panel relief yang dipahat dengan penuh ketelitian. Bahkan, hampir tidak ada ruang kosong karena semua dindingnya dihiasi dengan berbagai ornamen yang menceritakan kisah yang saling terkait.

5. Museum Angkut

Museum Angkut (Foto: Instagram/jonydiecast)

Museum Angkut menjadi salah satu objek wisata favorit para wisatawan yang datang ke Malang, baik domestik maupun wisatawan mancanegara. Di museum ini, kamu bisa melihat banyak alat transportasi dari masa ke masa. Selain itu, terdapat mobil-mobil klasik yang jika masih dijual akan dibanderol dengan harga yang fantastis.

Selain itu, terdapat kendaraan yang dulunya selalu digunakan oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno.

6. Batu Secret Zoo

(Foto: google.com/maps/Estu Dimas Danang)

Ketika berkunjung ke kota Malang, kamu tidak boleh kelupaan untuk datang ke Batu Sacret Zoo yang masih bagian dari Jatim Park 2. Batu Secret Zoo menjadi tempat wisata dan konservasi satwa modern yang memiliki luas sekitar 14 hektar.

Destinasi wisata Malang ini sudah menjadi daya tarik dan magnet bagi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Alasan utamanya adalah jenis binatang yang terbilang cukup lengkap dengan mengusung konsep kebun binatang bergaya modern, teknologi canggih, tertata rapi dan lingkungannya yang bersih.

7. Air Terjun Coban Rondo

(Foto: Instagram/call_me_kacrut)

Terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Malang, wisatawan dapat melihat keindahan alam di Air Terjun Coban Rondo. Air terjun ini berada di Kecamatan Pujon yang berdekatan dengan Kota Batu.

Di tempat ini kamu akan dimanjakan dengan air terjun yang memiliki ketinggian 84 meter dengan sumber mata airnya yang terletak di kaki lereng Gunung Kawi.

Bagi kamu yang suka dengan pemandangan alam, lokasi ini sangat dianjurkan untuk dikunjungi. Karena wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas yang sangat menyenangkan, mulai dari berkemah, berenang, hingga fun tubing.

8. Kayutangan

(Foto: dakatour.com)

Kayutangan dikenal dengan beberapa penanda dan bangunan kunonya yang masih terjaga keasliannya seperti tugu jam di pertigaan Celaket dan bangunan lama Kantor PLN Kota Malang.

Tempat wisata yang terletak di Jalan Basuki Rahmat ini bukan hanya dijaga kelestariannya, namun juga Pemerintah Daerah mencoba mengembangkan potensi ekonomi kreatif dari masyarakat yang berada di kawasan Kayutangan.

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi saat berada di kawasan KayuTangan adalah toko es krim legendaris “Toko Oen” yang masih beroperasi di tengah bangunan bergaya kuno dan juga sering dikunjungi turis mancanegara.

9. Pantai Balekambang

(Foto: Instagram/balekambangmalang)

Pantai Balekambang menjadi tempat wisata Malang terfavorit belakangan ini. Pesona yang ditawarkan pun gak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia. Di sekitaran pantai Balekambang, terdapat tiga pulau yang juga harus didatngi para wisatawan seperti, Pulau Ismayo, Anoman, dan Wisanggeni.

Beberapa aktivitas bisa kamu lakukan jika berkunjung ke pantai ini antara lain berenang, berkemah di pinggir pantai, memancing dan bermain flying fox. Wisatawan akan menempuh perjalanan sekitar 62 km dengan mobil dari alun-alun Kota Malang atau 64,9 km dari bandara Abdul Rahman Saleh.

10. Lembah Indah

Kota Apel ini mempunyai segudang daya tarik dengan pesona alam yang menakjubkan, salah satunya Lembah Indah.

Lembah Indah adalah tempat wisata di Malang terpopuler yang menyajikan hamparan perkebunan pegunungan. Destinasi yang satu ini mengusung konsep resor edukasi, wisata, dan cocok untuk liburan bersama keluarga.

Lembah Indah terletak di daerah Gendogo, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Malang. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang asri, daya tarik utama Lembah Indah adalah edukasi kegiatan berkebun.

Tak lupa, tedapat akomodasi penginapan yang berupa glamping di tendah berbentu unik. Tenda-tenda tersebut sangat Instagramable dengan panorama lembah pegunungan yang indah.

11. Malang Night Paradise

(Foto: dakatour.com)

Malang Night Paradise adalah salah satu tempat wisata Malang yang menyediakan hiburan menarik pada malam hari, dihiasi oleh banyak lampu dan fasilitas permainan.

Di sini, kamu bisa menemukan beragam hiburan seperti Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Fun Clown, Museum Ganesya, dan Flying Car.

Selain itu, ada juga Magic Journey yang populer di masyarakat, wahana perahu yang menyusuri sungai sepanjang 500 meter dengan 9 tema berbeda. Banyak juga spot-spot foto yang kece, lho.

Nah, itulah deretan Tempat Wisata paling Hits di Malang yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata edukasi, hingga rekreasi bisa kamu sesuaikan dengan preferensimu.

Tag : #destinasi    #malang    #wisata    #tempat wisata malang    #lembah indah    #museum angkut    #travelling   

Baca Juga