Tempat wisata di Padang yang lagi hits, foto: iTrip.id

10 Tempat Wisata di Padang yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi

Wanovy | Travel | 24-03-2022

PARBOABOA - Tempat wisata di Padang adalah destinasi yang selalu dicari oleh wisatawan yang baru pertama kali menginjak kota ini.

Sebagai jantung Sumatera Barat, Padang adalah kota pelabuhan di mana kamu akan menemukan wisata alam dan budaya yang kaya.

Mulai dari arsitektur kolonial Belanda Kota Tua Padang, Pantai Air Manis yang terikat dengan legenda lokal. Hingga jembatan bernama yang menghubungkan kota dengan Gunung Padang.

Semuanya bisa kamu jelajahi di kota ini. Seperti apa sih keindahan yang dimiliki oleh wisata yang terdapat di Padang?

Berikut daftar tempat wisata di Padang yang lagi hits dan menarik sekali untuk dikunjungi bersama keluarga ketika liburan telah tiba.

1. Pantai Pasumpahan

Kekayaan alam di Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satu yang akan dibicarakan adalah Pantai Pasumpahan. Wisata bahari ini digadang gadang sebagai Pulau Maldives Indonesia.

Bagaimana tidak, jernihnya warna air laut bersandingan dengan pasir putih yang begitu bersih. Kedua unsur tersebut berhasil menjadi perpaduan sempurna Pantai Pasumpahan.

Di sekitaran wisata Pasumpahan ini, kamu bisa melihat rumah rumah penduduk lokal yang mayoritasnya bermata pencaharian sebagai nelayan.

Wisata Bahari Pasumpahan sangat cocok dikunjungi untuk kamu yang ingin mengasingkan diri dari hiruk pikuk kota.

Saking indahnya, pantai yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini cocok dinaikkan level menjadi wisata dunia terapik.

2. Pantai Air Manis

Pantai ini merupakan tempat wisata di Padang yang lagi hits dan terpopuler. Pantai Air Manis ini viral di media sosial karena sejarahnya.

Pantai ini merupakan tempat si Malin Kundang yang dikutuk oleh Ibunya. Patung Malin Kundangpun masih dapat kamu lihat di Pantai Air Manis ini.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi karena bukan hanya karena kisah sejarahnya yang melegenda, namun Pantai ini juga sangat indah.

Dimana di pantai ini disediakan banyak fasilitas lengkap dan banyak warung berjejer menawarkan makanan khas Padang yang bisa kamu nikmati.

3. Janjang Seribu

Tempat wisata di Padang yang lagi hits ini terletak di Kota Bukit tinggi, dengan layaknya tembok besar Tiongkok, ala Sumatra Barat. Wisata Sumbar ini memiliki panjang sekitar 1 km dengan pemandangan yang mengagumkan.

4. Pantai Carolina

Pantai Caroline Padang atau Pantai Teluk Bungus menjadi bukti lain bahwa keindahan alam di Sumatera Barat tak perlu di ragukan lagi.

Pantai ini dulunya jarang di kunjungi dan memang dikenal sebagai sebuah pantai pribadi karena sepi oleh pengunjung.

Namun saat ini Pantai Caroline telah berubah menjadi destinasi wisata sumbar khususnya padang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menyaksikan keunikannya. Pantai Caroline ini dikenal mempunyai garis pantai yang cukup unik yakni berbentuk seperti huruf W atau gambar hati.

Kalau kamu membawa drone ke pantai ini, maka bentuk pantai seperti hati pun bakal bisa nampak jelas dari udara.

5. Pantai Padang

Pantai Padang atau kalau orang minang menyebutnya taplaw atau alias tapilawi menjadi tempat wisata di Padang yang lagi hits yang harus kamu kunjungi.

Pantai ini sangat berbeda dengan yang dahulu, dikarenakan pemerintah kota Padang terus berbenah dan memperbaiki berbagai fasilitas di pantai ini.

Kini tempat wisata di Padang yang satu ini sudah berubah menjadi tempat yang cantik dan indah dengan aneka bunga yang menghiasi di sekitarnya.

Disekitaran Pantai Padang ini, kamu bisa menemukan banyak sekali pedagang makanan ringan hingga seafood dengan rasa yang enak.

6. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan salah satu tempat wisata di Padang yang lagi hits dan berada tak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur. Dari Pantai Nirwana pengunjung dapat melihat kapal-kapal yang sedang bersandar di pelabuhan Teluk Bayur.

Saat air surut, batu karang dan koral kecil yang bertebaran bisa terlihat di sepanjang pantai. Pepohonan kelapa di pinggir pantai ini juga makin memberi nuansa tropis yang eksotis.

7. Pantai Sako

Pantai Sako berada di Bungus Teluk Kabung, Padang. Pantai ini mungkin tidak sepopuler wisata Padang lainnya. Namun, keindahan pantai Sako tak bisa diragukan lagi.

Luas pantai Sako hanya 6000 meter persegi saja dengan topografi pantai yang landai, pasirnya yang sedikit coklat, serta ombaknya yang tenang.

8. Pantai Pasir Jambak

Tempat wisata di Padang yang lagi hits berikutnya adalah pantai Pasir Jambak. Pantai Pasir Jambak terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Padang.

Pantai ini memiliki kontur yang luas dan datar, sehingga membuatnya cocok sebagai rute bersepeda bagi para pengunjungnya.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berada di Pantai Pasir Jambak ini, mulai dari aktivitas berenang, berjemur, bermain, hingga menyewa perahu.

9. Jembatan Siti Nurbaya

Tak melulu soal pantai, tempat wisata di Padang yang tak kalah keren adalah Jembatan Siti Nurbaya.

Jembatan Siti Nurbaya merupakan tempat wisata di Padang lain yang juga ikonik. Jembatan ini membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Aru.

Diberi nama Siti Nurbaya, tak lain dan tak bukan karena karena fungsinya sebagai akses penghubung menuju Gunung Padang yang menjadi latar tempat novel klasik Siti Nurbaya.

Selain sebagai jalur akses penghubung, jembatan ini biasanya juga dijadikan tempat untuk menikmati panorama matahari terbenam dengan pemandangan Kota Tua Padang.

10. Museum Adityawarman

Tempat wisata sejarah Museum Adityawarman ini mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977.

Museum Adityawarman ini layak disebut sebagai ‘Taman Mini’ ala Sumatera Barat. Museum Adityawarman merupakan museum budaya terpenting di Sumatera Barat.

Museum Adityawarman tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda bersejarah seperti cagar budaya.

Museum Adityawarman ini terdapat seluk beluk kebudayaan khas Minang, mulai dari pakaian adat hingga alat-alat musik tradisional. Terletak di pusat Kota Padang.

Demikianlah informasi seputar tempat wisata di Padang yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi jika sedang berkunjung ke Kota ini. Selamat berlibur!

Tag : #wisata padang    #padang    #travel    #tempat wisata    #sumatera barat    #pantai padang    #wisata alam    #wisata sejarah   

Baca Juga