Tempat wisata di Palembang yang lagi hits, foto: Nusae.com

10 Tempat Wisata di Palembang yang Lagi Hits dan Wajib Kamu Kunjungi

Wanovy | Travel | 16-04-2022

PARBOABOA, Palembang - Beragam tempat wisata di Palembang yang lagi hits tentu menawarkan keindahan yang layak diabadikan. Apalagi, berdasar PP No.50 tahun 2011 lalu, Palembang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Mulai dari tempat wisata alam, wisata religi, dan tentunya wisata sejarah, semua dapat kamu temukan di sini.

Kota Palembang merupakan sebuah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang dikenal dengan makanan khasnya yang bernama Pempek Palembang yang terkenal nikmat dan lezat, Makanan ini terkenal hingga plosok indonesia.

Jika kamu punya rencana liburan ke Kota Palembang, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan yang cocok untuk kamu kunjungi.

Selama ini Palembang terkenal dengan icon jembatan Ampera, namun bukan itu saja, ternyata kota ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata lainnya yang tak kalah dengan wisata Bali, Bogor ataupun kota besar lainnya.

Untuk memudahkan kamu, Parboaboa sudah siapkan 10 tempat wisata di Palembang yang lagi hits dibawah ini. Yuk, simak ulasannya!

1. Jembatan Ampera

Jadi ikon Palembang, rasanya kurang afdol kalau gak berkunjung ke Jembatan Ampera. Dibangun sejak 1965, jembatan ini menghubungkan dua daerah, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan Sungai Musi.

Kini Jembatan Ampera direnovasi jadi makin cantik. Ada bangku-bangku di pinggirnya dan jam analog raksasa yang ditempatkan di menara jembatan. Wajib foto-foto, deh!

2. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak terletak di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang.

Benteng ini merupakan tempat wisata di Palembang yang lagi hits dengan bangunan sejarah yang terletak di tepian Sungai Musi.

Benteng yang dibangun pada tahun 1780, ditata oleh pemerintah kota Palembang menjadi alun-alun di halaman depan benteng dilengkapi dengan bangku-bangku, pedagang makanan, serta fasilitas penyewaan perahu untuk berwisata di Sungai Musi.

3. Masjid Agung Palembang

Palembang memiliki destinasi wisata religi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Yang pertama adalah masjid Agung Palembang yang memang memiliki tampilan bak namanya.

Masjid yang ada di kompleks sebesar 15.400 m2 yang satu ini dikagumi karena kemegahan, desain arsitektur menarik, dan lokasi tempat cagar budaya di sekelilingnya.

Begitu menginjakkan kaki di lokasi masjid Agung Palembang, kamu akan disuguhi dengan gaya arsitektur bangunan yang unik.

Secara sekilas, bangunan tua dengan daya tampung 1.200 jamaah ini tampak bak perpaduan Eropa, Tiongkok dan Indonesia.

Sentuhan Tionghoa hadir dari sentuhan atap kelenteng, namun bagian dalamnya tampak bagaikan bangunan Eropa.

4. Bukit Siguntang

Pergi ke Palembang juga cocok bagi pecinta pegunungan dan suasana asri, karena di sini terdapat bukit Siguntang.

Berada di ketinggian 30 meter di atas permukaan laut, suasana tempat wisata di Palembang satu ini begitu indah dan sejuk.

Rupanya, dulu bukit ini dipercaya sebagai tempat untuk bermeditasi. Selain itu, terdapat pula makam bangsawan pendiri kota Palembang, maka tak heran bila tempat di ini dianggap sebagai daerah yang sakral.

5. Masjid Cheng Ho

Selain di Pasuruan dan Surabaya, ternyata Masjid Cheng Ho juga ada di Palembang. Lokasinya berada di Jakabaring dan bisa menampung sekitar 600 jamaah.

Dari namanya, jelas arsitektur rumah ibadah ini berarsitektur Cina. Tak hanya itu, Masjid Cheng Ho Palembang dengan dua lantai ini juga dipadukan dengan unsur Arab dan budaya lokal Palembang.

7. De Jakabaring

Ingin mengambil foto Instagramable dengan spot-spot yang hits? De Jakabarin bisa jadi solusinya.

Dengan menbayar tiket masuk sebesar Rp20.000 dan Rp25.000 di har Sabtu dan Minggu, kamu bisa mencicipi beragam spot selfie dengan latar tiga dimensi di tempat wisata di Palembang yang lagi hits ini.

8. Pulau Kemaro

Tempat wisata di Palembang yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi saat berlibur di kota Palembang adalah pulau Kemaro.

Pulau yang terletak di tengah sungai Musi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk dapat sampai di pulau Kemaro kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih 6 km jika dari Jembatan Ampera.

Keberadaan pulau Kemaro di kota Palembang ini sangatlah unik karena terdapat sebuah vihara kuno yang terletak di tengah – tengah pulau.

Keberadaan vihara ditengah pulau Kemaro tersebut pun sering kali masih digunakan oleh orang – orang setempat dan para wisatawan untuk berdoa dan berziarah.

9. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Bangunannya unik, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II berbentuk Rumah Limas khas Palembang.

Museum ini cukup dekat dengan Monumen Perjuangan Rakyat, tinggal jalan kaki saja.

Kamu bisa mengajak keluarga besar ke museum ini, karena akan ada banyak peninggalan sejarah dan budaya. Ada koleksi tekstil senjata, pakaian tradisional, kerajinan, dan koin Sumatera Selatan.

10. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk terletak di Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang. Tempat wisata di Palembang yang hits ini tergolong baru.

Berada di bagian Sungai Sekanak, Sekanak Sidewalk dihiasi sedemikian rupa dengan cat bewarna-warni dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Dengan konsep yang cerah dan berwarna, tempat ini sangat cocok dijadikan spot untuk berburu foto Instagramable.

Pengunjung tidak dikenai biaya masuk alias gratis untuk menikmati kawasan ini, namun harus tetap menjaga kebersihan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Palembang yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi jika berada di Kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata palembang    #palembang    #travel    #tempat wisata    #sumatera selatan    #wisata alam    #wisata sejarah   

Baca Juga