Tempat wisata di Pekanbaru, foto: Pinterest

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi

Wanovy | Travel | 23-05-2022

PARBOABOA - Pekanbaru terkenal dengan sebutan kota seribu ruko. Walaupun cuaca kota tersebut cenderung panas, kota ini menawarkan pesona wisata yang berbeda.

Identik dengan budaya Melayu sehingga beberapa tempat wisata Pekanbaru juga merupakan simbol dari kebudayaan tersebut.

Pekanbaru kaya dengan wisata budaya, sejarah, kuliner, hingga masjid. Iklim bisnis di bumi Lancang Kuning juga tumbuh subur. Simbol-simbol Melayu bisa terlihat di pusat perkotaan dan sebagian daerah pesisir.

Jika kamu berencana mengunjungi Pekanbaru, berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Pekanbaru yang lagi hits. Yuk simak ulasannya!

1. Riau Fantasi

Tahukah kamu kalau Riau Fantasi merupakan taman rekreasi terbesar di Sumatra.

Tempat wisata di Pekanbaru ini menyediakan wahana permainan air dan non air yang menyenangkan.

Kamu bisa mencoba berbagai wahana mulai dari wave blaster, kora-kora, dan berbagai jenis kolam berenang dan bermain.

2. Kebun Binatang Sang Kulim

Jika kamu ingin mengunjungi kebun binatang di Pekanbaru bersama keluarga, kamu bisa mengunjungi Kebun Binatang Sang Kulim.

Selain dapat melihat aneka macam satwa, tempat wisata Pekanbaru ini juga menyediakan tempat bermain untuk anak-anak.

3. Danau Buatan Lembah Sari

Danau Buatan Lembah Sari terletak di Desa Limbungan. Desa ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota.

Danau buatan ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan sejuk sehingga kamu akan merasa tenang dan puas jika berkunjung ke tempat wisata Pekanbaru ini.

Awalnya, danau ini digunakan sebagai bendungan irigasi. Namun, lama kelamaan berubah menjadi destinasi wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi.

Disini, kamu dapat melakukan kegiatan seperti piknik dengan keluarga, menaiki perahu dayung, naik sepeda air, dan masih banyak lagi.

4. Rainbow Hills Rumbai

Wisata alam Rainbow Hills Rumbai di Pekanbaru ini menjadi salah satu spot foto kekinian terbaru yang dikunjungi banyak wisatawan.

Bukit ini memiliki pemandangan alam berupa pegunungan, pepohonan dan langit biru.

Rainbow Hills Rumbai ini berasal dari kombinasi tanah di perbukitan ini yang memiliki warna-warni yang menarik yaitu perpaduan warna orange, pink, abu-abu, coklat dan ditambah dengan adanya pepohonan di sekitar bukit dan background langit biru yang cerah terlihat seperti pelangi.

5. Kawah Biru

Tempat wisata di Pekanbaru yang lagi hits berikutnya adalah Kawah Biru. Kawah satu ini merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat terkenal hingga ke telinga berbagai wisatawan yang ada.

Pasalnya, tempat wisata di Pekanbaru ini menawarkan sebuah keindahan pemandangan alamnya yang sangat unik.

Bahkan kawah berwarna biru yang ada disana, mampu memberikan kesan yang menyejukkan.

Tahukah kamu, dari mana asal kawah ini tercipta? Tempat wisata di Pekanbaru satu ini terbentuk dikarenakan pihak PT. PLN yang sedang melakukan sebuah galian tanah.

Yang mana pada lokasi galian tanah tersebut merupakan kawasan yang memiliki banyak sekali pasir putihnya.

Dikarenakan telah adanya sebuah lekukan ini akhirnya terisi dan digenangi oleh air hujan. Sehingga tampaklah sebuah kawasan dengan air yang berwarna biru.

6. Asia Heritage

Asia Heritage mengusung tema wisata ala negara-negara di Asia, seperti Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, dan Indonesia.

Disediakan aneka spot foto yang menyerupai miniatur Jeju Village, Chinatown, dan Little Kyoto. Tempat wisata di Pekanbaru ini cocok banget buat kamu yang suka foto-foto, nih!

7. Rumah Singgah Tuan Kadi

Rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru selanjutnya adala Rumah Singgah Tuan Kadi.

Tempat wisata ini merupakan rumah peninggalan Sultan Kerajaan Siak, yaitu Sri Indrapura. Kamu bisa mengunjunginya sembari melihat pemandangan Sungai Siak.

8. Danau Lembah Sari

Wisata Pekanbaru ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menyendiri atau sekedar bersantai sejenak untuk melepas penat.

Danau Lembah Sari merupakan sebuah danau buatan yang dijadikan sebagai tempat wisata.

Tak hanya bisa digunakan sebagai tempat bersantai, tapi kamu juga bisa wisata kuliner. Di sekitar danau, terdapat banyak tempat makan yang bisa dipilih.

Jadi sambil bersantap ria, kamu bisa sambil menikmati pemandangan indah danau.

9. Bukit Kapur Hitam

Mendengar namanya yang unik, tempat wisata Pekanbaru ini menjadi spot wisata hits yang banyak dikunjungi oleh anak muda. Hal ini karena pemandangannya yang unik.

Tempat wisata di Pekanbaru yang lagi hits ini menyajikan pemandangan bukit kapur yang menjulang tinggi dengan warna bukit yang berpadu antara krem, putih, dan hitam.

Perpaduan warna ini bisa membuat tampilan foto yang Moms ambil jadi lebih kece.

10. Taman Wisata Alam Mayang

Tempat wisata di Pekanbaru yang hits masa adalah Taman Wisata Alam Mayang. Wisata alam ini terletak di Kecamatan Tenayan Raya, arah ke Kabupaten Pelalawan.

Di Alam Mayang menawarkan banyak wahana seperti memancing, sepeda air, berkuda, taman bermain anak, outbond, dan sebagainya.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini Rp30 ribu/orang untuk dewasa. Di kawasan wisata ini juga sering ditaja event-event khusus seperti festival memancing, konser musik regional, event wisata dan sebagainya.

Kawasannya cukup nyaman, teduh dengan tempat wisata kuliner yang mendukung di dalamnya.

Nah, itulah tadi 10 tempat wisata di Pekanbaru yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi jika berada di Kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata pekanbaru    #pekanbaru    #tempat wisata    #travel    #explore pekanbaru   

Baca Juga