Tempat Wisata di Samarinda, foto: Travelspromo

10 Tempat Wisata di Samarinda yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi

Wanovy | Travel | 10-06-2022

PARBOABOA, Samarinda - Samarinda merupakan ibukota Kalimantan Timur, yang sebelumnya menjadi bagian dari daerah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Dengan luas 718 km persegi dan pesona alam yang masih asri, membuat Samarinda selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan tiba.

Ada banyak tempat wisata di Samarinda yang wajib dikunjungi, mulai dari wisata alam, sejarah, religi, hingga wisata wahana yang menyenangkan.

Meski yang menjadi favorit adalah wisata alamnya, namun keindahan destinasi lain harus dijamah saat berlibur kesini.

Berikut 10 list objek wisata favorit dengan pesona yang menakjubkan, dan wajib dikunjungi segera.

Kamu bisa mengajak keluarga atau sahabat terdekat, untuk menjelajahinya. Perlu diingat, untuk menjaga dan mentaati peraturan agar kelestariannya tetap terjaga.

1. Tepian Sungai Mahakam

Sungai Mahakam adalah salah satu sungai terbesar yang ada di Indonesia. Sungai ini mengalir di beberapa kota besar di Pulau Kalimantan.

Sungai Ini juga bisa menjadi pilihan kamu sebagai objek di Samarinda untuk menghabiskan liburan.

Waktu paling pas untuk berkunjung adalah saat malam hari, kamu bisa melihat keindahan Kota Samarinda dari tepian sungai dengan menikmati jagung bakar yang dijual di sekitar Sungai Mahakam.

2. Tempat Wisata Pulau Kumala

Berjarak 27 km dari Kota Samarinda, pulau yang satu ini berlokasi di Jalan KH Ahmad Muksin Tenggarong. Terbentuk dari endapan lumpur Sungai Mahakam, harga tiket masuk di sini sebesar Rp7.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak

Tempat wisata di Samarinda Kalimatan Timur yang satu ini, memiliki taman rekreasi dengan kurang lebih terdapat 10 wahana permainan, mulai dari jet coaster, gokar, kereta gantung, dan lain-lain.

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Sky Tower yang menjulang tinggi. 

3. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah juga merupakan salah satu destinasi wisata Samarinda yang memiliki pemandangan tak kalah menarik.

Di sini, Anda bisa menikmati panorama alam indah dan jernihnya air laut di tepian pantai. Selain itu, Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk berenang maupun bermain pasir putih bersama anak-anak maupun teman-teman.

Beberapa fasilitas juga disediakan untuk menjelajahi keindahan bawah laut di Pulau ini. Tempat wisata di Samarinda ini terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur.

Jika tertarik untuk mengunjunginya, Anda perlu bersabar karena membutuhkan waktu cukup lama yaitu sekitar 3 jam berkendara untuk sampai ke sana.

4. Wisata Air Terjun Pinang Seribu Samarinda

Tempat wisata Samarinda satu ini adalah tempat wisata alam Air Terjun Pinang Seribu. Air terjun ini berada di Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara.

Bentuk yang unik seperti undakan pada anak tangga membuat air terjun ini bisa dinaiki.

Kamu bisa mengunjungi air terjun ini ketika bukan musim hujan agar aliran air terjun yang mengalir tidak terlalu deras sehingga relatif aman.

5. Air Terjun Tanah Merah Samarinda

Tempat Wisata di Samarinda, Air Terjun Tanah Merah yang berada di Dusun Purwosari, Samarida Utara ini memiliki ketinggian 15 meter.

Uniknya, air yang mengalir di air terjun ini terlihat jernih. Namun ketika air sudah menuju hilir, warna air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini dikarenakan dasar tanah hilir di sini berjenis gambut.

6. Desa Budaya Pampang

Wisata budaya banyak dimininati karena selain bisa melihat budaya setempat, Anda juga bisa belajar tentang budaya lain.

Di Samarinda, ada sebuah ada sebuah tempat wisata budaya populer yaitu Desa Budaya Pampang.

Desa ini dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Pada akhir pekan, tempat wisata di Samarinda ini banyak dikunjungi wisatawan luar kota maupun luar negeri.

Setiap hari Munggu, pada pukul 13.00 - 15.00 diadakan pertunjukan seni di lamin atau gedung pertemuan desa. Gedung ini unik karena berupa rumah adat Dayak dengan ukiran khas suku.

7. Kampung Tenun Samarinda

Tempat wisata di Samarinda populer rekomendasi berikutnya yaitu Kampung Tenun Samarinda. Ini merupakan salah satu kampung budaya penghasil kain tenun ciri khas Kota Samarinda.

Terletak di Kecamatan Samarinda Seberang, tepatnya di Kampung Baqa dan Kampung Masjid, Anda bisa mengunjungi kampung ini dan melihat bagaimana proses pembuatan kain tenun yang menjadi warisan budaya Indonesia.

8. Kebun Raya Unmul Samarinda

Nama kebun ini adalah singkatan dari Universitas Mulawarman (Unmul). Ya, Kebun Raya Unmul Samarinda ini merupakan tempat wisata Samarinda yang dipunyai Universitas Mulawaman dan telah terbuka untuk khalayak umum.

Lama perjalanan ke Kebun Raya Unmul Samarinda kurang lebih 30 menit dari pusat kita Samarinda.

Di kawasan Kebun Raya Unmul Samarinda ada danau besar yang kamu bisa menyewa sepeda air untuk berkeliling danau tersebut.

Selain itu di Kebun Raya Unmul ini juga ada kebun binatang mini serta museum kayu yang menyimpan berbagai koleksi jenis kayu dari berbagai penjuru Kalimantan.

9. Jungle Water World

Sesuai dengan namanya, wisata ini menawarkan berbagai spot air yang mirip seperti hutan. Tidak hanya wahananya saja yang mirip namun berbagai tema dan dekorasi disesuaikan dengan nama lokasi yang mewakilkan.

Dengan berkunjung ke tempat wisata ini Anda dapat menikmati serangkaian wahana menarik yang tak kalah asiknya dengan yang ada di Dufan Jakarta.

10. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp5.000, taman Rekreasi Lembah Hijau ini memiliki banyak fasillitas, mulai dari wahana flying fox, gazebo, kolam pemancingan, dan lain-lain.

Bukan hanya dijadikan destinasi untuk berlibur bersama keluarga, di tempat yang berlokasi di Lempake, Samarinda Utara yang satu ini juga kamu bisa mengadakan acara outbond bersama teman-teman.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Samarinda populer dan bisa kamu masukan list liburan bersama keluarga ataupun teman. Happy holiday!

Tag : #wisata samarinda    #samarinda    #tempat wisata    #travel    #kalimantan timur   

Baca Juga