Tempat wisata di Tawangmangu/ Lawu Park, foto: Tribun Travel

10 Tempat Wisata di Tawangmangu Terbaru, Cocok Untuk Healing

Wanovy | Travel | 02-08-2022

PARBOABOA, Tawangmangu - Lelah dengan deadline menumpuk? Ingin mencari udara yang lebih bersih dan sejuk? Mengunjungi tempat wisata di Tawangmangu saat akhir pekan bisa menjadi alternatif liburan yang menarik untuk dipilih.

Daerah yang cantik di Karanganyar ini punya tempat-tempat wisata yang akan membuai matamu dengan panoramanya.

Tidak hanya itu, perasaan sumpek juga akan hilang karena suhu udaranya yang sejuk dan cenderung dingin.

Jadi siapkan pakaian yang nyaman untuk menjelajahi berbagai tempat wisata di Tawangmangu.

Penasaran apa saja tempat wisata di Tawangmangu yang menarik untuk dikunjungi? Cek dulu rekomendasi Parboaboa.com di bawah ini!

1. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu menjadi rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu pertama yang cocok untuk anak muda maupun keluarga.

Pilihan tempat wisata di Tawangmangu ini menawarkan banyak wahana permainan, menarik dan sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang Instagramable.

Beberapa wahananya antara lain miniatur ikon dunia, miniatur kapal Titanic, jembatan goyang, area hantu, rumah adat, mini coaster, studio foto, dan area outbond.

Wisata Bukit Sekipan juga menyediakan penginapan dengan berbagai tema, seperti small room, vila, cottage Jepang, dan Titanic room.

2. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani adalah salah satu tempat wisata Tawangmangu yang bisa dikunjungi.

Lokasinya terletak di desa Blumbang yang berjarak sekitar 4 km dari terminal bus Tawangmangu.

Pringgodani adalah tempat yang digunakan oleh orang-orang untuk melakukan pertapaan. Oleh karena itu, air terjun ini juga dikenal sebagai pertapa Pringgodani.

Air terjun Pringgodani memiliki ketinggian 100 meter dan air terjun ini berasal dari danau Pringgosari.

Untuk menuju ke tempat wisata di Tawangmangu ini, perlu tenaga yang cukup karena harus berjalan kaki sejauh 2 km.

Rutenya tidak bisa karena harus berjalan berjalan melalui hutan dan jalan yang curam yang menantang apalagi saat musim panas.

Selama berjalan, kita akan melihat pemandangan menawan, seperti perkebunan wortel, kubis, dan bawang.

Sedangkan dari sebelah barat, kita akan melihat desa-desa Karanganyar dan gunung berapi.

3. Taman Wisata Balekambang Tawangmangu

Taman Wisata Balekambang menyediakan hiburan yang lengkap untuk semua kalangan. Mau berkunjung dengan orangtua, anak-anak atau sahabatmu, semuanya akan terasa mengasyikkan! Taman yang dibangun pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegaran VII ini telah direvitalisasi dan punya banyak fasilitas.

Disini kamu akan menemukan taman selfie, 3D Studio hingga miniatur dunia yang keren untuk diabadikan.

Kamu juga bisa berenang di waterpark, bermain wahana outbound dan belanja buah tangan di toko cenderamata.

Berbagai aktivitas ini dapat kamu lakukan di tengah asrinya pepohonan di dalam taman. Tiket masuknya pun gratis, kamu baru akan membayar jika ingin menjajal wahana yang ada.

4. Cemoro Kandang

Tak lengkap rasanya jika membahas wisata Tawangmangu, atau perjalanan menuju Gunung Lawu, tanpa membahas sebuah tempat awal peberangkatannya, yang bernama Cemoro Kandang.

Cemoro Kandang adalah tempat nongkrong, sekaligus cek persiapan bagi mereka yang akan melakukan pendakian ke Gunung Lawu.

Di Cemoro Kandang, para pengunjung bisa menikmati beberapa kuliner, serta sate kelinci yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Atau hanya membeli secangkir kopi, dan teh panas, di antara dinginnya udara wisata Tawangmangu.

5. Telaga Sarangan

Danau Tawangmangu ini adalah danau alami yang berada di ketinggian 1.200 mdpl tepat di lereng Gunung Lawu.

Total luas danau ini mencapai 30 Ha dan memiliki kedalaman sekitar 28 meter. Lokasinya ada di Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan.

Saat pagi hari, seringnya area permukaan danau ini tertutup kabut. Pemandangan ini terlihat sangat indah karena terkesan ada efek misty dan misterius.

Air danaunya juga bersih dan tampak berkilauan ketika terkena pantulan sinar matahari. Pemandangan danau yang buka 24 jam ini terlihat semakin cantik dengan hiasan alami pepohonan yang tampak berbaris rapi.

Bagi masyarakat Magetan sendiri, Telaga Sarangan adalah sebuah tempat wisata di Tawangmangu terkenal yang menawarkan atraksi wisata yang menawan.

Diantaranya adalah wisata keliling telaga dengan menggunakan perahu atau speedboat. Retribusi tiket masuknya juga murah, hanya Rp20.000,00 saja.

6. Gunung Lawu

Gunung Lawu terletak di antara 3 kabupaten yaitu Karanganyar, Ngawi, dan Magetan.

Gunung ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl dan memiliki 3 gunung bernama hargo dalem, hargo dumilah dan hargo dumiling.

Di lereng gunung, terdapat objek atraksi seperti talaga sarangan yang menjadi salah satu unggulan wisata Tawangmangu. Jika berada di puncak gunung Lawu maka akan terasa seperti di daratan diatas awan.

Adapun kepercayaan warga di gunung Lawu yang masih dilakukan hingga saat ini adalah ritual pada malam tanggal 1 sura.

Jika ingin mendaki gunung Lawu, pastikan dalam keadaan yang sangat sehat dan memiliki stamina yang kuat.

Karena trek yang akan dilalui agak sulit dan jangan lupa membawa barang-barang yang diperlukan.

Pendakian dapat dilakukan di dua tempat, yaitu Cemorokandang di Tawangmangu dan Cemorosewu di Sarangan.

7. Air Terjun Kedung Sriti

Tempat wisata Tawangmangu yang harus kamu kunjungi berikutnya adalah Air Terjung Kedung Sriti.

Wisata alam yang satu ini memiliki pemandangan indah dan sejuk, airnya yang menyegarkan sangat cocok untuk berendam.

Untuk menuju ke lokasi, Toppers perlu menyusuri jalan setapak terlebih dahulu, tapi kelelahan berjalan tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun 10 meter ini. Untuk memasuki Air Terjun Kedung Sriti, tidak dipungut biaya alias gratis.

8. Agrowisata Desa Nglurah

Kalau mengaku penggemar tanaman, kamu wajib mengunjungi Agrowisata Desa Nglurah. Desa ini menjadi pusat penjualan tanaman hias dengan jenis yang sangat beragam. Lihat saja warna-warninya yang menggemaskan, bisa bikin kalap, lho!

Deretan tanaman anggrek dengan rona warnanya yang anggun juga akan menggodamu untuk menghampiri.

Tanaman-tanaman yang dihasilkan berkualitas ekspor, jadi kamu bisa mendapatkan koleksi baru yang bagus di sini. Mana yang paling kamu sukai?

9. Air Terjun Jumog Putri

Air Terjun Jumog Putri merupakan tempat wisata di Tawangmangu yang berada di tepi jalan tepatnya terletak di Dusun Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

Air terjun ini memiliki air jernih yang melewati bebatuan besar dan dikelilingi pohon-pohon hijau yang menambah kesan keasrian.

Jika mencari tempat wisata di Tawangmangu yang masih memiliki suasana alam asri, tempat ini bisa jadi pilihan.

Berada di samping jalan utama, Air Terjun Jumog Putri memiliki fasilitas seperti toilet, mushola, dan warung-warung yang menjual berbagai macam makanan.

10. Lewu Park

Tempat wisata Lawu Park ini merupakan suatu kawasan wisata alam yang menampilkan pesona alam hutan pinus yang masih sangat asri.

Di area wisatanya sendiri terdapat sejumlah wahana menarik seperti ATV, permainan flying fox, Jeep adventure, dan trail adventure.

Di samping itu, ada juga aktivitas seru yang boleh kamu coba di sini. Misal camping, outbound, dan menonton film dokumenter di 3D Cinema.

Kamu bisa datang ke sini kapan saja dengan biaya tiket masuk yang cukup murah, yaitu Rp20.000, 00 saja untuk dewasa dan Rp10.000,00 untuk anak-anak.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Tawangmangu yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga ataupun kerabat saat musim libur tiba. Happy holiday!

Tag : #wisata tawangmangu    #tawangmangu    #travel    #tempat wisata    #jawa timur    #magetan   

Baca Juga