Tempat wisata Dieng, foto: Salsa wisata

10 Tempat Wisata Dieng Jawa Tengah Terbaru

Wanovy | Travel | 26-07-2022

PARBOABOA, Dieng - Berencana pergi liburan ke kawasan Dieng? Jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata Dieng yang terkenal berikut bersama pasangan, keluarga, ataupun teman Anda.

Dieng yang terletak di daerah Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah ini mempunyai sejumlah destinasi dengan panorama alam menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi.

Semuanya ada, mulai dari pegunungan, bukit, situs bersejarah, sampai wisata air, sehingga pilihan tempat berlibur Anda menjadi beragam.

Dibawah ini Parboaboa.com sudah siapkan 10 tempat wisata Dieng terbaru yang wajib Anda kunjungi. Check it out!

1. Bukit Sikunir

Tempat wisata di Dieng pertama yang tidak boleh dilewatkan adalah Bukit Sikunir.

Memiliki ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut, Bukit Sikunir merupakan tempat yang memiliki pemandangan matahari terbit paling ciamik di Jawa Tengah.

Tak butuh waktu lama untuk bisa sampai ke puncak Bukit Sikunir. Biasanya, waktu tempuh para wisatawan hanya berkisar 30 hingga 60 menit saja, tergantung kondisi fisiknya.

Jika cuaca sedang cerah dan berawan, Anda akan bisa merasakan sensasi melihat empat gunung paling terkenal di Jawa Tengah, Merbabu, Sindoro, Merapi, dan juga Sumbing.

2. Telaga Warna

Tempat wisata Dieng Wonosobo satu ini wajib dikunjungi ketika menghabiskan hari libur akhir pekan bersama keluarga.

Nikmati keindahan Telaga Warna untuk merelaksasi jiwa dan pikirang yang penuh dengan rasa penat.

Keindahan panorama dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon akan menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya.

Obyek wisata Alam Telaga Warna Dieng satu ini berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Obyek wisata Telaga Warna bisa anda kunjungi kapan saja ketika berlibur di Dieng. Karena tempat wisata di Dieng satu ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 16.00 WIB.

Anda bisa puas menikmati keindahan dari telaga warna, telaga pengilon, mengunjungi goa-goa pertapaan, berburu foto instagramable dan lainnya.

3. Gardu Pandang Tieng

Kata orang belum afdol jika ke Dieng, belum mengunjungi Gardu Pandang Tieng.

Menurut masyarakat lokal, tempat ini merupakan wisata yang tepat untuk menyaksikan terbitnya matahari.

Sekaligus menjadi lokasi alternatif, karena Bukit Sikunir pasti akan ramai oleh pengunjung.

Berdiri di tempat ini, lalu mengambil foto saat matahari terbenam, pasti akan menjadi foto siluet yang sangat bagus. Ingin coba?

4. Batu Pandang Ratapan Angin Dieng

Lokasi wisata Dieng satu ini tidak terlalu jauh dari Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Gardu Pandang Tieng.

Wisata ini biasa dikenal juga dengan nama wisata Ratapan Angin agar penyebutannya tidak terlalu panjang.

Tempat wisata Dieng ini berupa sebuah tebing batu yang menonjol, yang terbentuk karena peninggalan letusan gunung vulkanik purba, dan akhirnya terbentuklah bebatuan menonjol yang eksotis.

Dari atas batu ini, wisatawan bisa melihat keindahan Telaga Warna dengan jelas. Bahkan lebih jelas dibandingkan datang ke Telaga Warnanya langsung, karena kita melihatnya dari atas.

5. Wisata Alam Patean Tambi

Wisata Alam Patean Tambi adalah kawasan kebun teh yang dijadikan tempat wisata. Pengunjung dapat berkeliling kebun teh melalui jembatan kayu panjang.

Hamparan hijau kebun teh serta pepohonan di sekitar menambah suasana asri.

Pengunjung dapat berfoto dari jembatan. Di salah satu sudut terdapat miniatur balon udara sebagai spot foto.

Selain berkeliling di jembatan, wisatawan juga dapat berjalan di jalur tanah di antara tanaman teh.

6. Dieng Park

Dieng Park terletak bersebelahan dengan Telaga Warna. Tempat wisata Dieng ini menyediakan taman dengan berbagai wahana.

Salah satu yang populer adalah ayunan besar yang mengarah langsung ke telaga. Pengunjung dapat menikmati sensasi berayun dengan latar Telaga Warna yang memukau.

Tak perlu khawatir, pengunjung disediakan alat pengaman saat berayun. Di sisi lain terdapat area bermain, rumah jamur, tenda dekoratif, dan sebagainya.

7. Candi Arjuna

Terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Candi Arjuna merupakan bangunan candi Hindu peninggalan era Kerajaan Mataram kuno.

Candi ikonis di kawasan Dieng memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Konon candi tersebut berdiri dengan kisah sejarah sangat panjang dan masih kokoh berdiri saat ini.

Kompleks wisata Candi Arjuna dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara. Oleh karenanya, ada tiket masuk yang harus dibayarkan setiap wisatawan.

Tiket masuknya seharga Rp20 ribu, namun tiket itu hanya berlaku untuk masuk ke area candi dan tidak termasuk tempat wisata lain meski masih dalam satu kompleks.

8. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang terletak di Kecamatan Batur. Kawah ini memiliki luas sekitar 200 meter persegi dan terletak di tanah yang datar sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas gumpalan asap yang keluar dari kawah ini.

Pengunjung perlu hati-hati karena Kawah Sikidang mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung, pihak pengelola telah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah.

Begitu wisatawan tiba di lokasi, mereka dapat melihat beberapa lubang atau kawah besar yang mengeluarkan asap.

Wisata Dieng ini juga memiliki pemandangan pegunungan dan tanaman yang rimbun, sehingga memberikan suasana yang menenangkan bagi pengunjung.

9. Gunung Prau

Kurang lengkap rasanya jika berwisata ke dataran tinggi tanpa melakukan aktivitas mendaki.

Jika Anda adalah penyuka aktivitas tersebut, maka tidak ada salahnya untuk coba menaklukkan Gunung Prau.

Dengan ketinggian hampir 2.600 mdpl, Gunung Prau merupakan gunung dengan puncak paling tinggi di Dieng.

Dibandingkan dengan proses pendakian gunung lainnya, waktu untuk mendaki gunung ini termasuk ke dalam kategori yang cepat.

Mayoritas pendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk sampai puncaknya. Dijamin ketika melihat sunrise di puncak Gunung Prau, semua beban pikiran akan hilang.

10. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka adalah salah satu kawah Dieng yang terletak 7 km dari Dataran Tinggi Dieng.

Kawah ini sebenarnya bukan kawah gunung berapi tetapi merupakan pemunculan solfatara dari rekahan tanah.

Terdapat dua lubang rekahan yang masih aktif mengeluarkan solfatara, yang satu mengeluarkan secara terus menerus dan yang lainnya secara berselang.

Tempat wisata Dieng satu ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Hal ini karena jaraknya yang jauh dari Dataran Tinggi Dieng, fasilitas wisata yang belum lengkap dan minimnya akses jalan.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata Dieng terbaru yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di Jawa Tengah. Happy holiday!

Tag : #wisata dieng    #dieng    #travel    #tempat wisata    #jawa tengah    #yogyakarta    #wonosobo   

Baca Juga