Tempat wisata Palangkaraya, foto: Detik.com

10 Tempat Wisata di Palangkaraya Kalimantan Tengah Paling Populer

Wanovy | Travel | 24-06-2022

PARBOABOA, Palangkaraya - Ingin Liburan di Palangkaraya? Periksa tempat wisata Palangkaraya, Kalimantan Tengah terbaik, terbaru, dan terhits dibawah ini.

Palangkaraya merupakan ibu kota Kalimantan tengah. Menjadi sebuah kota pusat dari sebuah provinsi membuat Palangkaraya tumbuh menjadi kota besar yang memiliki sejuta daya tarik.

Tak hanya menyajikan berbagai arsitektur modern namun Palangkaraya menjadi kota yang memiliki berbagai tempat wisata.

Mengunjungi Palangkaraya merupakan keputusan yang tepat. Berbagai tempat indah dan mempesona bisa Anda temukan selama berada di ibukota Kalimantan tengah ini.

Dari wisata alam sampai edukasi bisa Anda sambangi dengan sanak keluarga maupun pasangan tercinta.

Jika Anda hendak pergi ke Palangkaraya, Anda tak perlu khawatir akan bosan. Berbagai tempat indah nan cantik bisa Anda jumpai di kota ini.

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Palangkaraya mungkin berpikir bahwa Palangkaraya adalah sebuah kota yang sama seperti kota besar lainnya.

Namun, kota yang satu ini memiliki berbagai wisata alam yang dapat membuat memanjakan mata Anda.

Penasaran? Berikut daftar tempat wisata di Palangkaraya yang wajib Anda kunjungi.

1. Taman Nasional Bukit Raya

Tempat wisata Palangkaraya pertama di Kota Palangkaraya adalah Taman Nasional Bukit Raya. Tempat wisata yang satu ini wajib dikunjungi ketika Anda singgah ke Palangkaraya.

Anda akan disuguhkan dengan hamparan hutan lindung alami yang akan sulit ditemukan di beberapa wilayah khususnya Pulau Jawa.

Tak hanya pemandangan yang dapat memanjakan mata, Anda juga bisa melihat berbagai fauna endemik khas pulau Borneo.

Destinasi wisata alam Taman Nasional Bukit Raya ini merupakan hutan lindung yang memiliki fungsi sebagai rumah untuk hewan endemik khas seperti, Beruk Sikan Seluang, Orang Utan, Baung Adung, dan berbagai satwa khas lainnya.

Bila berkunjung ke taman nasional ini, Anda akan lebih mengenal satwa liar endemik yang merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia.

2. Sungai Kahayan

Destinasi wisata alam yang digadang gadang seperti sungai Amazon ini, merupakan salah satu tempat wisata dengan pesona alam yang sayang jika dilewatkan.

Sungai ini memiliki ukuran yang sangat luas dan membelah Kota Palangkaraya. Keindahan sungai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat diminati para traveler.

Tempat wisata Palangkaraya yang satu ini terletak di Jalan Kapten Piere Tendean, Pahandut, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

3. Danau Tahai

Daya tarik utama wisata alam Danau Tahai yakni hamparan danau dengan tanah gambut yang luas.

Danau Tahai memiliki warna air yang kemerahan dengan pepohonan yang menjalar ke perairan. Di lokasi ini, Anda juga bisa menemukan pemandangan rumah terapung yang juga disebut dengan rumah adat Lanting.

Suasana yang teduh dan tenang akan semakin menambah pesona tempat wisata Palangkaraya yang satu ini.

4. Jembatan Kayahan

Membentang sepanjang 640 meter melintasi Sungai Kahayan, Jembatan Kahayan memegang peranan penting dalam transportasi di Kota Palangka Raya.

Selain itu, struktur megah jembatan ini juga menjelma sebagai salah satu tujuan wisata di Palangka Raya yang cukup menarik.

Tak jauh dari obyek wisata Palangka Raya ini, terdapat Taman Pasuk Kamelus, sebuah taman kota dimana Anda bisa menikmati keindahan dan kemegahan dari Jembatan Kahayan.

Disarankan untuk mengunjungi destinasi tempat wisata Palangkaraya ini di sore ini karena pemandangan matahari terbenam yang membentuk siluet Jembatan Kahayan sangatlah indah.

5. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling merupakan salah satu tempat wisata Palangkaraya yang menarik untuk disambangi selanjutnya.

Dipuncak bukit setinggi 500 meter ini, Toppers bisa berziarah ke biara pertapaan atau Bukit Doa Karmet serta Pura Kaharingan dan Pura Sali Paseban yang berdiri harmonis berdamping-dampingan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan trekking menjelajahi keindahaan alam di tempat wisata Palangkaraya satu ini.

Hijau dan rimbunnya pepohonan tentu mampu memberikan atmosfer yang menyegarkan.

6. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Tak jauh dari Danau Tahai, terdapat destinasi tempat wisata di Palangka Raya lainnya yakni Penangkaran Orang Utan Bos Nyaru Menteng yang dimiliki oleh Yayasan Borneo Orang Utan Survival.

Tak cuma bisa melihat orang utan langsung di habitatnya yang masih asri, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan orang utan yang hidup di penangkaran ini, lho.

7. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang

Dari dulu sampai sekarang, masyarakat Dayak Pasir Panjang terus mempertahankan tradisi yang dimiliki. Pengunjung dapat menjumpai rumah adat ini untuk melihat kebudayaan yang ada.

Rumah tersebut menjadi pusat upacara adat, tari adat, pertunjukan serta even-even lainnya. Lokasinya di Desa Pasir Panjang, Kotawaringin Barat, Palangkaraya.

8. Dermaga Kereng

Salah satu tempat nongkrong sekaligus rekreasi bisa Anda temukan di Dermaga Kereng.

Sebuah dermaga dengan ikon seperti burung merak ini dilengkapi wahana permainan. Selain itu, terdapat juga spot yang keren untuk berswafoto.

Lokasi Dermaga Kereng ada di kawasan Taman Nasional Sebangau. Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

9. Pantai Teluk Bogam

Pantai Teluk Bogam mempersembahkan pesona yang berbeda daripada pantai lainnya. Bagaimana bisa tidak, pasir putihnya berada di tengah pantai seolah membelah laut. Pasir tersebut dinamai Gosong Baras Basah.

Pengunjung yang ingin sampai di belahan tersebut, harus menggunakan perahu. Di titik tersebut seringkali dipilih sebagai spot swafoto yang instagramable.

Di sisi lain, tak jauh dari pesisir pantai ada jembatan kayu yang menjadi gardu pandang.

Di papan kayu yang memanjang tersebut seringkali dijadikan tempat bersantai sembari menikmati keindahan pantai.

10. Air Terjun Tosah, Kabupaten Murung Raya

Karakteristik alam Kabupaten Murung Raya didominasi oleh pegunungan dan perbukitan serta hulu sungai, yang menyebabkan udaranya cukup sejuk. Jika kamu menjauh dari Puruk Cahu (pusat kabupaten), kamu akan menemukan berbagai air terjun indah yang belum banyak dijamah orang, misalnya Air Terjun Diggie 2, Epat Lime, Babuat, Puruk Kawuk, Lopus 2, dan masih banyak lagi. Medannya memang agak sulit dijangkau, jadi kamu harus kepo ke masyarakat setempat.

Nah, kalau sudah sampai di Murung Raya, setidaknya kamu harus singgah ke Air Terjun Tosah. Jaraknya cukup dekat dari pusat kota, sehingga lumayan populer di kalangan masyarakat.

Di bawah air terjun setinggi 15 meter ini terdapat kolam alami yang berundak. Saat Sabtu-Minggu atau hari libur, Air Terjun Tosah akan didatangi oleh ratusan pengunjung.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang menarik dan wajib Anda kunjungi. Happy holiday!

Tag : #wisata palangkaraya    #palangkaraya    #tempat wisata    #travel    #kalimantan tengah   

Baca Juga