Tempat wisata Sintang/ Bukit Kelam, foto: Wikipedia

8 Tempat Wisata di Sintang Kalimantan Barat, Mulai dari Alam Hingga Tempat Bersejarah

Wanovy | Travel | 22-11-2022

PARBOABOA, Sintang - Jika kamu suka traveling, Kabupaten Sintang yang berada di wilayah timur Kalimantan Barat (Kalbar) layak untuk dikunjungi.

Bagaimana tidak, kabupaten yang dijuluki dengan Bumi Senentang ini memiliki destinasi wisata yang menarik dan lengkap.

Ada wisata alam, wisata sejarah hingga wisata budaya. Tinggal pilih saja destinasi yang ingin dikunjungi, kamu pasti terkesan jika sudah mengunjunginya secara langsung.

Jika kamu khawatir dengan jarak tempuh, tenang saja deh. Untuk menuju Kabupaten Sintang sudah ada layanan pesawat terbang dari Bandara Supadio Pontianak menuju Bandara Tebelian, Kabupaten Sintang. Waktu tempuh hanya 45 menit saja.

Namun, jika kamu ingin menghemat biaya, akses darat bisa menjadi pilihan. Bisa menggunakan bus, mobil pribadi maupun taksi. Akses jalannya sudah mulus dan lancar. Konsekuensinya tentu saja jarak tempuh yang sedikit lebih lama.

Nah, berikut ini Parboaboa.com akan memberikan kamu 8 rekomendasi tempat wisata di Sintang yang harus dikunjungi. Check it out!

1. Bukit Kelam

Bagi Anda yang hobi berwisata alam, bisa mencoba pergi ke Bukit Kelam. Ini merupakan salah satu bukit berbatu dengan pemandangan alam yang indah.

Terdapat banyak pohon dan tumbuhan berbunga di sekitarnya. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Bukit Kelam, bisa membawa peralatan mendaki. Pasalnya, meskipun tidak setinggi gunung, namun trekking di Bukit Kelam juga cukup melelahkan.

Anda bisa membawa beragam peralatan dan makanan untuk perbekalan selama mendaki bukit.

Bukit Kelam memang terkenal dengan pemandangan indahnya yang hijau, dan menurut beberapa pengunjung, belum lengkap rasanya jika Anda berada di Kalimantan Barat tetapi belum menginjakkan kaki di Bukit Kelam.

Untuk mencapai Bukit Kelam dari Kecamatan Sintang, Anda perlu menggunakan kendaraan bermotor dan menempuh waktu perjalanan selama 41 menit dengan jarak sekitar 25,7 km.

Rute perjalanannya pun tidak sulit, Anda hanya perlu melewati Jl. Kelam dan menyusuri Jl. Lkr. Kelam.

Jika Anda bingung dengan rute perjalanan, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar atau menggunakan perangkat GPS.

2. Gua Maria Bukit Kelam

Tidak jauh dari Bukit Kelam, Anda bisa singgah ke Gua Maria. Ini merupakan salah satu tempat wisata Sintang alam sekaligus religi di Sintang.

Gua Maria sendiri dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri serta gemericik air terjun yang biasanya terdengar dari dalam hutan.

Di gua tersebut, Anda juga bisa mengunjungi taman bunga yang indah dengan bangku-bangku taman.

Di taman tersebut, Anda bisa berfoto dan berpiknik. Kebanyakan orang yang pergi ke Gua Maria tidak hanya melakukan wisata saja, ada juga yang melakukan doa bersama.

Tak jarang pula, Anda akan menemukan para pemuka agama yang berkunjung ke tempat tersebut.

Untuk mencapai Gua Maria dari Bukit Kelam, Anda hanya perlu lurus saja mengikuti Jl. Lkr. Kelam selama 1 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Jaraknya yang dekat membuat sebagian besar wisatawan yang berada di Bukit Kelam tertarik singgah ke Gua Maria.

3. Hutan Wisata Baning

Nah, untuk kamu yang pengen main ke hutan tropis bisa mampir ke hutan wisata baning yang ada di tengah kota Sintang, tepatnya di wilayah kelurahan baning dan kelurahan tanjung puri.

Hutan ini merupakan hutan rawa gambut yang tergenang sepanjang tahun sehingga banyak terdapat beberapa jenis tumbuhan endemik yang ada di sana. Kamu yang ingin menginap di sini sudah bisa sewa losemen atau wisma wisma kecil.

Hutan wisata baning merupakan satu-satunya hutan tropis alami di Indonesia yang berada di tengah kota.

Di kawasan ini terdapat berbagai flora langka seperti jelutung, ramin, rengas, resam, ada juga fauna langkanya seperti musang air, biawak, beo dan semacamnya.

4. Museum Dara Juanti

Terletak di Kapuas hulu, siantang museum dara juanti menyimpan berbagai bukti sejarah peradaban daerah siantang sekaligus sebagai bekas lokasi pusat pemerintahaan kerajaan siantang yaitu istana al-mukarramah. Untuk kamu yang ingin berwisata sejarah pas banget jika mampir ke wisata ini.

Terdapat pula peninggalan sejarah seperti Mariam raja suka, naskah al qur’an yang ditulis tangan oleh sultan nata.

Terdapat pula peninggalan raja-raja yang pemerintah pada masa kerajaan siantang, bisa untuk menambah wawasan ilmu sejarahmu.

Taman Nasional Bukit Baka Tempat Wisata di Sintang Kalimantan Barat pertama adalah Taman Nasional Bukit Baka. Taman nasional ini berada di Rantau Malam, Kecamatan Serawai. 

Ada ribuan jenis tumbuhan yang hidup dengan subur di taman nasional ini, seperti anggrek jingga dan anggrek berpijar.

Fauna liar seperti babi hutan, beruang madu, orangutan, dan bajing bisa ditemui di taman nasional yang termasuk dalam kawasan hutan dilindungi ini.

5. Museum Kapuas Raya

Museum Kapuas Raya adalah tempat wisata di Sintang Kalimantan Barat selanjutnya. Berdiri sejak 29 September 2004 di lahan seluas 20.000 meter persegi, museum ini menyimpan benda-benda berharga. 

Terdapat tiga ruang utama yakni ruang sejarah Sintang, ruang tenun ikat, dan ruang kebudayaan. Museum ini berada di Jalan Sintang, Putussibau, Kelurahan Tanjungpuri.

6. Danau Jemelak

Bagi kamu yang mengidam-idamkan suasana tenang dan damai, berkunjung ke Danau Jemelak adalah pilihan yang tepat.

Bersantai sembari menikmati panorama gunung dan tenangnya air danau adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh wisatawan.

Ada pula yang mengasah kemampuan memancing mereka di tempat ini, lho.

7. Istana Al Mukarramah

Ketika mendengar atau melihat kata isatana, pasti yang terlintas di pikiranmu adalah sebuah kerajaan.

Yap benar, Kerajaan Sintang awalnya adalah Kerajaan Hindu yang kemudian beralih menjadi kerajaan islam. Istana ini dibangun pada tahun 1937 dan menggunakan kayu sebagai kerangka dan bangunannya.

Berdiri diatas tanah seluas 652 km persegi, bangunan ini terdiri dari serambi depan, ruang tamu, ruang pribadi sultan, serta ruang serambi belakang.

Tempat wisata Sintang bersejarah ini menjadi saksi bisu awal mula berdirinya Sintang, sehingga didalam istana terdapat banyak sekali warisan budaya yang tersimpan rapi dan terletak di tempat yang aman.

Salah satu benda yang paling terkenal adalah patung asli rancangan lambang negara yang dirancang oleh Sultan Hamid II dan Syarif Abdul Hamid Alkadrie.

8. Nohkan Tolangit / Air Terjun Tolangit

Nohkan Tolangit ini adalah wisata alam di sintang yang meski susah dijangkau naun memiliki keindahan air tejun yang menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun nohkan Tolangit ini berada di Kecamatan Ambalau kabuupaten sintang dan untuk menuju Air Terjun nohkan Tolangit ini kita harus dipandu oleh warga atauu gide lokal karena masih susah dikunjungi.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata Sintang Kalimantan Barat yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke sini. Happy holiday!

Tag : #wisata sintang    #sintang    #travel    #tempat wisata    #kalimantan barat   

Baca Juga