Kolase foto Al Jazirah Al Hamra dengan penjara ESP

6 Tempat yang Dianggap Paling Terkutuk dan Berhantu di Dunia

Andre | Internasional | 08-02-2022

PARBOABOA - Selain keindahan objek, salah satu faktor yang mempengaruhi daya tarik wisata adalah sejarah.

Tak jarang, suatu kalangan atau masyarakat tertentu mempercayai adanya tempat yang dianggap misterius, berhantu, hingga terkutuk.

Anggapan itu juga datang dari berbagai kisah menyeramkan yang terjadi di masa lampau.

Beberapa wilayah dan tempat tersebut diklaim dapat menimbulkan malapetaka kepada para penghuni atau penduduknya. Bahkan nama dari salah satu tempat itu tidak boleh disebut karena dipercaya dapat mendatangkan kesialan.

Banyaknya cerita rakyat kuno, penampakan hantu, hingga pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab justru membuat tempat-tempat tersebut semakin menarik untuk dikunjungi.

Daripada penasaran, berikut Parboaboa rangkum enam tempat yang dianggap paling terkutuk dan berhantu di dunia.

Pulau Boneka, Mexico

Pulau Boneka Mexico (Foto: pacificvoyages)

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di negara Mexico, pulau boneka adalah rekomendasi untuk kalian pecinta wisata horor.

Pulau ini bernama Isla De Las Munecas atau yang biasa disebut sebagai pulau boneka, berada 28 km arah Selatan dari Mexico City, yang merupakan bagian dari kota Aztec.

Sesuai dengan namanya, pulau ini dihuni oleh ribuan boneka yang bergelantungan di atas pohon. Boneka-boneka tersebut memiliki tampilan menyeramkan seperti mukanya yang rusak, anggota tubuhnya yang hilang, hingga kotor dan kusam.

Konon, ribuan boneka tersebut dipercaya bisa hidup dan bergerak.

Pulau ini dianggap sangat angker karena sering terdengar jeritan dan tangisan yang memilukan seolah bersedih akan sesuatu, hingga penampakan seorang pria yang muncul dari dasar danau.

Seperti dilansir Mirror, pulau boneka itu memiliki sejarah suram. Pada sekitar tahun 1950-an terjadi sebuah kecelakaan yang menyebabkan seorang gadis kecil tenggelam di dekat pulau tersebut.

Kemudian Don Julian Santana Barrera, penjaga pulau tersebut menemukan jasad gadis malang itu. Tak lama setelah itu, ia menemukan sebuah boneka mengambang.

Merasa bersalah karena tidak bisa menyelamatkan gadis itu, Barrera pun menggantung boneka tersebut ke pohon dengan maksud menenangkan arwah sang gadis.

Sejak saat itu, hidupnya berubah dan mulai mengais boneka dari tempat sampah dan kanal, lalu menggantungkannya di pepohonan yang ada di pulau itu.

Pada tahun 2001, Barrera meninggal dunia. Jenazahnya ditemukan mengambang di tempat yang sama saat ia menemukan jenazah gadis kecil yang pernah diceritakannya.

Colobraro, Italia

Kondisi kota Colobraro di siang hari (Foto: google maps)

Selain tekenal dengan sepak bola yang melegenda, Italia juga terkenal dengan destinasi wisatanya.

Akan tetapi, ada satu tempat yang cukup ditakuti karena dianggap sebagai tempat yang terkutuk, yakni kota Colobraro.

Saking menakutkannya, bahkan menyebut nama kotanya saja masyarakat Italia tidak berani.

Berdasarkan kabar yang beredar di tengah masyarakat, barang siapa yang menyebut nama kota itu dengan lantam, maka ia akan mendapatkan kesialan.

Seperti dilansir Daily Mail, bahkan polisi pun tidak akan menghukum orang yang mengebut ketika melewati jalanan kota itu lantaran takut dikutuk. Semuanya lewat dengan terburu-buru karena takut akan desas-desus tentang kota itu.

Untuk menghindari penyebutan nama kota, masyarakat menyebutnya dengan "Chillu Paese" atau yang memiliki arti "kota itu".

Dengan berbagai mitos yang beredar, tentu mengundang pertanyaan seperti mengapa kota kuno tersebut sangat ditakuti oleh banyak orang? Sehebat apa kutukannya?

Julukan kota terkutuk itu berawal pada tahun 1940, ketika walikota Colobraro yang sedang menjabat saat itu sedang menghadiri rapat dan mengatakan jika dirinya berbohong, maka chandelier di langit-langit ruangan akan jatuh.

Ternyata benar saja, chandelier itu betulan jatuh dan tak ada satupun orang yang akan menyangka hal itu akan terjadi. Sejak saat itu, masyarakat mulai khawatir dan percaya jika di kota terdapat penyihir.

Berbagai kejadian misterius pun bermunculan dan selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis, seperti banyaknya kecelakaan, bencana longsor, bayi yang lahir dengan dua hati dan tiga paru-paru, hingga penyakit-penyakit aneh yang menimpa hampir seluruh warga kala itu.

Meskipun banyak yang menghindari penyebutan nama kota tersebut, masih banyak orang yang menghuninya dan meyakini semua cerita terkutuk itu hanyalah mitos belaka.

Penjara ESP, Philadelphia, Amerika Serikat

Penjara ESP yang megah bak sebuah benteng (Foto: milzeru)

ESP merupakan singkatan dari Eastern State Penitentiary, sebuah penjara yang berlokasi di Piladelphia, Amerika Serikat.

Penjara yang buka pada tahun 1829 ini menyabet gelar penjara termegah kala itu. Penjara ini didesain menyerupai kastil kerajaan dengan tembok besar.

Kata “Megah” tampaknya hanya menjadi pemanis saja, faktanya penjara ini kerap disebut sebagai “Neraka di Bumi”. Sebutan itu muncul karena ESP memiliki peraturan yang sangat menyiksa fisik dan mental para narapidana.

Penjara ini dikenal karena siksaan sadisnya dengan hukuman yang mengakibatkan regangnya nyawa seorang napi.

Berbagai hukuman tersebut juga memiliki istilah atau nama seperti The Water Bath, The Mad Chair, The Iron Gag, dan The Hole.

The Water Bath dilakukan dengan cara mengikat narapidana dan mencelupkannya ke air dingin hingga tubuhnya lemas dan pucat, bahkan sampai kesulitan untuk bernafas.

The Mad Chair adalah hukuman yang dilakukan dengan cara mendudukan seorang napi di kursi, lalu mengikat tangannya hingga pembuluh darahnya putus.

Sedangkan The Iron Gag, dilakukan dengan cara mengikat kedua tangan napi dengan tujuan agar tidak bisa melawan, kemudian memberi kerah besi panas. Hukuman ini diyakini penyebab banyaknya tahanan yang meninggal.

Hukuman yang terakhir, yakni The Hole, hukuman yang dilakukan dengan cara mengasingkan napi ke ruangan bawah tanah yang gelap dan tak ada cahaya sedikit pun dengan tempo waktu yang sangat lama. Para napi yang merasakan hukuman ini berakhir gila dan meninggal.

Penjara ESP (Foto: milzeru)

Penjara ini resmi tutup pada tahun 1971, meninggalkan banyak misteri dan horor yang ada di dalamnya. Saat ini, penjara ESP dijadikan sebagai tempat wisata.

Beberapa pengunjung mengaku pernah mendengar jeritan dan teriakan dari dalam sel, hingga melihat arwah-arwah para napi yang bergentayangan.

Seperti dilansir milzeru (08/02/2022), salah satu cerita legendaris pernah diungkapkan oleh Gary Jhonson, pemegang kunci sel. Saat ia hendak membuka sel nomor 4, ia merasakan energi negatif yang sangat mencekam, seakan jiwanya tertarik dan mati rasa. Ia juga melihat wajah-wajah tersiksa dari arwah para tahanan yang berusaha menarik dirinya ke dunia lain.

Lawang Sewu, Indonesia

Lawang Sewu (Foto : Instagram/@put3dny)

Tak ketinggalan, Indonesia juga memiliki banyak tempat wisata angker yang terkenal seperti Grand Inna Samudera Beach di Sukabumi, Desa Trunyan di Bali, Pusuk Buhit di Samosir, Laut Selatan di pulau Jawa dan masih banyak lainnya.

Namun, yang paling menyita perhatian adalah Lawang Sewu yang terletak di kota Semarang, tempat yang pernah masuk sebagai salah satu destinasi wisata paling angker di dunia versi Google Earth pada tahun 2017 silam.

Tempat ini memang sangat terkenal dengan cerita mistisnya. Lawang Sewu dikabarkan pernah menjadi saksi kekejaman Perang Dunia II, terutama tentang pemerkosaan massal dan pembunuhan perempuan Belanda yang dilakukan oleh tentara-tentara Jepang.

Konon, berbagai penampakan sering terlihat di gedung bersejarah ini seperti penampakan prajurit Belanda penjaga pintu, hantu Noni Belanda, hantu Lorong bawah tanah, hingga teriakan misterius yang berasal dari sumur.

Cinco Saltos, Argentina

Cinco Saltos (Foto: mysteriousuniverse)

Argentina dikenal dengan tarian tango dan sepak bolanya yang legendaris. Namun, negara ini memiliki sebuah wilayah yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai desa para penyihir.

Nama desa itu adalah Cinco Saltos, kawasan yang terletak di Rio Negro. Tempat ini sudah lama dikenal sebagai kota kegelapan karena terletak di wilayah yang memang agak tersembunyi dan hanya sedikit mendapat asupan sinar matahari.

Di kota ini terdapat sebuah danau bernama Pellegrini, yang menjadi saksi bisu atas praktik ritual pemujaan setan yang dilakukan oleh para penyihir.

Berbagai kabar tak sedap pun menjadi konsumsi sehari-hari para warga disana, seperti pemanggilan iblis, penculikan anak kecil untuk jadi tumbal, hingga penampakan-penampakan yang tak wajar.

Uniknya, para masyarakat setempat menganggap kisah-kisah tersebut nyata dan menyebut desa itu adalah desa terkutuk, padahal tak ada cukup bukti yang kuat untuk memperlihatkan kebenarannya.

Al Jazirah Al Hamra, Uni Emirat Arab

Al Jazirah Al Hamra (Foto: comingsoon)

Bicara tentang tanah terkutuk, Timur Tengah juga memilikinya. Wilayah dengan banyak bangunan kosong yang ditinggalkan penduduknya, termasuk juga masjid lokal yang diyakini berhantu.

Sebuah desa yang ditelantarkan di ujung timur laut Uni Emirat Arab ini adalah desa nelayan yang dinilai memiliki reputasi buruk.

Dulunya, desa ini sangat makmur dan disukai banyak imigran dari Persia, hingga pedagang dari Portugis dan Inggris.

Selain itu, Al Jazirah Al Hamra juga dikenal sebagai kota pelabuhan dan penghasil banyak ikan, bahkan mayoritas penduduknya bekerja sebagai pedagang mutiara.

Sayangnya, tempat ini mulai ditinggalkan para penduduknya secara besar-besaran pada tahun 1968. Urbanisasi ini berlangsung sejak tradisi perdagangan mutiara mulai ditinggalkan karena kekayaan minyak yang ada di Uni Emirat Arab.

Di sisi lain, ada yang mengatakan jika kota kosong ini ditinggalkan karena konflik kesukuan pada masa lalu. Hal ini dikarenakan adanya desas-desus yang mengatakan jika kota ini sudah dicap sebagai kota berhantu sejak awal tahun 60an.

Tak sedikit pula penduduk Uni Emirat Arab yang percaya jika desa tersebut dihuni oleh “jin” yang suka mencuri uang dan memakan daging manusia.

Wajar saja jika kota ini disebut sebagai kota berhantu, karena banyaknya bangunan-bangunan kosong yang mulai hancur oleh pasir, angin dan matahari, serta tidak adanya listrik yang masuk membuat kawasan ini sangat mencekam, terutama di malam hari.

Al Jazirah Al Hamra (Foto: comingsoon)

Melansir laman yourghoststories (08/02/2022), Bliss, seorang penulis asal Uni Emirate Arab, mencoba menyusuri wilayah tersebut karena penasaran dengan cerita-cerita mistis kota ini. Sayangnya, ia justru mengalami hal yang tidak biasa.

Ia menyebutkan bahwa temannya yang sedang berfoto di depan benteng tua, menemukan sesuatu yang aneh dalam fotonya. Saat gambar diklik, terlihat bayangan hitam yang memeluk temannya di pinggang dengan posisi kepala berada pada dada temannya. Padahal tidak ada lampu di desa itu dan satu-satunya sumber cahaya adalah bulan. Ih sereemm!

Setelah itu, Bliss dan kelima temannya masuk ke dalam sebuah rumah. Entah apa yang terjadi, mereka semua merasakan seperti ada yang meninju perut mereka dan ingin muntah secara bersamaan. Penulusuran mereka berakhir saat rombongan melihat sebuah bayangan yang melintas dan memutuskan untuk lari dari sana.

Nah, itulah beberapa tempat berhantu, hingga dianggap terkutuk yang ada di belahan dunia. Kisah yang mana paling menyeramkan menurutmu?

Tag : #wisata horor    #hantu    #tempat terkutuk    #angker    #wisata menyeramkan   

Baca Juga