parboaboa

Tentara Papua Nugini Tembak Kapal Nelayan, 1 Korban Tewas

Anna Aritonang | Nasional | 24-08-2022

Ilustrasi kapal nelayan (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)

PARBOABOA, Merauke - Diduga penembakan dilakukan oleh tentara Papua Nugini yang tengah melakukan patroli laut. Melihat adanya aktifitas kapal nelayan Merauke yang masuk ke wilayahnya pada Senin (22/8/2022), insiden pun terjadi hingga menewaskan nahkoda kapal bernama Sugeng.

"Memang ada laporan terkait penembakan yang dilakukan tentara Papua Nugini yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah negara tersebut," kata Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzanna Wanggai di Jayapura, Selasa (23/8/2022).

Sementara itu, Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan secara terpisah menjelaskan bahwa kapal nelayan yang membawa sembilan orang anak buah kapal termasuk korban sudah tiba di Merauke.

Rombongan tiba di Dermaga Merauke pada Selasa (23/8/2022) pukul 09.00 WIT dan disambut isak tangis keluarga.

"Saat ini anggota masih mengumpulkan keterangan dari saksi untuk memastikan penyebab terjadinya insiden tersebut," ujar Sandi.

Sandi juga menjelaskan, kejadian bermula ketika kapal yang dikemudikan Sugeng, Kapal Motor Nelayan (KMN) Calvin 02 terdeteksi memasuki perairan Papua Nugini saat hendak menarik jaring yang telah dipasang. Setelah itu, datang kapal patroli milik Papua Nugini dan menembak beberapa bagian kapal.

Korban kemudian dimakamkan di tempat pemakaman umum Yobar, Merauke, Papua Selatan, pada Selasa (23/8/2022).

Editor: -

Tag: #papua nugini    #tentara papua nugini    #nasional    #merauke    #kapal nelayan    #patroli laut   

BACA JUGA

BERITA TERBARU