Menteri Dalam Negeri Jepang Minoru Terada. (Foto: Okezonenews)

Terjaring Skandal Anggaran, Menteri Jepang Mengundurkan Diri

Adinda Dewi | Internasional | 21-11-2022

PARBOABOA Jakarta – Menteri Dalam Negeri Jepang Minoru Terada hengkang dari jabatannya terkait dugaan skandal anggaran. 

Hal ini pun dibenarkan oleh Perdana Menteri Fumio Kishida yang sebelumnya telah berencana memecat Minoru. Menurutnya, hal itu dilakukan guna menjaga komitmen politik untuk menguatkan pondasi kepercayaan publik terhadap pemerintah.

"Komitmen politik adalah fondasi kepercayaan publik," kata Kishida kepada wartawan yang dikutip dari Reuters pada Senin (21/11/2022).

Atas pengunduran diri itu, Kishida pun langsung menyetujuinya dengan alasan ingin fokus pada debat parlemen serta pembahasan anggaran tambahan untuk fiskal tanpa terseret embel-embel kasus yang sedang menimpa mantan menterinya terkait skandal anggaran.

Karena merasa gagal dalam memimpin, Kishida pun mengungkapkan permintaan maaf kepada masyarakat dan mengatakan bahwa masalah ini merupakan tanggung jawabnya.

"Saya merasakan tanggung jawab yang berat," ujar Kishida.

Diketahui, pengunduran diri Minoru merupakan pengunduran diri menteri yang ketiga kalinya pada tahun ini. 

Sebelumnya Menteri Revitalisasi Ekonomi Daishiro Yamagiwa mengundurkan diri terkait kasus pembunuhan yang mengungkap hubungan antara politikus Partai Demokrat Liberal dan Gereja Unifikasi pada sebuah kelompok asal Korea Selatan yang diduga merupakan aliran sesat.

Kemudian pengunduran diri Menteri Kehakiman Yasuhiro Hanashi yang mendapat komentar yang terkesan meremehkan tanggung jawabnya. Kendati kemudian, Kishida rupanya telah mengantongi nama pengganti yang akan menggantikan posisi Minoru yakni mantan Menteri Luar Negeri Takeaki Matsumoto.

Tag : #menteri luar negeri    #skandal anggaran    #internasional    #jabatan    #minoru tarada    #perdana menteri    #jepang   

Baca Juga