Roman Abramovich ingin menjual Chelsea (Foto: BBCWorld)

Terkena Dampak Invasi Rusia-Ukraina, Roman Abramovich Ingin Jual Chelsea

Michael | Sepakbola | 02-03-2022

Parboaboa.com – Kejutan hadir dari tim Liga Inggris Chelsea setelah beredar laporan bahwa Roman Abramovich untuk pertama kalinya ingin menjual The Blues.

Situasi di klub Liga Inggris, Chelsea tengah memanas belakangan ini, menyusul adanya konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina.

Chelsea mau tak mau harus terkena imbasnya, karena klub asal London Barat ini dimiliki pengusaha konglomerat bernama Roman Abramovich yang punya kuasa di Rusia.

Disebut-sebut, Abramovich punya hubungan dekat dengan Vladimir Putin, Presiden Rusia yang memerintahkan invasi ke Ukraina.

Tak hanya itu, kecaman yang datang ke Abramovich bukan karena latar belakangnya saja, melainkan karena beberapa hal yang membuat publik Inggris, negara asal Chelsea meradang.

Dalam sebuah laporan yang dilansir Guardian, konglomerat berusia 55 tahun ini dituduh melakukan korupsi dan penyuapan agar dirinya mempunyai pengaruh politik.

Karena hal-hal tersebut, beberapa pihak mendesak pemerintah Inggris agar memberikan sanksi agar aset Abramovich di Inggris disita.

Aset tersebut adalah Chelsea dan rumah seharga 152 poundsterling atau Rp2,9 triliun serta Flat yang ada di Kawasan London.

Karena adanya ancaman sanksi ini, Roman Abramovich pun dilaporkan akan menjual asetnya. Salah satu aset yang akan dijual ternyata adalah Chelsea.

Diminati Beberapa Investor

Dilansir dari pemberitan The Telegraph, Abramovich untuk pertama kalinya berkeinginan menjual Chelsea setelah hampir 20 tahun menguasai klub asal London Barat itu.

Bahkan The Telegraph menyatakan bahwa tawaran akan datang pada minggu ini, di mana tiga pihak telah menyatakan minatnya untuk membeli Chelsea.

Sebenarnya, Abramovich dan Chelsea merasa tak ingin menjual klub kepada pihak lain. Namun, karena tak jelasnya status serta pernyataan perpindahan status kepimilikan ke Yayasan Amal membuat perasaan di kubu manajemen berubah.

Manajemen Chelsea merasa Abramovich tak punya pilihan lain selain melepas The Blues ke investor baru agar tidak membuat klub ini terkena dampak lebih besar.

Sebelumnya, Abramovich sempat menolak tawaran sebesar 2,2 miliar poundsterling atau Rp42 triliun yang datang dari investor baru.

Nilai Jual Fantastis untuk Membeli Chelsea

Tawaran besar itu nyatanya tidak menggerakkan hati Abramovich karena dinilai terlalu kecil. Apalagi Chelsea masih berutang kepadanya sebesar 1,5 miliar poundsterling atau Rp28 triliun, yang diharapkan bisa dikembalikan.

Baru-baru ini, disebutkan investor dari Amerika Serikat telah mempersiapkan sesuatu setelah Abramovich menyatakan memindahkan kepemilikan Chelsea ke Yayasan Amal.

Jika ada investor yang tertarik membeli Chelsea, maka nilai jualnya diprediksi akan menjadi yang terbesar dalam sejarah sepak bola.

Sebab, pembelian klub ini akan melibatkan dana hingga Rp50 triliun lebih yang terdiri dari nilai jual Chelsea dan utang yang dimiliki The Blues kepada Roman Abramovich.

Jika penjualan ini terjadi, maka investor baru dipastikan harus menyiapkan dana besar demi memiliki saham Chelsea sepenuhnya dari tangah Roman Abramovich.
 

Tag : #roman abramovich    #chelsea    #liga inggris    #rusia    #ukraina   

Baca Juga