Thailand tinggal menunggu waktu hingga 9 Juni untuk pengesahan legalitas penanaman serta kepemilikan mariyuana. New York Post

Pendaftaran Lisensi Edar Membludak, Thailand Bagikan 1 Juta Pohon Ganja Gratis

Dion | Internasional | 20-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Jelang pengesahan undang-undang legalitas ganja, Otoritas Administrasi Makanan dan Obat-obatan Thailand menerima banyak sekali permohonan lisensi komersial. 

Dilansir Associated Press, Jumat (20/5/2022), Thailand tinggal menunggu waktu hingga 9 Juni untuk pengesahan legalitas penanaman serta kepemilikan mariyuana. 

Dengan demikian, jika UU itu resmi disahkan, masyarakat umum dapat dengan bebas menanam dan mempergunakan ganja  di rumah masing-masing. 

Akan tetapi, siapapun yang hendak mengomersialkan tanaman herbal itu sebelumnya harus mendapatkan lisensi dari pemerintah. 

Surat kabar Bangkok Post memberitakan jika Otoritas Administrasi Makanan dan Obat-obatan Thailand hingga akhir April lalu sudah menerima sekitar 4.700 aplikasi permohonan lisensi.

Permohonan tersebut berupa pengajuan izin impor, kepemilikan, penanaman dan produksi ganja serta hasis.

Izin lainnya yang diajukan berupa produksi ganja dari biji menjadi hasis, suplemen diet, minuman ringan, bumbu penyedap, permen jeli, dan makanan instan.

Thailand bahkan sebelumnya berencana membagikan satu juta pohon ganja ke rumah-rumah, bertepatan dengan pengesahan UU Legalitas Ganja pada 9 Juni.

Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul mengatakan, ia bermaksud menjadikan pohon ganja sebagai salah satu "tanaman rumah tangga."

"Ini bakal membuat masyarakat dan pemerintah mendapatkan keuntungan lebih dari 10 miliar bath [Rp4,2 triliun] per tahun dari marijuana dan ganja," ujar Charnvirakul dalam unggahan Facebook-nya pada 10 Mei lalu.

Pemerintah Thailand juga berharap keputusan ini dapat menjadikan Bangkok sebagai salah satu pemain bisnis ganja baru. Pemerintah juga menyasar tanaman ganja sebagai salah satu cara menarik wisatawan.

Meski Thailand telah mengizinkan penanaman ganja dalam masyarakat, ada beberapa aturan yang harus dilaksanakan.

Warga Thailand yang ingin menanam ganja harus memberitahu pemerintah lokal. Tak hanya itu, tanaman ganja yang dirawat harus masuk dalam kategori medis dan digunakan hanya untuk tujuan medis.

Tag : #thailand    #pohon ganja gratis    #internasional    #legalitas ganja    #mariyuana   

Baca Juga