Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan tiba di Bandara Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat pukul 16.20 WIT (1/10/2021) .

Tiba di Papua, Jokowi Akan buka PON XX Hari ini

Maraden | Nasional | 02-10-2021

PARBOABOA, Jayapura – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan telah tiba di Papua Setelah menempuh penerbangan kurang lebih lima jam. Presiden dan rombongan tiba Bandar Udara Sentani,  Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat, pukul 16.20 WIT (1/10/2021).

Setibanya di Bandar Udara Sentani, rombongan Kepala Negara disambut dengan tarian selamat datang khas Sentani dan juga  iringan tetabuhan tifa.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Ajang pesta olahraga tingkat nasional tersebut bakal dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pada hari ini, Sabtu 2 Oktober 2021.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD telah meninjau langsung persiapan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe Papua, Kamis (30/9/2021). Mendagri bersama Menko Polhukam, menyaksikan langsung jalannya gladiresik upacara pembukaan PON XX.

Mendagri dalam kunjungannya itu menyampaikan semua kegiatan yang telah dilakukan terkait pembukaan PON berjalan lancar.

“Alhamdulillah lancar semua. Sejak 22 September, sudah banyak kontingen yang mulai main, dan sampai hari ini,” Ujar Mendagri dalam pernyataan resmi, Jumat (1/10/2021).

Unutk mendukung gagasan PON XX tanpa adanya lonjakan kasus Covid-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan asistensi kepada Panitia Besar PON terkait penguatan protokol kesehatan selama perhelatan berlangsung.

Prokes ketat dilakukan mulai dari alur masuk penonton dan atlet, vaksinasi, screening, penggunaan masker yang benar, hingga edukasi protokol kesehatan.

Untuk seremoni pembukaan PON XX, satgas Prokes PON XX menurunkan gerai dan mobil masker bersamaan juga beberapa relawan kesehatan yang ditugaskan di Stadion Lukas Enembe. Total sebanyak 24 gerai dan sebanyak 8 unit mobil masker sudah disiapkan di empat wilayah penyelenggaraan PON XX.

“Penyelenggaraan PON XX ini kita pastikan akan benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan aman dari potensi lonjakan kasus Covid-19,” kata Prasinta Dewi, Ketua Satuan Tugas Prokes PON XX yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Pencegahan BNPB melalui keterangan pers, Jumat (1/10/2021).

Tag : #nasional    #presiden joko widdo    #jokowi tiba di papua    #jokowi buka pon xx papua   

Baca Juga