parboaboa

Tiga Capres-Cawapres Sehat!

Hari Setiawan | Nasional | 28-10-2023

Ketua KPU RI Hasyim Asyari (kiri) dan Kepala RSPAD Gatot Subroto Letjen Budi Sulistya (kedua kanan) menyatakan tiga pasangan capres-cawapres sehat, di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023). (Foto: PARBOABOA/Hari Setiawan)

PARBOABOA, Jakarta - Tiga bakal calon presiden dan calon wakil presiden dinyatakan sehat dan siap menyongsong Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari saat mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan terhadap tiga pasangan capres-cawapres sebagai syarat untuk Pemilihan Presiden 2024.

"Ketiga dari mereka bebas dalam penyalahgunaan narkoba dan semuanya layak untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden," ungkapnya saat konferensi pers di Gedung KPU RI Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Pemeriksaan kesehatan terhadap tiga pasang capres-cawapres, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ini dilakukan oleh tim dokter dari RSPAD Gatot Subroto.

Hasyim menambahkan, saat ini tinggal menunggu pengumuman hasil verifikasi berkas pada 13 November 2023 mendatang.

"Kita tunggu 13 November 2023 ya pengumumannya," tambahnya.

Sebelumnya, KPU RI menunjuk Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta Pusat sebagai rumah sakit yang melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

Pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan bacapres dan bacawapres ini dilakukan sehari setelah pasangan calon mendaftar di KPU RI.

Pemeriksaan dimulai dari bacapres dan bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Sedangkan pemeriksaan kesehatan terhadap bacapres dan bacawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Untuk pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pemeriksaan kesehatan dilakukan pada Kamis 26 Oktober 2023, setelah keduanya mendaftar ke KPU di hari terakhir pendaftaran, 25 Oktober 2023 lalu.

Semua bacapres-bacawapres menjalani medical check up (MCU) atau pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Di antaranya tes darah, urine, serta tes kesehatan jasmani dan rohani. Pemeriksaan berlangsung selama 10 jam.

Pemeriksaan kesehatan tiga pasang capres-cawapres ini juga dibenarkan Kepala RSPAD Gatot Subroto, Letjen Budi Sulistya.

"Masing-masing memiliki hasil pemeriksaan yang tidak ada kendalanya, berkaitan dengan kesehatan rohani dan jasmani, tidak terlibat penyalahgunaan narkoba. Semuanya sehat," ucap Budi, Jumat (27/10/2023).

Ia menegaskan, ketiga pasangan calon ini juga layak mengikuti kontestasi Pilpres 2024 karena dinyatakan sehat.

"Semuanya sehat dan sudah siap menjadi presiden dan wakil presiden," imbuh Budi Sulistya.

Editor: Kurniati

Tag: #tiga capres cawapres sehat    #kesehatan capres cawapres    #nasional    #kpu ri    #pilpres 2024    #pemilu 2024   

BACA JUGA

BERITA TERBARU