Gelandang AZ Alkmaar, Tijjani Reijnders calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia (Foto: AZ Alkmaar)

Pemain AZ Alkmaar, Tijjani Reijnders Calon Naturalisasi Untuk Timnas Indonesia

Michael | Sepakbola | 10-02-2022

Parboaboa.com – Daftar nama pemain yang akan dinaturalisasi PSSI untuk Timnas Indonesia bertambah lagi. Calon baru yang diajukan Shin Tae Yong adalah Tijjani Reijnders.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, dari daftar nama yang dibaca Menpora Zainudin Amali dari layar komputer saat pertemuan dengan PSSI dan Shin Tae Yong di Kemenpora pada Kamis (10/2/2022) sore.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani membenarkan nama Reijnders kini sedang diproses. Hanya saja Hasani belum bisa bicara banyak soal sosok tersebut karena baru diajukan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

“Ya, betul Tijjani Reijnders itu yang diajukan Shin Tae Yong untuk dinaturalisasi, tapi soal dia saya masih nol sekali. Belum sama sekali ngomong. Tapi yang dua ini [Sandy Walsh dan Jordi Amat] sudah selesai,” kata Hasani.

Reijnders merupakan pemain berdarah Belanda yang saat ini membela AZ Alkmaar. Pemain 23 tahun ini berposisi sebagai gelandang. Jam terbangnya di kompetisi musim ini lumayan gemilang.

Mantan pemain Belanda U-20 ini sudah 20 kali tampil di Eredivisie 2021/2022. Dari jumlah tersebut Reijnders mencetak dua gol dan dua assist. Total, Reijnders telah 55 kali membela AZ Alkmaar.

Mengacu laman resmi Eredivisie, Reijnders telah melakukan 469 umpan sukses dari 661 menit main pada musim ini. Dari jumlah itu, 90 di antaranya merupakan umpan kunci. Ia juga berhasil melakukan 17 dribel sukses.

Pemain kelahiran 29 Juli 1998 ini memulai karier mudanya dengan membela PEC Youth pada 2011. Kemudian ia membela FC Twente U-17 pada 2014, lantas CSV 28 pada 2015, selanjutnya ke PEC Zwolle, dan AZ Alkmaar pada 2017.

Reijnders terikat kontrak dengan AZ Alkmaar hingga 30 Juni 2025. Menurut Transfermarkt, laman penyedia data transfer asal Jerman, harga pasarannya mencapai 1,2 juta euro atau setara Rp20,86 miliar.

Pemain dengan tinggi 183 centimeter ini diketahui memiliki darah keturunan dari pihak ibu. Ayahnya, Martin Reynders, diketahui menikahi gadis asal Maluku oleh karenanya akan PSSI akan mulai mengontak sang pemain lewat agennya.
 

Tag : #tijjani reijnders    #timnas indonesia    #shin tae yong    #pssi    #naturalisasi   

Baca Juga