Ilustrasi

TikTok Buat Fitur Live Subscription, Ladang Cuan untuk Kreator

Wanovy | Teknologi | 27-05-2022

PARBOABOA - TikTok mengumumkan sebuah fitur baru bernama Live Subscription yang dirilis hari ini, 26 Mei 2022.

Sesuai namanya, ini adalah cara baru agar kreator bisa mendapatkan uang dari penggemar tiap bulan lewat siaran langsung (live streaming).

Mirip dengan platform lain seperti Twitch, fitur baru ini akan menawarkan berbagai opsi, seperti chat eksklusif yang hanya bisa diakses pelanggan berbayar, emote khusus, lencana, dan lainnya.

“Hari ini kami memperkenalkan Live Subscription, langganan bulanan di TikTok bagi orang-orang untuk menunjukkan penghargaan mereka kepada kreator Live favorit mereka.” tulis TikTok dalam laman resminya, Jumat (27/5/2022).

Nantinya, para kreator bisa mengubah Live Streaming ke mode 'subscription only'. Sehingga, hanya pelanggan berbayar yang bisa memberikan komentarnya saat kreator melakukan live streaming.

Live Subscription ini awalnya akan tersedia untuk kreator konten khusus yang menerima undangan dari TikTok. Baru nantinya, akan tersedia secara global selama beberapa bulan mendatang.

Melansir The Verge, Rabu, 25 Mei, daya tarik dari TikTok LIVE itu sendiri juga meliputi stiker khusus untuk obrolan streaming langsung dan kesempatan untuk mengambil bagian dalam obrolan khusus pelanggan.

Layanan semacam ini kemungkinan besar tidak asing bagi pengguna Twitch, karena memiliki program berlangganan yang sangat mirip.

Menurut laporan TechCrunch, harga langganan TikTok LIVE akan sebanding dengan paket Twitch, yang dimulai dari 4,99 dolar AS setara Rp73 ribu per bulan.

Namun, untuk menggunakan Live Subscription pengguna harus berusia 18 tahun ke atas untuk menawarkan atau membeli langganan berbayar, dan konten kreator hanya dapat menawarkan langganan jika mereka memiliki setidaknya 1.000 pengikut.

Hadirnya fitur ini juga merupakan upaya TikTok untuk menawarkan lebih banyak cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang di platform dan menumbuhkan jumlah penonton mereka.

Akan tetapi, TikTok tidak menjelaskan secara detail kapan fitur ini akan tersedia untuk semua kreator di TikTok dan seperti apa untuk memenuhi standar mereka.

Selain itu, TikTok juga tidak menyebutkan berapa bagian yang akan mereka ambil dari program tersebut.

Tag : #tiktok    #live subscription    #apps    #teknologi    #content creator   

Baca Juga