Ilustrasi, foto: Pinterest

TikTok Uji Coba Mini Game di Dalam Aplikasi

Wanovy | Teknologi | 23-05-2022

PARBOABOA - TikTok dikabarkan sedang uji coba fitur game dalam aplikasi di Vietnam. Dikutip dari Reuters, uji coba tersebut merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk terjun ke dalam bisnis game.

Perusahaan berharap, dengan menambahkan game bisa meningkatkan pendapatan iklan serta jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengguna aplikasi.

Seperti yang diketahui, saat ini TikTok menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia. Lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan.

“Kami selalu mencari cara untuk memperkaya platform kami dan secara teratur menguji fitur dan integrasi baru yang membawa nilai bagi komunitas kami,” kata perwakilan perusahaan.

Berdasarkan informasi yang beredar, bahwa fitur terbaru ini kabarnya akan segera meluncur di Asia tenggara pada awal kuartal 3 2022.

Adanya fitur terbaru ini, maka harapannya para pengguna bisa menghabiskan waktu lebih lama dalam aplikasi tersebut.

Sehingga TikTok mampu untuk memberi pengalaman yang cukup berbeda bagi para penggunanya. Nantinya para pengguna juga bisa memainkan game secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Fitur game TikTok ini kabarnya dari pihak perusahaan juga sedang melakukan uji coba fitur anyar itu di negara Vietnam.

Vietnam diduga dipilih karena menawarkan populasi melek teknologi dengan 70 persen warganya berusia di bawah 35 tahun.

Pada tahap awal, Tiktok, yang dimiliki oleh ByteDance China, menguji minigame atau gim sederhana berbasis HTML-5 semisal Disco Loco 3D dan Garden of Good. Tiktok juga menggandeng pihak ketiga yakni Zynga untuk mengembangkan fitur game.

Di sisi lain, Tiktok juga berencana menyertakan fitur game ini ke dalam fitur Live Video milik mereka.

Mengutip Tech Crunch, nantinya seorang pengguna bisa menyiarkan permainannya kepada pengguna lain.

Tak hanya itu, para pengguna Tiktok juga bisa bermain bersama. Untuk mengembangkan fitur game di Live Video, Tiktok bekerjasama dengan perusahaan yang berbasis di Tel Aviv Israel, Watchful.

Di Amerika Serikat, hanya beberapa game yang tampaknya telah diluncurkan, salah satunya Disco Loco 3D milik Zynga, yakni game tentang tantangan musik dan tarian.

Ada juga Garden of Good, di mana pemain bisa menanam sayuran untuk turut menyumbang donasi TikTok ke organisasi nirlaba Feeding America.

Seorang sumber menjelaskan, meskipun perusahaan memulai dengan membawa minigame, yang cenderung memiliki mekanisme permainan sederhana dan waktu bermain yang singkat, ambisi untuk terjun ke dunia game lebih besar dari itu.

Sementara itu, pengguna Douyin, TikTok versi Tiongkok, sudah bisa memainkan game di platform tersebut sejak 2019.

Lebih penting lagi, game TikTok kemungkinan akan menyertakan iklan, dengan pembagian keuntungan antara ByteDance dan pengembang game.

Masuknya TikTok ke dalam game mencerminkan langkah serupa yang dilakukan oleh perusahaan teknologi besar untuk mempertahankan pengguna.

Tag : #tiktok    #game    #apps    #teknologi    #fitur tiktok baru    #game tiktok   

Baca Juga