Bobby Setiabudi (dok Humas PP PBSI)

Bulu Tangkis Beregu SEA Games: Gagal Susul Tim Putri ke Final, Tim Putra Sumbang Medali Perunggu

Rini | Olahraga | 17-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga andalan Indonesia, untuk mendulang medali emas dari ajang SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam.

Indonesia selangkah lebih dekat untuk mewujudkan harapan tersebut. Tim putri Indonesia dari cabang olahraga bulu tangkis beregu berhasil mengalahkan tim tuan rumah di babak semifinal.

Bertanding di Bac Giang Gymnasium, Vietnam, Selasa (17/5/) siang tadi, Indonesia menutup laga dengan skor 3-1.

Pada laga pembuka, Indonesia sempat tertinggal 1 poin setelah Nguyen Thuy Linh berhasil mengalahkan Gregoria Mariska Tunjung.

Duel tunggal putri ini berlangsung sengit. Gregoria unggul di babak pertama dengan skor 21-14, namun kalah di dua babak berikutnya dengan skor 17-21, 16-21.

Skor 0-1 atas keunggulan Vietnam ini tak berlangsung lama. Pada laga kedua pasangan baru Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti berhasil menyamakan skor 1-1, setelah mengalahkan Pham Thi Khanh/Van Anh Than dengan skor 21-3 dan 21-9.

Kemudian Putri Kusuma Wardani yang turun di babak ketiga berjuang hingga rubber game untuk merebut kemenangan dari Thi Trang dengan skor 21-19, 16-21, dan 21-15.

Setelah berbalik unggul dengan skor 2-1, pasangan Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto menang mudah saat menghadapi Thi Hoai Do/Nhu Thao Pham dengan skor 21-13 dan 21-14.

Kemenangan ini kemudian mengantarkan Indonesia ke babak final yang berlangsung besok, Rabu (18/5). Indonesia akan berhadapan dengan Thailand untuk memperebutkan medali emas.

Sayangnya tak semulus langkah tim putri, tim putra  Indonesia ditekuk Thailand di babak semifinal dengan skor 2-3.

Laga tim putra di semifinal bulu tangkis beregu putra ini dimulai dengan pertemuan Chico Aura Dwi Wardoyo dengan Kunvalut Vitidsarn. Thailand berhasil meraih skor pertama, setelah Chico takluk dengan skor 14-21 dan 14-21 dari Kunvalut.

Ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan kemudian turun pada partai kedua. Berhadapan dengan Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong, Pramudya/Yeremia menang setelah rubber game dengan skor 21-16, 12-21, dan 21-16.

Skor berubah menjadi 1-1, Indonesia kemudian menurunkan Christian Adinata di partai ketiga melawan Sitthikom Thammasin. Sayangnya, Christian kalah dalam pertarungan dua babak dengan skor 11-21 dan 12-21, sehingga Indonesia kembali tertinggal 1-2 dari Thailand.

Pertandingan kemudian dilanjutkan di partai keempat. Leo Rolly Carnando/ Daniel Marthin berhasil tampil gemilang dan menekuk pasangan Thailand Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul dengan skor 21-8, 21-13.

Setelah menyamakan kedudukan 2-2, laga terakhir antara Bobby Setiabudi akan melawan Panitchaphon Teeraratsakul menjadi penentuan tim yang akan melaju ke babak final.

Namun Indonesia harus mengubur harapan mengoleksi medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis beregu putra ini, karena Bobby tumbang di tangan lawan dengan skor 18-21,19-21. Indonesia hanya berhasil meraih medali perunggu di cabang olahraga ini.

Tag : #sea games 2021    #bulu tangkis    #olahraga    #tim putri    #tim putra    #semifinal bulu tangkis sea games   

Baca Juga