Timnas Indonesia U-23 kalah telak atas Vietnam di SEA Games 2021 (Dok: ANTARA/Aditya Pradana Putra)

SEA Games 2021: Timnas Indonesia U-23 Menderita Kekalahan Telak Atas Vietnam

Michael | Sepakbola | 06-05-2022

PARBOABOA –  Timnas Indonesia U-23 mengawali perjalanan di Grup A SEA Games 2021 dengan hasil buruk setelah menderita kekalahan telak 3-0 dari tuan rumah Vietnam di Stadium Viet Tri, Jumat (6/5) malam WIB.

Hasil itu membuat Vietnam menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan poin tiga. Mereka mengumpulkan nilai yang sama dengan Filipina, namun kalah selisih gol.

Filipina yang di laga sebelumnya berhasil meraih kemenangan 4-0 atas Timor Leste menduduki puncak klasemen. Sementara Indonesia berada di posisi ketiga.

Pelatih timnas U-23 Shin Tae Yong menerapkan formasi menyerang di pertandingan ini. Akan tetapi skema ini tidak berjalan mulus, karena Vietnam juga memperlihatkan permainan agresif sejak menit awal.

Taktik itu membuat timnas U-23 berada dalam tekanan yang berat. Beruntung penyelesaian akhir tuan rumah masih belum menemui sasaran. Di lain sisi, serangan balik yang dilancarkan Garuda Muda dengan mudah dipatahkan barisan belakang Vietnam. Hal itu disebabkan jarak antarpemain di lini tengah dan depan terlalu jauh.

The Golden Star julukan Vietnam mulai memberikan ancaman serius pada menit ke-27. Mesin gol mereka, Nguyen Tien Linh melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun berhasil diamankan kiper Muhammad Adi Satryo.

Vietnam kembali mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan di menit ke-35. Menyambut umpan Do Hung Dung, Nguyen Van Tung menyundul bola yang masih bisa selamatkan Adi Satryo.

Dua menit menjelang babak pertama berakhir, Ly Cong Hoang Anh mencoba membobol gawang Timnas Indonesia U-23, akan tetapi usaha tersebut masih bisa digagalkan penjaga gawang Adi Satryo.

Permainan Vietnam tidak mengalami perubahan di babak kedua. Tuan rumah yang mendapat dukungan puluhan ribu suporter memberikan tekanan hebat ke barisan pertahanan Garuda Muda.

Stadion Viet Tri akhirnya bergemuruh setelah upaya Vietnam untuk memecah kebuntuan membuahkan hasil di menit ke-54. Umpan Nguyen Van Tung diselesaikan Lien Tinh untuk menjebol gawang Adi Satryo.

Tertinggal satu gol, Timnas Indonesia U-23 berusaha bangkit untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, umpan akhir ke area pertahanan lawan tidak berjalan dengan baik, sehingga upaya serangan yang dibangun dengan mudah dihentikan barisan pertahanan Vietnam.

Sebaliknya, Vietnam yang unggul satu gol semakin agresif dalam menekan pertahanan timnas U-23. Vietnam pun berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-74 setelah kerja sama satu dua dengan Lien Tinh diselesaikan Do Hung Dung dengan sepakan yang menjebol gawang Adi Satryo.

Tiga menit menjelang laga berakhir, Vietnam memastikan kemenangan menjadi 3-0. Gol bermula dari tendangan Le Van Xuan yang membentur mistar gawang. Bola kemudian masih bisa dikuasai tim asuhan Park Hang Seo. Le Van Do yang mendapatkan bola melepaskan tendangan dari sisi kiri yang berhasil masuk ke gawang timnas U-23.

Tidak ada tambahan gol yang terjadi, Vietnam berhasil mempertahankan kemenangan 3-0 hingga wasit meniupkan tanda pertandingan berakhir.

Susunan Pemain Kedua Tim:

  • Vietnam U-23: Nguyen Van Toan; Le Van Xuan, Phan Tuan Tai, Nguyen Thanh Bình, Bui Hoang Viet Anh, Le Van Do, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Ly Cong Hoang Anh, Nguyen Tien Linh, Nguyen Van Tung.
  • Pelatih: Park Hang Seo
  • Indonesia U-23: Adi Satryo; Ilham Rio, Facruddin, Rizky Ridho, Firza Andhika, Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari.
  • Pelatih: Shin Tae Yong
     
Tag : #timnas indonesia u-23    #sea games 2021    #sepakbola    #pssi    #shin tae yong   

Baca Juga