Gregoria Mariska Tunjung

Jepang Mundur, Timnas Putri Indonesia Terobos Final BATC 2022

Sondang | Olahraga | 19-02-2022

PARBOABOA, Selangor – Timnas putri Indonesia dipastikan lolos ke babak final Badminton Asia Team Championship (BATC) alias Kejuaraan Beregu Asia 2022 yang berlangsung di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia.

Awalnya, tim putri dijadwalkan bertanding melawan Jepang hari ini, Sabtu (19/2) pukul 09.00 WIB. Namun, calon lawan mendadak mengundurkan diri.

"Tim putri Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan Asia Beregu 2022 setelah Jepang memutuskan untuk mundur," tulis PBSI dalam akun twitter mereka, Sabtu (19/2).

Menurut keterangan Badminton Asia, sejumlah pemain Jepang tidak fit untuk bertanding. Mereka juga tidak membawa banyak pemain ke turnamen ini, hanya 8 pebulutangkis putri.

"Tim putri Jepang mundur dari semifinal Selangor BATC 2022 karena beberapa pemain merasa tidak fit untuk bertanding. Dengan demikian, tim putri Indonesia langsung ke final," demikian bunyi pernyataan Badminton Asia di akun Twitter-nya.

Dengan demikian, Indonesia akan menghadapi Korea Selatan di final Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022 pada sektor putri. Mereka lolos ke final usai mengalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor 3-0.

Keberhasilan Indonesia mencapai final BATC di sektor putri merupakan pencapaian yang jauh lebih baik dibanding edisi sebelumnya. Sebab pada BATC 2020, Indonesia terhenti di babak perempat final.

Performa apik Tim Putri Indonesia di BATC 2022 ini juga sekaligus membuat mereka dipastikan lolos ke Piala Uber 2022 yang berlangsung di Thailand pada Mei 2022 mendatang.

Sebelumnya, Indonesia menang 4-1 atas Hong Kong di laga pertama disusul kemenangan telak 5-0 atas Kazakhstan. Dalam duel penentuan status juara grup, Indonesia menang dramatis 3-2 atas Korea Selatan.

Tag : #kejuaraan beregu asia 2022    #batc 2022    #bulutangkis   

Baca Juga