Apel pagi di Dinas Sosial Pematangsiantar pada hari pertama kerja setelah libur lebaran 2022 (dok Parboaboa)

Hari Pertama Kerja, Tingkat Kehadiran Pegawai Dinsos dan Disnaker Pematangsiantar 100 Persen

Rini | Daerah | 09-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Hari pertama kerja setelah libur Lebaran kembali dimulai pada Senin (9/5). Imbauan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar pegawai swasta dan pemerintah menerapkan work form home (WFH) selama sepekan setelah Lebaran tidak berlaku di Kota Pematangsiantar.

Dari pantauan Parboaboa di kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Dinas Sosial Pematangsiantar, seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Harian Lepas (THL) hadir di kantor sesuai jam kerja yang semestinya.

Saat ditemui, Pengantar Kerja Ahli Muda Disnaker Pematangsiantar, Mexon Purba mengatakan, libur Disnaker dimulai pada 29 April lalu hingga 8 Mei. Di hari pertama ini, jam operasional kantor dimulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Untuk presentasi kehadiran pegawai, Mexon menjelaskan, dari 20 PNS dan 7 THL Disnaker, semuanya hadir di kantor seperti biasa dan tidak ada yang melakukan WFH.

“Ngapain lagi WFH, udah cukup libur kita dikasih pemerintah,” ucapnya kepada Parboaboa.

Ditemui secara terpisah, Plt Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial Pematangsiantar, Reidurma Situmeang mengonfirmasi jika seluruh pegawai kantornya hadir setelah libur Lebaran.

Para pegawai yang terdiri dari 38 PNS dan 14 THL tidak ada yang melakukan WFH.  Sementara untuk jam operasional, Dinas sosial buka biasanya setiap Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 hinga 16.00 WIB.

Namun demikian, Dinas Sosial tidak sepenuhnya menutup operasional kantor, bahkan saat libur Lebaran kemarin,  karena mereka harus siaga dan tetap memberikan pelayanan, jika ada kejadian bencana tidak terduga.

“Kalau ada kejadian tidak terduga, seperti kebakaran, kebanjiran, orang terlantar, orang meninggal titipan Dinas Sosial di Yayayasan Rehabilitasi Sosial, itu mau gimana pun harus standby,” ucapnya.

Dia menambahkan,saat ini masyarakat yang ingin mengurus BPJS tidak perlu lagi repot-repot datang langsung ke Dinas Sosial, sebab sudah ada aplikasi online untuk mengurus BPJS di kelurahan yang dapat diakses masyarakat dengan lebih mudah.

Warga juga mengapresiasi kinerja Dinas Sosial Siantar yang cukup bagus. “Pelayanannya bagus," kata Lasma Butar-butar, warga Tambun Nabolon, yang datang untuk mengurus BPJS Kesehatan gratis untuk suaminya.

Tag : #hari pertama kerja    #wfh seminggu    #daerah    #dinas sosial pematangsiantar    #disnaker pematangsiantar   

Baca Juga