Ilustrasi

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Zenius Terapkan Metode Pembelajaran Adaptif

wanovy | Teknologi | 03-08-2021

Proses kegiatan belajar mengajar di kala pandemi COVID-19 memang menjadi tantangan tersendiri. Untuk meningkatkan minat, belajar online yang adaptif menjadi kunci masa depan pendidikan Indonesia.

Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan machine learning dapat mengembangkan sistem pendidikan yang lebih baik dalam beberapa tahun terakhir. Berangkat dari situ dan memanfaatkan teknologi tersebut, Zenius membawa metode pembelajaran adaptif ke Tanah Air.

Metode ini memungkinkan materi pelajaran dipersonalisasi atau dirancang khusus sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa untuk memfasilitasi tingkat pemahaman dan pengetahuan siswa yang berbeda-beda.

Sebagai pemain di bidang teknologi edukasi (Edtech), Zenius mengadopsi metode pembelajaran adaptif melalui fitur terbarunya, ZenCore.

ZenCore sendiri memiliki dua fitur utama, yakni CorePractice atau tempat latihan dengan ratusan ribu pertanyaan latihan dari tiga cabang konsentrasi utama seperti logika verbal, matematika, dan bahasa Inggris.

Sementara CoreInsight, tempat yang menyediakan berbagai pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, dan big history yang dapat digunakan untuk mendukung dan memperluas dari sudut pandang pengguna.

"Selama pandemi, kami melihat adopsi teknologi secara keseluruhan di sektor pendidikan meningkat signifikan, baik di kalangan guru, orang tua dan siswa. Karena itu, ini merupakan momentum tepat untuk menghadirkan sistem pembelajaran adaptif dengan ZenCore. Kami optimistis penggunaan teknik pembelajaran adaptif dapat menjadi stimulus positif dalam sistem pendidikan Indonesia, kata founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS dalam keterangan resminya.

Menurutnya, metode pembelajaran adaptif ini merupakan bukti nyata dari visi Zenius untuk menumbuhkan kecintaan pada proses belajar di dalam diri semua orang.

"Dengan materi yang sesuai kemampuan, kami harap siswa bisa lebih menikmati proses pembelajaran,  lanjut Sabda.

Umumnya, model ini mengandalkan teknologi berbasis web, di mana siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal terlebih dahulu, lalu materi akan dihadirkan menggunakan machine learning yang akan melatih dan menilai kemampuan siswa untuk menentukan penyajian soal-soal dan materi berikutnya.

Tim teknologi kami telah menggunakan perpaduan sistem algoritma, machine-learning, dan kecerdasan buatan yang canggih untuk menghadirkan implementasi pembelajaran adaptif berskala luas, katanya.

Melalui peluncuran ZenCore ini, Zenius akan menjadi salah satu platform edukasi yang menerapkan pembelajaran adaptif secara luas, kepada lebih dari 20 juta pengguna di website dan aplikasi.

Fitur gratis ini juga bisa diakses secara gratis di aplikasi Zenius oleh para pengguna kapan pun dan dimana pun.

Tag : #teknologi   

Baca Juga