Ilustrasi

Tips Agar WhatsApp Tak Boros Memori Penyimpanan

Wanovy | Teknologi | 30-11-2021

Hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi WhatsApp, mengingat begitu populernya aplikasi chating itu.

Aplikasi WhatsApp memang mudah dipakai, berfitur lengkap, dan bisa mengirim beragam format file seperti foto, video, suara dan dokumen.

Masalahnya banyak di antara kiriman file tersebut berukuran cukup besar. Contohnya kiriman video-video pendek dari grup WhatsAppa keluarga atau teman sekolah.

Sehingga, semakin banyak file yang diterima maka ruang penyimpanan ponsel pun akan semakin tersita.

Namun, tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat memori internal ponsel yang digunakan WhatsApp. Yuk, simak tips dibawah ini.

1. Hapus chat berukuran besar

Saat saling berkirim pesan WhatsApp, maka tiap chat ukurannya berbeda pula. Besarnya tergantung seringnya chating dilakukan serta banyaknya file media yang diterima, seperti file foto, video atau dokumen.

Maka pesan yang terlalu banyak menghabiskan memori penyimpanan bisa dipilih untuk membuat lega memori penyimpanan. Berikut adalah caranya:

- Buka menu “Setting”, yang ada di bagian tombol titik tiga vertikal di kanan atas

- Lanjutkan dengan memilih “Storage and Data”

- Klik “Manage Storage” (kelola penyimpanan)

- Gulirkan ke bawah, lalu akan muncul daftar chat mana saja yang memakan banyak memori internal, diurutkan dari yang terbesar hingga ke yang paling kecil. 

- Klik chat yang ingin dibersihkan, kemudian pilih file apa saja yang ingin dihapus, apakah video atau foto.

- Pengguna juga bisa mencentang kotak di ujung kanan atas layar jika ingin menghapus semua file di dalam chat. 

- Tampilan file juga bisa diurutkan berdasarkan ukuran dan periode dengan cara mengetuk ikon garis tiga di pojok kanan atas.

2. Matikan fitur auto-download video dan gambar 

Secara default, pesan foto dan video akan terunduh otomatis di WhatsApp. Namun, pengguna bisa menon-aktifkannya secara manual.  Berikut adalah langkah-langkahnya:

- Buka menu “Setting” (pengaturan)

- Lalu klik menu “Storage and Data” (penyimpanan dan data). 

- Kemudian, pilih opsi “When Using Mobile Data” (saat menggunakan data seluler), lalu hapus centang di kolom foto, audio, video, dan dokumen.

3. Hapus file media berukuran besar

Selain menyortir pesan, pengguna juga bisa menyortir file yang ingin dihapus. Caranya serupa, pilih “Setting” > “Storage data” > “Manage storage”.

File berukuran besar bisa dilihat di kategori larger than 5 MB (lebih dari 5 MB). Klik kategori tersebut untuk menyisir file mana saja yang sekiranya sudah tidak diperlukan

Bisa juga memilih semua file dengan mencentang kolom di ujung kanan atas layar. Selain itu, pengguna juga bisa menghapus file yang diteruskan berkali-kali.

Caranya masih sama, buka kategori "Forwarded Many Times" (diteruskan berkali-kali), kemudian pilih file mana saja yang ingin dihapus atau ingin menghapusnya semua.

4. Aktifkan backup Google Drive/iCloud 

Secara default, WhatsApp akan mencadangkan chat ke memori internal. Oleh karena itulah ketika pengguna menerima pesan berukuran besar, memori internal lah yang akan tersita. 

Menyimpan chat dan media ke penyimpanan awan seperti Google Drive atau iCloud bisa mengurangi beban memori internal ponsel.

Caranya, klik “Setting” > “Chat” (percakapan) > “Chat Backup” (cadangkan chat) > “Back up” (cadangkan). 

Jangan lupa untuk menuliskan alamat e-mail untuk menyimpanan cadangan file dan chat. Pengguna juga bisa mengatur kapan akan mencadangkan file dan chat.

Caranya, pilih "Back up to Google Drive/iCloud" (cadangkan ke Google Drive/iCloud), lalu pilih waktu pencadangan yang diinginkan, apakah "Only When I Tap "Back up" untuk mencadangkan manual, "daily" (setiap hari), "weekly" (mingguan), atau "monthly" (bulanan). 

Perlu diingat bahwa mencadangkan file ke cloud membutuhkan daya baterai dan kuota data yang cukup besar.

Anda juga bisa memilih "Back up Over" (cadangkan melalui) > pilih antara WiFi atau WiFi/seluler.

5. Kurangi buka WhatsApp Status

Pengguna WhatsApp seringkali penasaran dengan unggahan pengguna lain yang ada di tab status. Namun, ada baiknya untuk lebih mengurangi rasa kepo tersebut.

WhatsApp status yang dilihat akan terunduh dan tersimpan di memori internal ponsel. Tidak ada salahnya mulai lebih selektif lagi untuk melihat unggahan WhatsApp Status dari kontak yang kita simpan.

Kendati demikian, file dari WhatsApp Status yang tersimpan di memori internal bersifat sementara saja. WhatsApp Status yang tersimpan di memori internal ponsel akan lenyap dalam 24 jam setelah terunduh.

Selain Status, file GIF dan stiker juga memakan ruang penyimpanan internal. Semakin sering mengirim GIF atau stiker, semakin tersita pula ruang penyimpanan.

Jika Anda makin sering berkirim GIF atau stiker, maka memori internal juga semakin cepat habis.

Apabila ingin menghapusnya, buka menu penyimpanan internal ponsel. Lalu pilih aplikasi WhatsApp > Media > dan pilih file yang ingin dihapus, misalnya status, gif, atau stiker.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar WhatsApp tidak boros ruang penyimpanan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tag : #whatsapp    #tips    #backup chat    #memori penyimpanan   

Baca Juga