Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor (Foto: naikmotor.com)

5 Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor

Juni | Otomotif | 13-09-2022

PARBOABOA – Tidak hanya dengan mobil, banyak orang kerap mengangkut barang menggunakan sepeda motor. Namun sayangnya, masih ada pemotor yang tak memperhatikan muatan barang yang diangkut.

Padahal, beban yang terlalu berat atau dimensinya yang melebihi batas bisa membahayakan pengendara itu sendiri. Selain mempengaruhi akselerasi saat berkendara, hal itu juga dapat membahayakan pengendara lain di sekitarnya.

Melihat risiko yang ditimbulkan, tentunya kamu tak ingin hal itu terjadi bukan? Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Perhitungkan Berat Barang Bawaan

Pada buku panduan pemilik sepeda motor, tertulis beban maksimal barang bawaan yang dapat ditampung oleh motor tersebut. Untuk itu, sebaiknya cermati setiap informasi yang tercantum di dalamnya.

Membawa barang terlalu berat bisa menyebabkan kondisi suspensi atau shockbreaker pada motor rusak. Tak hanya itu, komponen mesin dan ban juga dapat terkena dampak buruknya.

2. Perhitungkan Lebar Barang Bawaan

Saat berkendara dengan membawa brang bawaang di depan motor, lebar barang bawaan tidak boleh melebihi panjang stang. Hal ini dikarenakan bisa mengurangi ruang gerak pengendara dan berpotensi menyenggol pengguna jalan lainnya.

3. Lihat Tinggi Barang Bawaan

Masih banyak kita temui pengendara motor yang nekat membawa barang bawaan dengan dimensi melebihi tinggi badan pengemudi. Hal seperti ini tentunya tidak boleh dilakukan karena akan mempengaruhi keseimbangan saat berkendara.

4. Barang Tidak Menutupi Lampu Belakang

Para pengendara sepeda motor tentu telah mengetahui fungsi lampu sein dan lampu rem sangat penting untuk menyampaikan informasi dan memberikan tanda pada pengendara yang ada di be;akang saat akan berbelok atau mengurangi kecepatan.

Untuk itu, jika barang bawaan berada di belakang, pastikan agar barang tersebut tidak sampai menutupi lampu sein dan lampu rem.

5. Pastikan Ikatan Barang Kuat

Kondisi jalanan tidak selalu mulus, sehingga membuat barang bawaan berpotensi mengganggu keseimbangan aktau bisa saja sewaktu-waktu terjatuh jika tak terikat dengan kuat. Untuk menghindari hal itu, pemotor perlu memastikan telah mengikat barang dengan kuat.

Itulah tadi lima tips aman membawa barang dengan sepeda motor. Patikan agar barang bawaan nu tidak melebihi kapasitas demi keamanan dan kenyamanan berkendara ya.

Tag : #sepeda motor    #pengendara    #otomotif    #peraturan berkendara    #tips   

Baca Juga