Tips berkendara saat arus balik (Foto: Dok Halodoc)

Tips Berkendara Saat Arus Balik, Jangan Lupa Bawa Kartu Identitas

Sondang | Otomotif | 03-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Setelah menikmati hangatnya lebaran 2022 bersama keluarga di kampung, kini tiba saatnya para perantau kembali ke kota perantauan. Hal itu tentu akan menyebabkan arus balik yang sangat macet seperti arus mudik sebelumnya.

Maka dari itu, para pemudik diharap mempersiapkan diri dan kendaraan sebelum menempuh arus balik dengan memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

Tips Berkendara Saat Arus Balik

1. Mengecek kondisi kendaraan

Sebelum Anda melakukan perjalanan, periksa kembali ulasan-ulasan terkait kendaraan yang akan Anda pilih. Ini supaya Anda bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus membuat perjalanan menjadi lebih aman.

Pengemudi perlu memastikan terlebih dahulu mesin kendaraan yang akan digunakan seperti rem, lampu, dan mesin lainnya agar berfungsi dengan baik. Memastikan BBM terisi penuh, hal ini dilakukan untuk menghindari antrian panjang di SPBU.

2. Memilih waktu yang tepat

Dikutip dari Bisnis.com PT Lintas Marga Sedaya (LMS), para pengguna jalan tol diimbau agar melakukan manajemen waktu yakni tidak melakukan perjalanan balik di waktu yang bersamaan seperti hari Sabtu dan Minggu. Pilihan hari bisa melakukan perjalanan balik di Rabu dan Kamis untuk menghindari kemacetan.

Selain itu, pengemudi juga perlu memeriksa cuaca sebelum perjalanan dapat membantu pengemudi mempersiapkan diri dan kendaraan, terutama jika menggunakan motor. Usahakan pilih hari dengan cuaca cerah dan tidak hujan.

3. Memeriksa kelengkapan kartu identitas

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda membawa kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), SIM (Surat Tanda Mengemudi) C yang masih berlaku dan lain lain.

Surat-surat tersebut membuktikan legalitas administratif kendaraan dan bukti bahwa pemudik telah memenuhi syarat mengemudikan sepeda motor.

4. Jangan bawa muatan berlebih

Perjalanan jauh seperti mudik dan balik sangat memerlukan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, perhatikan muatan kendaraan.

Jangan membawa muatan yang berlebihan, baik muatan penumpang maupun barang bawaan. Hal ini karena muatan yang berlebihan dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan membahayakan pengendara.

5. Waspadai resiko kejahatan

Kejahatan bisa terjadi di mana saja dan menimpa siapa saja, termasuk saat arus balik. Pastikan memilih tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat dan pastikan jika meninggalkan mobil, mobil terkunci dan barang bawaan dalam kondisi aman. Pengemudi juga harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas agar meminimalisir kecelakaan yang terjadi.

6. Jangan memaksakan diri

Terakhir, tips yang tidak kalah penting lainnya adalah jangan memaksakan diri dalam berkendara. Seperti memaksakan diri dalam hal memacu kendaraan maupun memaksakan fisik pengendara saat sudah kelelahan atau mengantuk.

Jangan ngebut dan beristirahatlah di tempat yang layak, serta maksimal berkendara setiap tiga jam sekali agar kondisi badan selalu prima dalam berkendara.

Nah, sudah tahu kan tips tips berkendara saat arus balik? Jangan lupa dilaksanakan ya!

Tag : #arus balik    #berkendara    #otomotif    #idul fitri 2022    #ktp    #sim    #stnk   

Baca Juga