Ilustrasi

Tips Memanfaatkan Teknologi Bagi Pelaku UMKM Pemula

Wanovy | Teknologi | 20-09-2021

Usaha online kini menjadi tren di kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mau tidak mau, suka tidak suka, pelaku UMKM harus bisa beradaptasi dengan teknologi ini, agar bisa mempertahankan bisnisnya.

Pada 2018, industri ini menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan berkontribusi sebesar 98,68% (mikro) dari total usaha yang ada, mempekerjakan lebih dari 97% dari tenaga kerja, dan memberikan kontribusi 57,24% terhadap pertumbuhan produk domestik bruto (PDB).

Jumlah tersebut bahkan diperkirakan akan meningkat sebesar 5% pada tahun 2019.2 Mayoritas UMKM di Indonesia masih didominasi oleh usaha kecil dengan aset yang dimulai dari Rp50 juta (tidak termasuk tanah dan gedung kantor) dan pendapatan berkisar Rp 300 juta - Rp 50 miliar per tahun.

Kehadiran teknologi sebagai instrumen untuk menopang UMKM, dimanfaatkan sebagai peluang oleh para pegiat bisnis Tanah Air. Namun, banyak dari mereka yang masih bingung harus menggunakan apa ketika baru memulai bisnis digital. Berikut adalah tips memanfaatkan digital bagi pelaku UMKM.

Manfaatkan Media Sosial

Dalam urusan memasarkan produk, memanfaatkan kecanggihan media sosial adalah tips yang sangat disarankan untuk menjangkau pasar. Sementara untuk server, tak perlu membeli dengan harga ratusan juta karena sudah ada teknologi cloud hosting.

Indonesia memiliki banyak pengguna sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, TikTok dan sebagainya. Karena itu sosial media dapat dijadikan alat dalam strategi bisnis.

Sosial media dapat Anda terapkan langsung melalui strategi pemasaran usaha Anda. Selain murah, cara penggunaannya pun mudah.

Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menggunakan social media tetapi cukup dengan memasarkan produk atau jasa saja. Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan untuk membuat konten yang menarik. Mudah bukan?

Menggunakan Digital Marketing

Selain sosial media, Anda juga dapat menerapkan digital marketing. Digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah brand atau pun produk/jasa menggunakan media elektronik atau digital.

Jika Anda tidak bisa menggunakan digital marketing, Anda juga dapat menggunakan jasa perusahaan e-commerce yang menjual jasa digital agency yang dapat membantu mengembangkan usaha Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung untuk melakukan kegiatan pemasaran. adapun teknik pemasaran dalam digital marketing seperti search engine optimization (SEO), billboard eletronik, iklan televisi dan radio, email marketing.

Gunakan Aplikasi

Selain itu, sekarang juga banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan. Misalnya saja aplikasi akuntansi, aplikasi pembukuan, aplikasi e-commerce, aplikasi administrasi, dan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang ada juga perlu Anda manfaatkan dalam pengelolaan usaha Anda.

Dengan menggunakan aplikasi, Anda dapat menghemat biaya, waktu, dan juga tenaga. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga memberikan kenyamanan dalam penggunaannya.

Misalnya aplikasi aplikasi e-commerce yang bisa membantu Anda menjual produk Anda dengan mudah melalui mobile. Atau aplikasi atau software akuntansi yang memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis, sekaligus mempermudah Anda membuat pembukuan bisnis.

Mobile Friendly

Tingginya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya juga perlu Anda perhatikan. Anda perlu menyesuaikan strategi pemasaran dengan tampilan yang mobile friendly. Sehingga akan lebih banyak orang yang melihat toko online Anda.

Untuk menjaring banyak pengunjung yang menggunakan smartphone, maka website Anda juga harus didesain sesuai dengan smartphone yang dimiliki banyak orang.

Caranya tentu saja dengan membuat website Anda menjadi mobile friendly. Kemudian, aturlah informasi yang ada dalam website Anda menjadi selalu update, menarik, dan memiliki tampilan yang fresh.

Tag : #teknologi    #tips    #bisnis    #online    #digital    #umkm    #pemula   

Baca Juga