Ilustrasi parkiran mobil yang sedang padat (suara.com)

Berikut Cara Parkir Mobil yang Baik dan Aman

Dimas | Otomotif | 16-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Tak jarang para pengemudi mobil merasa bahwa memarkirkan mobil adalah sebuah tantangan yang besar, khusunya bagi para pemula. Sebab, beberapa pengemudi takut melakukan kesalahan-kesalahan dalam memarkirkan mobil, seperti menabrak tiang pembatas, menyenggol mobil lain, dan berbagai kesalahan lainnya.

Tekadang, memarkirkan mobil memang terasa begitu sulit. Apalagi jika area parkir sangat sempit atau sedang dalam kondisi yang padat. Selain itu, area parkir yang menanjak dan menurun juga menjadi salah satu penyebab pengemudi sulit untuk memarkirkan mobil.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, Parboaboa akan berikan tips atau cara memarkirkan mobil yang baik dan aman. Agar Anda bisa meminimalisir kesalahan saat hendak parkirkan mobil.

Cara Parkir Mobil yang Baik dan Aman

1. Cara parkir mobil yang umum atau normal

Langkah pertama cara parkir mobil yang benar adalah menilai jarak area parkir mobil. Bila sudah, mundurlah pelan-pelan pastikan untuk memberi jarak yang cukup antara sisi belakang atau samping mobil Anda tidak kesulitan saat keluar dari mobil. Kemudian, atur posisi mobil dengan benar dan Anda harus tahu kapan harus pindah transmisi gigi 1 atau gigi mundur (R) dan tentunya saat menginjak rem.

Selain itu, amati keadaan sekitar melalui spion serta area bahu untuk memastikan keadaan di belakang mobil pada saat parkir mobil. Jangan terlalu mengandalkan sensor parkir untuk memandu, sebab sensor tersebut seringkali tidak akurat. Hindari berhenti tiba-tiba pada saat mencari tempat parkir.

2. Cara parkir mobil tegak lurus

Cara parkir mobil tegak lurus yang benar adalah dengan menyamakan posisi kaca spion mobil Sahabat dengan mobil di samping. Selain itu pastikan bumper depan mobil sudah dekat dengan pembatas area parkir di depan. Periksalah untuk memastikan agar sisi samping mobil Anda tidak tepat berada di atas garis pembatas area parkir.

3. Cara parkir mobil miring

Parkir dengan sudut seperti ini merupakan cara parkir mobil yang mudah untuk dilakukan, termasuk untuk pemula. Tak heran jika banyak pebisnis parkir menggunakan parkir jenis ini. Apalagi banyak ruang kosong yang mempermudah mobil masuk.

Langkah yang pertama yang mesti dilakukan adalah sejajarkan arah mobil dengan garis parkiran. Selanjutnya pindahkan transmisi ke gigi mundur (R). Setelah itu luruskan mobil dalam posisi 45 derajat, lalu mundurlah secara perlahan.

3. Cara Parkir Mobil Paralel

Parkir mobil secara pararel merupakan salah satu cara parkir yang terbilang rumit. Hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah ruang untuk parkirnya. Pastikan sudut bagian belakang mobil terparkir dengan baik dan jangan sampai bersenggolan dengan kendaraan lain.

Silahkan Anda masukan gigi mundur, lalu putarlah setir mobil ke arah tempat parkir. Langsung saja mundurkan mobil secara perlahan dan putarlah kemudi sesuai dengan arah yang ingin dituju. Pastikan posisi mobil sejajar dengan yang di depan dan belakangnya.

4. Cara Parkir Mobil Mundur Menanjak

Ketika akan parkir di jalanan yang menanjak, tentu Anda akan merasakan khawatiran yang tinggi. Anda pasti takut mobil akan meluncur ke bagian bawah dan menabrak mobil lainnya. Cara untuk parkirkan kendaraan di jalan menanjak adalah dengan membelokkan ban. Jika ban berbelok, maka mobil tidak akan meluncur lurus ke bawah. Untuk keselamatan mobil, maka posisi ban haruslah dibelokkan mengikuti kondisi jalannya.

Saat memundurkan mobil di jalanan yang menanjak, Anda perlu mempelajari teknik khusus terlebih dahulu dengan pengemudi yang telah berpengalaman.

5. Cara parkir mobil di jalan menurun

Untuk jalan menurun, Anda juga harus membelokkan ban ke sisi kiri, ini berlaku jika jalan memiliki trotoar (halangan) ataupun tidak memiliki trotoar.

Membelokkan ban ke posisi kiri, mencegah mobil meluncur turun ke bawah mengikuti jalan yang bisa sebabkan mobil menabrak. Maka dari itu, dengan membelokkan ke kiri maka mobil tidak akan meluncur ke depan tetapi berbelok 90 derajat ke arah kiri. Sehingga, dapat mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah informasi seputar cara parkir mobil yang baik dan aman. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #parkir mobil    #otomotif    #parkir paralel   

Baca Juga