Ilustrasi

Tips Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Vidio di Facebook

Wanovy | Teknologi | 23-09-2021

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling sering diakses, di sini pengguna tidak cuma bisa berbagi momen dan melihat kegiatan teman tapi juga menemukan beragam konten hiburan, termasuk vidio.

Video menjadi salah satu elemen penting pada layanan media sosial akhir-akhir ini. Namun, pemutaran video mengonsumsi data internet paling besar dibandingkan konten lain seperti teks dan foto.

Konten video dikenal memiliki konsumsi kuota internet yang lebih besar dibandingkan foto atau sekadar teks. Makanya konten ini disebut paling menyedot kuota internet. Di media sosial ada banyak konten video yang dibagikan, tidak cuma dari teman tapi grup atau forum Facebook yang kita ikuti.

Namun, tidak semua orang memiliki kuota internet yang besar, sekalipun mereka berlangganan paket kuota khusus untuk Facebook tapi biasanya mereka tetap ingin berhemat.

Ada beberapa cara untuk menghemat kuota salah satunya dengan menurunkan kualitas resolusi video dengan mengaktifkan mode penghemat data. Berikut adalah tips menghemat kuota internet saat menonton vidio di Facebook :

  • Masuk ke aplikasi Facebook di smartphone kemudian pilih ikon tiga garis yang ada di deretan kanan atas pada tampilan Facebook.
  • Di halaman menu baru yang muncul, geser ke bawah dan tekan menu Pengaturan & Privasi sehingga muncul menu lagi dan pilih Pengaturan.
  • Di halaman selanjutnya pilih menu Media
  • Anda akan diperlihatkan halaman menu yang baru, di sini tekan menu bertuliskan Penghemat Data sehingga mode ini aktif dengan tanda centang biru. Kini mode Penghemat Data sudah aktif, sekarang Anda bisa kembali ke halaman awal dan menonton beragam konten video di Facebook.

Pada halaman bagian akhir tadi juga tersedia menu Dioptimalkan. Apabila menu ini aktif maka kualitas resolusi video akan menyesuaikan kondisi jaringan, saat sinyal atau jaringan internet kurang bagus maka resolusi video akan turun menjadi sangat rendah dan mungkin kurang enak ditonton.

Tak hanya itu, ada lagi cara lain untuk menghemat kuota saat mengakses vidio di Facebook. Biasanya layanan media sosial semacam Facebook, Instagram, dan Twitter, memutar video secara otomatis alias autoplay ketika pengguna membuka aplikasi. Padahal, tak semua video yang dibagi teman menarik untuk ditonton.

Mekanisme ini bisa dibilang tak efisien. Nah, Anda sejatinya bisa menyetel pengaturan pada aplikasi media sosial agar menyetop mekanisme autoplay. Penyetelan itu akan membuat Anda mengonsumsi data lebih cerdas dan bijak, karena cuma video yang ingin ditonton yang menguras data.

Untuk pengguna iPhone, cara menyetop autoplay cukup dengan menekan ikon menu burger (tiga garis menumpuk) pada sisi kanan bawah antarmuka aplikasi Facebook.

Selanjutnya pilih "Settings" lalu "Account Settings". Gulir layar ke bawah hingga Anda menemukan pilihan "Videos and Photos". Temukan opsi "Autoplay" dan klik "Never Autoplay Videos".

Sementara itu, untuk pengguna Android, cara mengubah setelah autoplay lebih simpel. Pengguna cukup menekan ikon burger di sisi kanan atas antarmuka aplikasi Facebook. Lantas, gulir ke bawah untuk menemukan opsi "Autoplay" dan pilih "Never Autoplay Videos".

Tag : #teknologi    #tips    #trik    #facebook    #hemat    #kuota   

Baca Juga