Ilustrasi baret pada bodi mobil (carsome.id)

Tips Menghilangkan Baret atau Goresan Pada Bodi Mobil

Dimas | Otomotif | 15-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Bagi Anda para pengguna mobil, tentunya berharap mobil bisa mengkilap tanpa baret ataupun goresan. Maka dari itu, Anda pasti sering melihat para pemilik mobil terus memperhatikan dan melakukan perawatan pada cat bodi mobil mereka.

Namun begitu, tak jarang juga para pengguna mobil melakukan kesalahan kecil dapat membuat bodi mobil menjadi tergores atau baret, seperti tidak berhati-hati saat memarkirkan mobil, melewati jalan yang banyak ranting pohon, serta menyenggol kendaraan lain saat berkendara.

Selain akibat dari kesalahan para pengguna mobil, goresan atau baret pada mobil bisa juga disebabkan oleh kotoran yang ada di jalanan. Kotoran yang menjadi kerak dan mengeras akan membuat bodi pada mobil terlihat seperti tergores atau baret.

Cara Menghilangkan Baret atau Goresan Pada Bodi Mobil

1. Menghilangkan dengan Obat Nyamuk

Obat nyamuk tak hanya memiliki fungsi untuk membunuh nyamuk saja, tetapi juga berfungsi sebagai penghilang baret pada bodi mobil. Bahan yang terkandung dalam obat nyamuk bisa menghilangkan baret pada area bodi mobil.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menakar obat nyamuk terlebih dahulu agar pas sewaktu digunakan. Apabila obat nyamuk telah ditakar tuangkan pada lap yang bersih dengan material yang halus.

Pastikan lap yang digunakan benar-benar kering, agar kandungan obat nyamuk tidak hilang dan hasil yang didapat maksimal.  Langkah selanjutnya apabila telah menuang obat nyamuk pada lap, usapkan pada area mobil yang baret secara merata dan tunggu selama 15 hingga 20 menit.

2. Menggunakan Kompon

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan  kompon, krim ini sangat ampuh menghilangkan goresan pada bodi mobil. Jika baret yang didapat ringan, Anda dapat menggunakan kompon berwarna putih karena terbukti ampuh.

Sama seperti cara yang pertama, langkah selanjutnya adalah siapkan kain bersih dan kering. Kemudian  dilanjutkan dengan membersihkan area yang tergores memakai air, hal ini dilakukan demi mengangkat kotoran yang membandel.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membersihkan bagian yang tergores dengan menggunakan air untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel. Kemudian bersihkan air yang sudah dituang tadi menggunakan lap hingga kering.

Supaya cat mobil tidak terkelupas, proses mengompon dilakukan dengan ringan dan perlahan. Tak lupa dibilas menggunakan air agar bekas kompon hilang.

3. Menggunakan Minyak Rem

Minyak rem tak hanya memiliki fungsi untuk melumasi sistem pengereman, tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan baret di bodi mobil. Sebelum di oleskan pada bodi, persiapkan dulu kanebo kering agar bodi tidak lecet.

Untuk memulai memoles bodi, langkah awal yang harus otolovers lakukan adalah menuangkan minyak rem pada kanebo kering. Tuangkan minyak rem dengan takaran yang pas, sebelum pengolesan. Jika Anda tidak memiliki kanebo, sebenarnya dapat langsung menuang langsung di area bodinya, namun, harus lebih berhati-hati agar tidak melebar kemana-mana.

Akan tetapi Anda disarankan agar tetap menggunakan kanebo pada tahap ini guna menghindari kejadian yang tak di inginkan dan disusul dengan pembersihan menggunakan air bersih dan lap kering.

4. Menggunakan Tipe Wax

Tipe wax dapat digunakan hanya pada goresan yang halus, selain itu tipe wax memiliki 2 tipe yaitu padat dan cair. Fungsi tipe wax ini menyamarkan karena mengandung bahan yang bersifat abrasif.

Anda disarankan agar lebih berhati-hati apabila menggunakan yang tipe cair, karena jika terlalu keras menggosoknya akan menambah goresan baru. Sedangkan untuk tipe padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, jadi aman untuk diaplikasikan.

5. Menggunakan Pasta Gigi

Cara menghilangkan baret atau goresan pada bodi mobil yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi sangat ampuh, terutama untuk bodi mobil yang berwarna gelap. Pasta gigi merupakan alat yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan baret pada mobil hitam karena bodi mobil berwarna hitam akan sangat terlihat ketika tergores.

Awalnya, menghilangkan baret mobil dengan pasta gigi merupakan cara yang dianggap sebagai sebuah mitos dan disepelekan oleh sebagian orang. Namun, ternyata pasta gigi memang sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan baret. Bahkan, pasta gigi juga bisa dijadikan alat alternatif untuk membersihkan bodi ketika kompon atau kit habis.

Cara menghilangkan baret mobil dengan odol atau pasta gigi sangat mudah. Pertama Anda harus membersihkan bagian mobil yang tergores terlebih dahulu dengan menggunakan air. Pastikan bahwa goresan tersebut bukan disebabkan oleh kotoran yang mengeras.

Selanjutnya, oleskan pasta gigi pada bagian bodi mobil yang tergores. Gosokkan pasta gigi dengan menggunakan kain lap secara melingkar dan hingga pasta gigi menyerap dan baret pada bodi mobil menghilang. Ketika baret pada mobil mulai menghilang, Anda bisa membersihkannya menggunakan air.

Nah, itulah seputar informasi seputar cara menghilangkan baret atau goresan pada bodi mobil yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #bodi mobil    #otomotif    #baret    #goresan pada mobil    #tipe wak    #pasta gigi   

Baca Juga