Ilustrasi tema Ramadan

Memasuki Bulan Suci Ramadan, Ini Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa

Dimas | Kesehatan | 12-03-2022

PARBOABOA – Beberapa minggu ke depan, umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadan. Bulan suci Ramadan sangat istimewa bagi umat muslim. Dikarekan, saat bulan Ramadan umat muslim akan melakukan berbagai macam ibadah dan menjadi ajang untuk memperbaiki diri dan berkumpul bersama keluarga.

Salah satu ibadah wajib yang akan dilaksanakan pada bulan Ramadan yaitu puasa. Puasa merupakan ibadah menahan lapar, haus, serta nafsu dari pagi hingga petang dan dilaksanakan hingga 30 hari penuh.

Untuk itu, banyak hal yang harus dipersiapkan pada saat bulan suci Ramadan. Salah satunya menjaga kesehatan. Apalagi disaat sekarang ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menjaga kesehatan menjadi hal utama yang harus dilakukan agar aktivitas dibulan suci Ramadan seperti puasa dan ibadah lainnya bisa berjalan dengan lancar.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan di bulan suci Ramadan, yakni:

1. Makan Secukupnya

Pada saat puasa, tubuh kembali beradaptasi dengan pola makan, istirahat, dan olahraga yang mengalami perubahan. Hal itu dikarenakan, puasa dilakukan selama 12 jam dan jam makan berubah menjadi sahur dan berbuka. Untuk itu, kita harus memperhatikan asupan makan agar puasa tetap berjalan dengan lancar

Selama berpuasa disarankan untuk makan dengan porsi yang cukup terutama kalori sangat penting untuk diperhatikan.karena, mengkonsumsi kalori yang berlebih setelah berpuasa dapat menimbulkan perut menjadi sesak.

Makan secara bertahap juga sangat dianjurkan agar tubuh tetap sehat. Sebelum makan nasi, bisa mengkonsumsi segelas air putih dan sedikit makanan ringan. Setelah 15 menit, baru dilanjutlan memakan nasi,sayur dan lauk pauk dengan porsi normal.

2. Istirahat yang Cukup

Perubahan pola tidur juga pasti berubah pada saat bulan puasa pastinya. Dikarenakan harus bangun untuk melakukan sahur di tengah malam. Untuk itu,usahakan memenuhi kebutuhan tidur 6-8 jam saat malam hari.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi sangat rentan terjadi pada saat melakukan ibadah puasa. Sebab, selama berpuasa tubuh tidak mengonsumsi air dalam waktu 12 jam. Untuk itu,disarankan untuk minum air putih delapan gelas setiap hari agar tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Minum 8 gelas air dapat dilakukan secara bertahap dimulai dari 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka dan 2 gelas sebelum tidur dimalam hari.

4. Konsumsi Suplemen Tambahan

Pada saat berpuasa tubuh cenderung kekurangan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Selain dari makanan, nutrisi tersebut bisa ditambahi dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin yang bisa di dapatkan di beli di apotek atau di toko penjualan produk kesehatan lainnya.

5. tetap Melakukan Aktivitas

Melakukan aktivitas selama puasa penting dilakukan guna menjaga agar tubuh tidak merasa lelah, mengantuk dan lapar sepanjang hari.

Melakukan aktivitas-aktivitas dapat mengalihkan fikiran untuk tidak merasakan lemas, mengantuk dan lapar selama berpuasa.

Untuk itu, lakukan aktivitas seperti biasa dan bisa juga dibarengi dengan beberapa olahraga ringan

Itulah beberapa tips yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dibulan suci Ramadan agar dapat beribadah dengan nyaman.

Tag : #puasa    #ramadan    #berpuasa    #ibadah    #muslim    #sehat    #kesehatan   

Baca Juga