Tips Merawat Lampu Motor (Dok: moladin.com)

Tips Mudah Merawat Lampu Motor, Sudah Tahu Belum?

Juni | Otomotif | 05-08-2022

PARBOABOA - Lampu menjadi salah satu komponen terpenting bagi seorang pengendara. Setiap kendaraan bermotor dilengkapi dengan lampu sebagai komponen penerangan jalan. Saat berkendara di jalanan gelap dan berlubang, tentunya akan sangat berbahaya jika tak ada penerangan.

Apalagi saat ini lampu motor juga wajib dihidupkan siang hari sesuai aturan yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, perawatan lampu motor perlu diperhatikan.

Seiring bertambahnya usia pemakaian motor, lambat laun lampunya akan semakin redup. Lalu, bagaimana cara merawat lampu motor agar lebih awet dan tahan lama? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Jaga Kondisi Pelindungnya

Hal paling penting dalam perawatan lampu motor adalah merawat bagian pelindungnya sebaik mungkin. Kamu bisa mengantisipasi kerusakannya dengan hati-hati berkendara untuk menghindari kecelakaan yang bisa membuat pelindung lampu terkena benturan dan rusak.

Selain itu, parkir motor di lokasi yang teduh juga menjadi salah satu cara menjaga agar kondisi pelindung lampu tidak cepat menguning.

2. Hindari Air Masuk ke Lampu Motor

Seperti kita ketahui, semua perangkat listrik tentunya tak boleh terkena air karena bisa menyebabkan terjadinya korsleting. Sama halnya dengan lampu motor yang bisa menyala karena berasal dari kelistrikan.

Lakukan pengecekan dan pastikan kondisi penutup lampu sudah terpasang dengan baik. Pastikan juga tidak ada celah-celah yang berukuran cukup lebar, terutama saat kondisi hujan.

3. Jangan Sembarangan Memodifikasi Lampu Motor

Modifikasi motor menjadi kesenangan tersendiri bagi pecinta motor. Berbagai upaya dilakukan demi mendapatkan tampilan motor yang unik dan tentunya berbeda dari yang lain. Lampu motor pun tak luput dari tangan-tangan kreatif tersebut.

Memodifikasi bagian lampu motor tidak bisa dilakukan sembarangan. Alih-alih ingin memperindah tampilan, jangan sampai modifikasi yang dilakukan justru mengakibatkan lampu motor korsleting atau bahkan mati.

Demikian informasi mengenai tips merawat lampu motor agar lebih awet. Yuk, mulai sekarang lebih peka untuk melakukan perawatan intensif pada lampu motor Anda!

Tag : #lampu motor    #cara merawat lampu motor    #otomotif    #tips    #tips otomotif   

Baca Juga