Velg Sepeda Motor (Foto: Parboaboa/Juni S)

Tips Merawat Velg Motor Agar Tetap Awet

Juni | Otomotif | 26-08-2022

PARBOABOA – Velg adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berkaitan langsung dengan faktor kenyamanan berkendara. Jika velg rusak, motor tidak akan mampu melaju dengan sempurna.

Tak hanya itu, velg motor juga ternyata bisa menambah daya tarik. Jika velg terawat, tentunya motor bakal lebih enak dilihat. Namun, banyak pemilik motor yang sering lupa mengecek kondisi velg pada kendaraannya.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara merawat velg motor agar tetap awet? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Jaga Kebersihan Velg Motor

Kondisi velg yang bersih bukan hanya membuat tampilan motor jauh lebih menawan, tapi juga menghindari dari terjadinya korosi atau karatan. Terlebih jika Anda baru saja berkendara menerobos hujan . Air hujan yang mengenai velg motor dapat menyebabkan komponen tersebut berkarat dengan cepat.

2. Tekanan Angin Ban

Tekanan angin ban sangat berpengaruh pada fungsi serta keawetan velg motor. Semakin kecil tekanan udara, maka semakin besar peluang kerusakan pada velg akibat sering terkena benturan dengan batu atau lubang di jalanan.

Selain itu, sebaiknya hindari jalan berlubang saat berkendara karena akan menyebabkan benturan antara ban dengan aspal. Jika benturan terlalu keras, bisa menyebabkan velg bengkok atau bahkan retak.

3. Sesuaikan Ukuran Ban dengan Velg

Sebaiknya hindari menggunakan ban dengan ukuran yang melebihi diameter velg. Karena bisa mempengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan roda. Pilihlah velg yang asli keluaran pabrik, atau velg bermerek resmi atau berkualitas baik.

4. Setel Velg Motor Secara Berkala

Khusus untuk velg motor berjari, Anda perlu menyetel secara berkala agar jari-jari pada velg tetap kokoh dan nyaman saat digunakan berkendara. Karena umumnya, kekokohan jari-jari pada velg akan menurun seiring penggunaan.

Idealnya, 6 bulan adalah waktu paling tepat yang direkomendasikan untuk melakukan penyetelan pada velg. Akan tetapi, tak ada salahnya jika Anda ingin melakukannya setiap sebulan sekali. Terlebih jika Anda baru saja melewati jalanan berkerikil, berlubang, atau jalanan rusak lainnya.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat velg motor agar tetap awet. Bagaimana, sudahkah Anda mengecek velg motor kesayangan Anda dengan rutin?

Tag : #velg motor    #sepeda motor    #otomotif    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga