Skuter Matic (Foto: sindonews.com)

Ketahui 5 Tips Modifikasi Skuter Matic Agar Lebih Irit BBM

Juni | Otomotif | 10-09-2022

PARBOABOA – Skuter matic merupakan kendaraan bermotor yang menjadi pilihan banyak orang karena penggunaannya yang lebih praktis. Namun sayangnya, skuter matic lebih banyak menggunakan bahan bakar.

Hal itu disebabkan oleh perputaran mesin yang lebih tinggi agar CVT dapat memutar ban untuk bergerak. Ditengah naiknya harga bahan bakar minyak (BBM), tentu pengeluaran untuk BBM pengguna skuter matic juga semakin tinggi.

Tapi ternyata, ada beberapa tips modifikasi yang bisa dilakukan agar skuter matic lebih irit. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Menggunakan Ban yang Lebih Ramping

Modifikasi ban skuter matic umumnya dilakukan dengan mengganti ban standar dengan ukuran yang lebih lebar. Hal itu bisa dilakukan jika pemilik menginginkan tampilan yang sporty atau performa yang lebih baik saat di tikungan.

Tapi sebaliknya, jika prioritas kamu adalah untuk menghemat konsumsi BBM, maka modifikasi dilakukan degan menggunakan ban yang lebih ramping. Karena ban yang lebih ramping memiliki rolling resistance atau hambatan gulir lebih rendah, sehingga membuat kinerja mesin menjadi lebih ringan.

2. Gunakan Busi Berkualitas

Konsumsi BBM kendaraan juga dipengaruhi oleh proses pembakaran yang terjadi dalam mesin. Terkait hal itu, busi memegang peran yang sangat penting. Umumnya, busi standar yang dipakai pada sepeda motor adalah berbahan nikel.

Penggantian busi dengan yang lebih berkualitas diyakini bisa memperbaiki konsumsi BBM. Hal tersebut akan membuat proses pembakaran yang terjadi lebih sempurna.

3. Mengganti Roller yang Lebih Ringan

Roller merupakan bagian dari tansmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang dipakai pada motor matic. Komponen yang satu ini memiliki kontribusi terhadap konsumsi BBM. Memakai roller yang lebih ringan bisa membuat motor matic lebih irit bensin.

Untuk penggunaan sehari-hari, maka cukup menurunkan 1 hingga 2 gram dari ukuran roller bawaan pabrikan. Roller yang lebih ringan turut meringankan kinerja mesin pada putaran-putaran bawah. Pengendara tidak perlu membuka gas terlalu besar untuk membuat skuter matic melaju.

4. Jaga Bobot Sepeda Motor

Bobot sepeda motor juga berkaitan dnegan konsumsi BBM. Makin berat bobotnya, maka mesin butuh usaha lebih keras yang akhirnya membuat konsumsi BBM lebih boros. Sebaliknya, apabila skuter matic semakin ringan, maka konsumsi BBM bisa ditekan.

5. Pasang Tachometer untuk Panduan Eco Riding

Tachometer berfungsi untuk menunjukkan putaran mesin dalam satuan Rotation Per Minutes (rpm). Komponen ini memang tak serta merta membuat konsumsi bahan bakar lebih irit, namun bisa dianggap sebagai panduan dalam berkendara.

Sejumlah sumber mengatakan, saat seorang pengendara bermain di putaran mesin antara 3.500-6.000 rpm, maka konsumsi BBM dapat lebih terjaga.

Itulah tadi lima tips agar penggunaan BBM skuter matic lebih irit. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Tag : #Skuter matic    #modifikasi motor matic    #Otomotif    #tips    #BBM    #Motor irit   

Baca Juga