Ilustrasi proses belajar anak (Dok: .rsmeilia.co.id)

Tips Tingkatkan Minat Belajar Anak, Wajib Dicoba!

Dimas | Pendidikan | 04-07-2022

PARBOABOA – Memotivasi anak agar terus memiliki minat belajar yang tinggi bukanlah hal yang mudah, apalagi saat anak mulai aktif bersekolah.  

Saat menginjak dunia sekolah, anak tentu akan mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan belajar yang dinilai sangat membosankan.

Di fase inilah para orang tua memang cukup kerepotan, karena tidak semua anak memiliki rasa ingin tahu dan belajar yang antusias.

Oleh karena itu, Parboaboa akan memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan para orang tua untuk meningkatkan minat belajar pada anak.

Tips Tingkatkan Minat Belajar Anak

1. Lakukan Komunikasi dengan Anak

Komunikasi yang baik dengan anak, ternyata dapat meningkatkan semangat belajarnya. Tujuan komunikasi ini adalah agar orang tua paham betul, apa yang menyebabkan anak malas belajar.

Cobalah berkomunikasi sedikit demi sedikit, agar anak memahami pentingnya pendidikan. Komunikasi yang kurang baik dari orang tua, dapat membuat anak menjadi nakal, dan salah pergaulan.

2. Pahami Sistem Belajar yang Sesuai dengan Anak

Cobalah mengatur ruang belajar, dan mendiskusikan jadwal untuk belajar pada anak. Sebagai orang tua, terkadang kita terlalu memaksakan kehendak, bahwa anak harus selalu belajar setiap saat. Hal ini bisa menjadi kurang efektif bagi sistem pembelajarannya.

Dengan mendiskusikan jadwal, dan ruangan belajar, akan membuat ia lebih semangat dan bertanggung jawab. Dengan demikian akan tumbuh inisiatif anak, untuk rajin belajar.

3. Ajak Anak Berdiskusi Tentang Tujuan Belajar

Kebanyakan anak tidak mengerti makna, dan manfaat dari materi yang ia pelajari. Disini peran orang tua diperlukan, untuk membantu anak, mengenali tujuan belajarnya.

Anda dapat berdiskusi dengan suatu sistem pembelajaran, yang membuatnya menjadi tertarik. Cara ini dinilai efektif dalam membangun semangat dan rasa percaya diri pada anak.

4. Hindari Terlalu Menenkan Anak dalam Belajar

Beberapa orang tua, sering emosi dalam mengajarkan sebuah sistem belajar pada anak. Hal ini ternyata sangat tidak baik untuk kualitas belajarnya. Ekspresi emosi dan kecewa pada orang tua, akan membuatnya menjadi seorang yang pesimis.

Sesekali, anda bisa memberikan sesuatu untuk penghargaan, atas kemajuan belajar yang ia capai. Hal ini akan membuatnya merasa dihargai, dan selalu memiliki semangat dalam proses belajarnya.

5. Ikut Terlibat dalam Proses Belajar Anak

Keterlibatan orang tua dalam proses belajar, ternyata membawa dampak yang begitu signifikan. Dengan hal ini, para orang tua bisa menunjukkan kepeduliannya kepada anak terkait aktivitas belajarnya.

Namun di saat anak sudah menginjak masa remaja, maka cara ini tidak efektif dalam sistem belajarnya. Pasalnya, anak yang memasuki usia remaja akan cenderung merasa terganggu, jika para orang tua terlalu banyak bertanya.

Apabila anak sudah memasuki usia remaja, cobalah sedikit memberikan keleluasaan dalam proses belajar. Hal ini bertujuan agar anak tidak terlalu merasa diinterogasi.

Nah, itulah seputar informasi mengenai tips meningkatkan minat belajar anak yang telah dirangkum oleh Parboaboa. Para orang tua bisa melakukan beragam tips yang dijelaskan di atas guna menambah motivasi anak dalam belajar. Semoga membantu!

Tag : #belajar    #tips    #pendidikan    #komunikasi    #sekolah   

Baca Juga