Tragedi Pesta Halloween di Itaewon, 151 Orang Tewas, 82 Luka-luka

Maharani | Internasional | 30-10-2022

Jenazah para korban himpitan massa di distrik Itaewon Seoul dijajarkan dan ditutup plastik. (Foto: AFP/Jung Yeon-je)

PARBOABOA, Jakarta – Sedikitnya 151 orang tewas dan 82 lainnya mengalami luka-luka pada saat merayakan pesta Halloween di distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel), Sabtu (29/10/2022).

Seperti dilansir dari AP News, Minggu (30/10/2022), diperkirakan mencapai 100 ribu orang yang berkumpul untuk merayakan Halloween.

Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Distrik Yongsan-gu, Choi Seong Bum, menjelaskan kemungkinan korban tewas hingga ratusan orang akibat berdesak-desakan dan terinjak-injak.

Choi Seong Bum juga mengatakan, korban yang tewas atau terluka sebagian besar adalah remaja dan orang-orang berusia 20-an tahun.

Menurutnya, korban tewas bisa meningkat lebih lanjut karena terdapat 19 orang di antara mereka yang terluka dan berada dalam kondisi kritis.

Sebanyak 848 personel, termasuk 364 petugas pemadam kebakaran dan 142 ambulans dikerahkan untuk menangani tragedi mengerikan itu.

Presiden Korsel Yoon Suk Yeol segera melakukan pertemuan darurat, pada Minggu (30/10/2022), sebagai respons atas tragedi terparah di acara Halloween Korsel tersebut.

“Tragedi yang seharusnya tidak boleh terjadi di tengah kota Seoul pada pesta Halloween tengah malam. Saya berdoa untuk para korban meninggal dalam kejadian yang amat tak terduga ini dan berharap bahwa yang luka-luka segera pulih,” ujar Yoon ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (30/10/2022).

Untuk diketahui, warga yang bersuka ria membanjiri distrik Itaewon, untuk menikmati perayaan Halloween pertama di Korsel sejak pembatasan kerumunan atau social distancing dan aturan penggunaan masker wajah yang diberlakukan karena pandemi Covid-19.

Tag : #tragedi pesta halloween    #itaewon    #internasional    #151 korban tewas    #82 luka-luka    #halloween    #seoul    #korea selatan   

Baca Juga