Transjakarta akan Operasikan 26 Bus Listrik Baru Tahun Depan

Bus listrik Transjakarta. (Foto: Instagram aniesbaswedan)

PARBOABOA, Jakarta – Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) bersama PT Transjakarta akan mengoperasikan 26 bus listrik baru mulai bulan Juli 2023 mendatang.

Rencana tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara kedua pihak yang dilaksanakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (28/12/2022) kemarin.

"Saat ini Perum PPD, berupaya bertransformasi dengan menyediakan bus listrik yang akan dioperasikan Transjakarta. Untuk tahap awal akan dioperasikan sebanyak 26 unit bus listrik dan akan beroperasi pada Juli 2023," ujar Direktur Perum PPD, Joni Prasetiyanto, Rabu (28/12/2022) kemarin.

Kerja sama tersebut didukung oleh PT Kendaraan Listrik Indonesia atau Skywell dan Perum Damri untuk percepatan sinergi.

"Tentunya kami juga didukung oleh PT Kendaraan Listrik Indonesia atau lebih dikenal dengan Skywell, juga didukung kerja sama operasi dengan Perum Damri sebagai bentuk percepatan sinergi," imbuhnya.

Sementara dari pihak PT Transjakarta, Direktur Utama PT Transjakarta, Yana Aditya mengatakan bahwa rencana awal, pihaknya menargetkan 100 bus listrik akan dioperasikan pada tahun 2022 ini.

Oleh karena itu, 26 bus yang akan ditandatangani merupakan bagian kecil dari target tersebut.

"Kami dan Perum PPD akan menandatangani 26 bus listrik. Ini merupakan bagian dari 100 bus listrik yang direncanakan dioperasikan pada 2022. Ini akan menambah jumlah unit yang dioperasikan oleh Perum PPD," kata Yana.

Sampai saat ini, bus listrik yang telah dioperasikan berjumlah 56, dimana sebelumnya sebanyak 30 bus telah dioperasikan lebih awal.

Meski begitu, PT Transjakarta masih akan mengejar target untuk beberapa hari ke depan sebelum tahun 2022 berakhir untuk mengoperasikan puluhan bus listrik lainnya.

"Iya, akan terus dikejar hingga beberapa hari," pungkas dia.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS