Setelah Menanti 19 Tahun, Trofi Thomas Cup Akhirnya Mampir ke Indonesia

Setelah Menanti 19 Tahun, Trofi Thomas Cup Akhirnya Mampir ke Indonesia

Sondang | Olahraga | 05-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Trofi Thomas Cup akhirnya sampai di Indonesia tepatnya di Jakarta pada Jumat (5/11) petang. Trofi tersebut kemudian langsung dibawa ke Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

Trofi Thomas Cup dikirim langsung oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Trofi Thomas Cup diserahkan oleh Kabid Pengembangan Daerah PP PBSI Sudarto Adinagoro kepada manajer tim Eddy Prayitno, yang kemudian memberikan kepada pahlawan kemenangan, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Seperti diketahui, Indonesia berhasil menjuarai Thomas Cup 2020 (2021) setelah menanti 19 tahun lamanya. Hal itu di awali dengan kemenangan telak 5-0 atas Aljazair saat laga perdana grup A pada 9 Oktober 2021.

Indonesia kemudian sukses mengalahkan lawan terkuat di Grup A yaitu Thailand dengan skor 3-2 di laga kedua. Pada laga terakhir Grup A, Indonesia mampu mengalahkan Taiwan dengan skor 3-2.

Indonesia kemudian berhasil lolos ke perempat final dengan status juara Grup A usai mencatatkan tiga kemenangan. Di perempat final, Indonesia sukses mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0 pada 15 Oktober 2021.

Indonesia langsung menyapu bersih tiga partai awal melawan Malaysia dengan kemenangan yaitu lewat Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon, dan Jonatan Christie.

Selanjutnya di semifinal, Indonesia sukses mengalahkan tuan rumah Denmark dengan skor 3-1, Sabtu (16/10).

Sempat kalah di partai pertama setelah Anthony Sinisuka Ginting takluk dari Viktor Axelsen, Indonesia mampu bangkit dan menyapu bersih tiga partai selanjutnya dengan kemenangan.

Indonesia menang lewat ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon, tunggal putra Jonatan Christie, dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Selanjutnya, di final Thomas Cup Indonesia sukses mengalahkan China dengan skor 3-0 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, pada 17 Oktober.

Di final, Indonesia membuka kemenangan atas China lewat tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Lu Guang Zu dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-16.

Indonesia berhasil meraih kemenangan kedua melalui ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Fajar/Rian sukses menaklukkan pasangan China dengan dua gim langsung 21-12 dan 21-19.

Kontingen Indonesia akhirnya berhasil memastikan kemenangan 3-0 atas China lewat keberhasilan Jonatan Christie mengalahkan Li Shi Feng dengan skor 21-14, 18-21, 21-14.

Tag : olahraga, trofi thomas cup, jonatan christie, anthony sinisuka ginting

Berita Terkait