Tujuan gerakan menangkis adalah membendung setiap pukul dan tendangan (Foto: kemenlu.go.id)

Tujuan Gerakan Menangkis Adalah Membendung Serangan Lawan, Ini Teknik dan Penjelasannya!

Andre | Pendidikan | 10-06-2022

PARBOABOA - Dalam seni bela diri pencak silat, tujuan gerakan menangkis adalah untuk membendung setiap pukul dan tendangan dari lawan. Gerakan ini termasuk bentuk mempertahankan diri sekaligus mencegah musuh mendapatkan skor.

Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Pada awalnya, pencak silat adalah gerakan yang digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan binatang buas dan orang jahat.

Seiring perkembangannya, kini pencak silat berkembang pesat hingga dijadikan sebagai seni bela diri yang dilombakan di berbagai kejuaraan, baik nasional maupun tingkat internasional.

Saat bertanding, setiap pesilat harus menguasai beberapa skill dan kemampuan, yakni menyerang , menjatuhkan, dan mengunci.

Tujuan Gerakan Menangkis dalam Pencak Silat

Adapun tujuan gerak menangkis adalah membendung setiap pukulan dan tendangan yang dilayangkan oleh lawan.

Nah, dalam peraturan cetak skor pada pencak silat nilai 1 akan diberikan jika elakan atau tangkisan berhasil dan disusul dengan pukulan yang berhasil masuk ke dalam area tubuh lawan.

Untuk mengenalinya, berikut adalah beberapa teknik tangkisan pada cabang olahraga pencak silat.

Teknik Tangkisan

Mengutip buku Pencak Silat (2015) karya Erwin Setyo Kriswanto, S.Pd., M.Kes.AIFO, tangkisan adalah upaya pembelaan yang dilakukan dengan cara kontak langsung bagian anggota badan dengan serangan, misalnya tangan, lengan, siku dan kaki.

Kontak langsung bertujuan untuk membendung atau menghalau serangan lawan. Teknik ini merupakan salah satu bentuk teknik pertahanan dalam pencak silat.

1. Tangkisan Satu Lengan

Teknik gerakan menangkis ini merupakan teknik mengangkis segala seragann hanya dengan satu tangan. Teknik ini terdiri atas 4 jenis, yaitu:

  • Tangkisan Luar: gerakan menangkis yang sejajar dengan bahu dan dilakukan dari dalam ke arah luar menggunakan satu lengan. Tangkisan ini cocok untuk menghadang serangan lurus.
  • Tangkisan Dalam: gerakan menangkis sejajar dengan bahu yang dilakukan dari luar hingga ke dalam.
  • Tangkisan Atas: tangkisan ini berfungsi untuk melindungi kepala dari serangan. Gerakan menangkis ini dilakukan dari bawah ke atas, sementara tangan lainnya melindungi dada.
  • Tangkisan Bawah: tangkisan ini berguna untuk melindungi bagian kaki dan paha. Gerakan menangkis ini dilakukan dari atas ke bawah dan tangan lainnya melindungi dada.

2. Tangkisan Dua Lengan

Seperti namanya, gerakan menangkis ini dilakukan menggunakan dua lengan dengan cara meletakkan dua lengan di depan dada. Teknik ini terdiri dari empat cara, yaitu:

  • Tangkisan sejajar dua lengan atas atau tinggi
  • Tangkisan belah tinggi atau rendah
  • Tangkisan silang
  • Tangkisan buang samping

3. Tangkisan Siku

Seperti yang diketahui, tujuan gerakan menangkis adalah untuk membendung serangan lawan. Nah, teknik tangkisan ini sedikit berbeda dengan gerakan lainnya karena menggunakan siku lengan bagian dalam.

Untuk melakukannya, butuh keseimbangan kuat karena satu kaki lainnya menutup serangan lawan.

Terdapat empat jenis tangkisan siku, yaitu siku dalam tinggi, siku dalam rendah, siku luar tinggi, dan  siku luar rendah.

Saat melakukan teknik tengkisan siku, pesilat harus dalam posisi berdiri tegak menghadap pukulan. Posisi kedua lengan mengepal di depan dada. Lalu, posisi kaki rapat dan kedua telapak kaki membentuk sudut kurang lebih 45 derajat.

4. Tangkisan Kaki

Tangkisan kaki efektif digunakan untuk menahan serangan kaki musuh yang mengarah ke tubuh bagian bawah. Teknik ini dilakukan dengan cara menggerakkan lutut ke atas sesuai dengan arah serangan lawan.

Tangkisan kaki terdiri atas tangkisan kaki tutup samping, tangkisan kaki tutup depan, tangkisan kaki tutup buang luar, dan tangkisan kaki busur luar dan dalam.

Dapat disimpulkan, tujuan gerakan menangkis adalah menahan serangan lawan dan sebagai bentuk pertahanan diri agar tidak mengenai sasaran membahayakan. Untuk melakukannya dengan baik, dibutuhkan kuda-kuda yang kuat dan persiapan yang matang. Semoga membantu!

Tag : #pencak silat    #seni bela diri    #olahraga    #tujugan gerakan menangkis adalah    #teknik menangkis   

Baca Juga