10 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan!

Penulis : Wulan | Olahraga | 09-12-2022

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani (Foto: Shutterstock)

PARBOABOA – Latihan kebugaran jasmani merupakan aktivitas olahraga yang penting untuk membentuk daya tahan tubuh. Adapun tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah melatih keseimbangan otot dan dapat membakar kalori tubuh dengan cepat. Lantas, apa saja tujuan dan manfaat kebugaran jasmani?

Latihan kebugaran jasmani diperlukan seseorang untuk dapat membentuk tubuh maupun menurunkan berat badan. Dengan memiliki jasmani yang bugar, maka akan sangat berguna dalam beraktivitas, tidak membuat cepat lelah, merawat kulit agar lebih bersih dan masih banyak lagi.

Nah, agar lebih mengetahuinya, berikut ini Parboaboa.com rangkum tujuan utama latihan kebugaran jasmani yang harus kamu ketahui!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Latihan kebugaran jasmani berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kamu melakukan latihan ini secara teratur, maka akan membuat daya tahan tubuh lebih kuat.

Selain itu, latihan kebugaran jasmani juga dapat mencegah terkena, baik itu ringan maupun berat. Bahkan, kamu akan merasa lebih segar dan cerah jika rajin dalam melakukan latihan kebugaran jasmani.

2. Menurunkan Berat Badan

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah dapat mempertahankan penurunan berat badan. Saat seseorang melakukan aktivitas fisik, itu diyakini dan sudah terbukti bisa membakar kalori.

Semakin intens aktivitas yang kamu lakukan, maka semakin banyak kalori yang terbakar. Nah, untuk mendapatkan manfaat dari kebugaran jasmani, kamu perlu konsisten dalam melakukan aktivitas olahraganya.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selanjutnya, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah mampu meningkatkan kualitas tidur. Latihan ini dapat dilakukan pada pagi maupun sore hari dan sebaiknya tidak dilakukan dekat dengan waktu istirahat atau tidur.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kebugaran jasmani lainntya adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab, aktivitas olahraga ini bisa membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Di mana, hal tersebut dapat mengurangi penyakit kardiovaskular.

Selain itu, latihan kebugaran jasmani diperlukan seseorang untuk dapat mencegah berbagai macam penyakit mental seperti kecemasan, depresi, dan masih banyak lainnya.

5. Meningkatkan Kinerja Otak

Latihan kebugaran jasmani berguna untuk meningkatkan fokus dan kinerja otak dalam berfikir. Seseorang dapat melancarkan sirkulasi darah ke otak yang dapat membuat cara berpikir lebih jernih dan bisa meningkatkan kecerdasan.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meningkatkan suasana hati dengan rajin berolahraga juga dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan diri. Dengan tubuh yang sehat, kamu bisa melakukan  berbagai olahraga dengan nyaman sesuai denga napa yang kamu sukai.

7. Membangun Aktivitas Sosial

Olahraga atau aktivitas fisik juga dapat membantu seseorang terhubung dengan keluarga atau teman, dalam suasana sosial yang menyenangkan. Jadi, dengan mengikuti kelas aerobic, jalur hiking, hingga tim sepak bola, maka kamu dapat membangun hubungan sosial.

8. Meningkatkan Suasana Hati

Melakukan aktivitas kebugaran jasmani juga dipercaya mampu meningkatkan suasana hati, lho. Misalnya saja dengan nge-gym, aktivitas itu setidaknya bisa membantu menghilangkan stres kamu.

Aktivitas fisik akan merangsang berbagai bahan kimia pada otak. Itu bisa membuat kamu merasa lebih bahagia, rileks, hingga tidak terlalu cemas akan sesuatu hal.

9. Baik Bagi Aktivitas Seksual

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah memberikan efek positif bagi aktivitas seksual. Aktivitas olahraga dapat meningkatkan gairah bagi para wanita. Sementara bagi laki-laki yang berolahraga secara teratur cenderung memiliki masalah disfungsi ereksi yang lebih sedikit daripada pria yang tidak berolahraga.

10. Menguatkan Sendi dan Melenturkan Tulang

Terakhir, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah melenturkan sendi dan menguatkan tulang. Dengan rutin melakukan kebugaran jasmani, maka otot-otot tubuh dan anggota gerak lainnya akan lebih lentur. Kamu dapat melakukan berbagai gerakan senam lantai. Seperti roll depan, roll belakang, kayang, split, lompat harimau atau melakukan gerakan dari kepala hingga ke kaki. Selain itu, dengan banyak berolahraga dan latihan yang tepat, maka tulang akan semakin kuat dan terhindar dari osteoporosis.

Dilihat dari tujuan utama latihan kebugaran jasmani di atas, kini kamu sudah semakin tahu, kan, pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan aktif berolahraga? Untuk itu, mulai terapkan dari sekarang ya!

Editor : -

Tag : #kebugaran jasmani    #tujuan    #olahraga    #tujuan utama kebugaran jasmani    #latihan kebugaran jasmania   

Baca Juga