Tulang keras (Dok: kompas.com)

Tulang Keras: Pengertian, Ciri Ciri, Contoh dan Fungsinya

Rahma | Pendidikan | 14-05-2022

PARBOABOA - Tulang pada manusia memiliki fungsi utama sebagai penopang tubuh dan sebagai tempat menempel otot dan jaringan lainnya yang membentuk permukaan tubuh.

Dalam anatomi tubuh manusia secara keseluruhan, dapat kita simpulkan bahwa terdapat dua jenis tulang manusia berdasarkan zat penyusunnya, yakni tulang keras dan tulang rawan.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai tulang keras. Mulai dari pengertian, ciri ciri, contoh lengkap dengan fungsinya.

Bagaimana pembahasannya, mari simak pembahasannya pada uraian yang telah kami rangkum secara lengkap mengenai tulang keras untuk teman-teman semua.

Pengertian Tulang Keras

Tulang keras adalah lapisan terluar tulang pipa yang padat dan keras, serta bersifat kaku, dan sering disebut sebagai tulang sejati.

Tulang keras ini merupakan alat gerak pasif, tulang keras banyak mengandung  lebih banyak zat kapur dan fosfor, dan sedikit zat perekat. Kandungan inilah yang menyebabkan tulang menjadi keras.

Ciri Ciri Tulang Keras

Setelah kamu mengetahui apa itu tulang keras, maka kamu juga harus tahu bagaimana ciri ciri tulang keras agar kamu lebih memahaminya.

Selain bersifat kaku dan keras, ternyata masih banyak ciri ciri tulang keras yang lainnya yang harus kamu ketahui, yakni:  

1. Mudah patah atau retak bila terkena benturan yang kuat.

2. Mengandung banyak zat fosfor, kalsium karbonat dan kalsium fosfat.

3. Susunan sel tulang membentuk lingkaran konsentris yang berlapis.

4. Mengandung sedikit zat kolagen atau zat perekat.

5. Ciri ciri tulang keras berikutnya adalah terdapat saluran havers (haversian canal) yang terdiri dari pembuluh darah yang berfungsi untuk menutrisi tulang.

6. Jaringan tulang keras disusun oleh sel-sel tulang (osteosit), sel-sel pembentuk tulang (osteoblas), dan sel-sel perombak tulang (osteoklas).

Contoh Tulang Keras

Berdasarkan bentuknya, contoh tulang keras dibedakan menjadi beberapa kelompok. Apa saja itu? Berikut pembahasannya!

1. Tulang Pipih

Tulang pipih adalah tulang keras yang pada kedua sisinya memiliki bentuk pipih. Contoh tulang keras yang berbentuk pipih adalah tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang penyusun tengkorak.

2. Tulang Pipa

Tulang pipa adalah tulang keras yang memiliki bentuk silindris dan berlubang di bagian tengahnya. Oleh sebab itu disebut tulang pipa karena bentuknya yang menyerupai bentuk pipa.

Contoh tulang keras yang termasuk ke dalam kategori tulang pipa adalah tulang paha, tulang betis, dan tulang kering.

3. Tulang Pendek

Tulang keras yang berukuran kecil dengan bentuk bulat atau ada juga yang segi empat, disebut sebagai tulang pendek.

Contoh tulang keras yang termasuk golongan tulang pendek adalah tulang pergelangan tangan, tulang pangkal kaki, dan ruas tulang belakang.

Berdasarkan teksturnya, contoh tulang keras dibedakan menjadi dua kelompok. Apa saja itu dan apa contohnya? Berikut pembahasannya!

1. Tulang Kompak

Tulang keras yang masuk ke golongan tulang kompak adalah tulang keras yang memiliki tekstur halus, tetapi kuat dan kokoh.

Terdapat sekitar 80% tulang penyusun rangka manusia adalah termasuk ke dalam golongan tulang kompak ini.

Berikut contoh tulang keras yang termasuk ke dalam kelompok tulang kompak antara lain, tulang telapak tangan, hasta, lengan atas, ruas jari tangan, jari kaki, betis, paha, selangka, dan masih banyak lagi.

2. Tulang Spons

Tulang keras yang dimaksud sebagai tulang spons adalah tulang keras yang mempunyai tekstur permukaan berpori atau berongga yang di dalamnya terdapat sumsum tulang merah.

Sumsum ini yang kemudian akan menjadi tempat terjadinya produksi sel darah merah. Contoh tulang keras yang termasuk tulang spons adalah semua tulang pipih dan tulang pendek.

Fungsi Tulang Keras

Ternyata, tulang keras memiliki berbagai fungsi penting bagi tubuh manusia. Berikut beberapa fungsi tulang keras bagi tubuh manusia yang harus kamu ketahui, yakni:

1. Alat Gerak Pasif

Tulang keras disebut sebagai alat gerak pasif karena fungsi tulang keras hanya sebagai penopang otot yang merupakan organ gerak aktif.

Namun tanpa adanya tulang, otot juga tidak dapat bergerak secara bebas loh. Oleh karena itu, keduanya harus bergerak secara selaras.

Dimana otot yang menentukan pergerakan, sementara tulang yang menggerakkan tubuh sehingga dapat berpindah tempat.

2. Memberikan Bentuk Tubuh

Fungsi tulang keras berikutnya adalah memberikan bentuk pada tubuh. Terkadang besar kecilnya ukuran tubuh seseorang disebabkan oleh jenis tulangnya.  

3. Penopang atau Penyokong Tubuh

Penopang atau penyokong tubuh merupakan salah satu fungsi tulang keras berikutnya. Tubuh dapat berdiri tegak akibat adanya tulang.

Bayangkan saja ketika kamu tidak memiliki tulang, pasti tubuh kamu akan seperti kain yang tidak dapat berdiri tegap dan bergerak dengan leluasa.

4. Tempat Melekatnya Otot

Fungsi tulang keras yang paling penting adalah sebagai tempat melekatnya otot-otot yang ada pada tubuh.

Otot-otot yang ada pada tubuh, dapat melekat berkat adanya tulang-tulang yang ada. Salah satunya adalah tulang keras, dan hampir semua otot berada dalam posisi menempel pada tulang.

5. Tempat Pembentukan Sel Darah Merah

Seperti yang sudah kita bahas pada contoh tulang keras, bahwa tulang keras memiliki jenis tulang spons berdasarkan teksturnya.

Tulang spons yang mempunyai tekstur permukaan berpori serta memiliki rongga. Rongga itulah yang kemudian menjadi tempat sumsum tulang merah. Sumsum ini yang kemudian akan menjadi tempat terjadinya produksi sel darah merah.

Contoh tulang keras yang menjadi tempat pembentukan sel darah merah adalah tulang rusuk, tulang belikat, tulang penyusun tengkorak tulang pergelangan tangan, tulang pangkal kaki, dan ruas tulang belakang.

6. Melindungi Organ Vital

Fungsi tulang keras berikutnya adalah melindungi organ vital. Berikut contoh tulang kerasnya dan penjelasan mengenai organ vital apa yang di lindunginya.

- Tulang rusuk berfungsi melindungi hati, jantung dan paru-paru.

- Tulang tengkorak berfungsi melindungi otak.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai pengertian, ciri ciri, contoh dan fungsi tulang keras pada anatomi manusia yang dapat menambah pengetahuan kamu.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tulang teman-teman ya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan tentunya juga mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang anda.

 

Tag : #biologi    #ilmu pengetahuan alam    #pendidikan    #pengetahuan alam    #tulang   

Baca Juga