Ilustrasi

Twitter Kini Punya Tombol Caption, Bisa Aktfikan Subtitle dalam Video

Wanovy | Teknologi | 28-06-2022

PARBOABOA - Twitter tengah menguji coba fitur baru berupa tombol untuk menghidupkan atau mematikan subtitle video di gawai Android dan iOS.

Tombol tersebut berada di sudut kanan atas video jika tersedia teks. Fitur baru ini memungkinkan Anda memilih apakah Anda ingin melihat subtitle di video yang Anda tonton, atau tidak.

Dilansir The Verge, Twitter sebenarnya mulai menguji fitur ini pada April lalu untuk sejumlah kecil pengguna iPhone.

Sebenarnya fitur ini sudah diuji coba Twitter pada April kemarin. Namun itu hanya berlaku untuk sejumlah pengguna iPhone.

Tombol CC ini akan muncul di sudut kanan atas video. Pengguna hanya perlu mengetuk tombol itu apabila mau menampilkan teks.

Kendati demikian, video dengan subtitle hanya muncul apabila si pengunggah sudah menyediakan teks dalam videonya. Jadi itu belum tentu berlaku untuk semua video.

"Tombol itu hanya akan muncul di video dengan teks yang sudah tersedia, dan itu tidak terkait dengan sistem auto caption," kata juru bicara Twitter, Shaokyi Amdo, dikutip dari The Verge, Minggu (26/6/2022).

Kehadiran tombol itu diharapkan bisa mendorong semua pengguna yang mengunggah video untuk menambahkan teks layaknya subtitle.

Fitur ini mirip seperti yang ada di YouTube. Platform video milik Google itu juga sudah menghadirkan tombol CC untuk menampilkan subtitle dalam konten.

Adapun sang kreator bisa menambahkan caption dengan mengunggah file dengan format .SRT melalui Media Studio library ke dalam video yang akan diunggahnya.

Fitur ini sendiri sangat membantu pengguna yang memang tengah tidak bisa mendengarkan audio atau sekedar memutar suara lebih keras.

Sehingga, mereka tetap dapat memahami maksud dari video meski tanpa mendengar suara apapun.

Tag : #twitter    #subtitle    #apps    #teknologi    #caption    #fitur twitter   

Baca Juga