Ilustrasi, foto: Inspira.tv

Mirip Instagram, Twitter Uji Coba Fitur Close Circle

Wanovy | Teknologi | 05-05-2022

PARBOABOA - Twitter dikabarkan mulai melakukan uji coba terhadap fitur 'Twitter Circle' seperti fitur teman dekat 'close friend' yang terdapat di aplikasi Instagram.

Dikutip dari Techcrunch, Rabu (4/5), saat ini sejumlah kecil pengguna dapat meng-tweet pesan mereka secara khusus kepada 150 orang teman terdekat selama fase pengujian berlangsung.

Fitur Twitter Circle ini sebelumnya sempat mendapatkan ejekan setelah disebut sebagai salah satu pembaruan produk potensial yang dilakukan pada Juli lalu.

Fitur 'Teman Dekat' ini juga sempat muncul di situs Twitter secara tidak sengaja akibat bug pada April kemarin.

Twitter mengatakan saat ini fitur tersebut memang masih berada dalam tahap awal. Oleh sebab itu, hanya segelintir pengguna Twitter saja yang mendapatkan kesempatan untuk mengakses fitur itu.

"Kami sekarang sedang menguji Twitter Circle yang memungkinkan anda menambah 150 orang yang dapat melihat kicauan anda saat ingin berbagi dengan lebih sedikit orang," terang Twitter melalui akun resminya.

Kendati demikian, para pengguna yang lain masih bisa melihat Tweet Circle asalkan sudah dimasukkan dalam list 'teman dekat' oleh mereka yang sudah mendapat kesempatan lebih awal.

Pada saat pertama kali mengakses fitur teman dekat, Twitter nantinya akan menyarankan pengguna untuk menambahkan mutual yang paling sering melakukan interaksi.

Meski begitu, para pengguna juga bisa menambahkan orang-orang di luar pengikut ke dalam Circle. Hanya saja orang-orang tersebut kemungkinan besar tidak akan melihat postingan 'teman dekat' karena belum menjadi pengikut.

Selain itu, anggota Circle lainnya juga dapat melihat dan berinteraksi terhadap balasan ditujukan kepada tweet khusus tersebut, selama tidak dalam mode pribadi.

Twitter juga tidak akan mengirimkan pemberitahuan kepada mereka-mereka yang dimasukkan atau dikeluarkan dari Circle Twitter.

Lebih lanjut, tidak seperti fitur 'Teman Dekat' di Google+, para pengguna Twitter nantinya mendapatkan satu lingkaran atau 150 teman dekat saja.

Untuk mengirimkan cuitan ke lingkaran, para pengguna tinggal mengklik lambang oval yang terletak di atas kotak teks pada saat menuliskan cuitan.

Lalu, pengguna tinggal mengubah pemirsa dari 'semua orang' menjadi 'lingkaran Twitter", sama seperti ketika mengirim cuitan ke Komunitas.

Tag : #twitter    #close circle    #apps    #teknologi    #close friends   

Baca Juga