Lokasi final Liga Champions resmi di pindah dari Rusia ke Prancis (Foto: UEFA)

UEFA Resmi Pindahkan Lokasi Final Liga Champions Dari Rusia Ke Prancis

Michael | Sepakbola | 26-02-2022

Parboaboa.com – UEFA akhirnya mengambil langkah terbaik pada konferensi luar biasa yang berlangsung pada hari Jumat (25/2/2022) waktu setempat. Dengan memindahkan lokas final Liga Champions 2021/2022 dari Saint Petersburg, Rusia, ke Paris, Prancis.

Sebelumnya, Krestovsky Stadium (Gazprom Arena) yang terpilih untuk menjadi lokasi final Liga Champions tersebut. Akan tetapi terjadilah krisis antara Rusia dan Ukraina.

Rusia memutuskan untuk melancarkan invansi kepada Ukraina pada 24 Februari 2022 kemarin. Situasi ini langsung membuat UEFA mengambil tindakan penting. UEFA langsung menggelar konferensi luar biasa untuk membahas pemindahan lokasi final Liga Champions.

Lokasi Final Liga Champions Resmi Dipindahkan

Pada akhirnya keputusan pun sudah diambil oleh UEFA. Per hari Jumat (25/2/2022) sore WIB, UEFA resmi mengeluarkan keputusan bahwa final Liga Champions tidak akan lagi dilakukan di Saint Petersburg.

Sebagain gantinya, UEFA menunjuk Stade de France, Saint-Denis, di Paris untuk menjadi likasi final Liga Champions pada bulan Mei 2022 mendatang. Berikut pernyataan resmi dari pihak UEFA yang dilansir dari situs resmi mereka.

“Komite Eksekutif UEFA hari ini mengadakan pertemuan luar biasa menyusul eskalasi situasi keamanan di Eropa.”

“Komite Eksekutif UEFA memutuskan untuk memindahkan final Liga Champions 2021/2022 dari Saint Petersburg ke Stade de France di Saint-Denis. Pertandingan akan dimainkan seperti yang dijadwalkan yakni pada hari Sabtu 28 Mei 2022 pukul 21.00 CET.”

“UEFA ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Republik Prancis Emmanuel Macron atas dukungan dan komitmen pribadinya untuk memindahkan pertandingan paling bergengsi sepak bola klub Eropa ke Prancis pada saat krisis yang tak tertandingi. Bersama dengan pemerintah Prancis, UEFA akan sepenuhnya mendukung upaya multi-stakeholder untuk memastikan penyediaan penyelamatan bagi pemain sepak bola dan keluarga mereka dai Ukraina yang menghadapi penderitaan, kehancuran dan pemindahan manusia yang mengerikan.” Demikian pernyataan UEFA.

Keputusan Tambahan UEFA

Selain itu, pertemuan tersebut juga digunakan untuk membahas nasib klub-klub sepak bola di Rusia dan Ukrania maupun tim nasionalnya. UEFA meminta mereka untuk menggelar sisa pertandingan kandang mereka di musim ini di tempat netral.

“Pada pertemuan hari ini, Komite Eksekutif UEFA juga memutuskan bahwa klub dan tim nasional Rusia dan Ukraina yang bersaing di kompetisi UEFA akan diminta untuk memainkan pertandingan kandang mereka di tempat netral sampai pemberitahuan lebih lanjut.”

“Komite Eksekutif UEFA selanjutnya memutuskan untuk tetap siaga untuk mengadakan pertemuan luar biasa lebih lanjut, secara berkelanjutan secara teratur jika diperlukan, untuk menilai kembali situasi hukum dan faktual saat berkembang dan mengadopsi keputusan lebih lanjut yang diperlukan”

UEFA Kutuk Rusia

Sebelumnya pihak UEFA juga sudah merilis pernyataan resmi terkait agresi militer Rusia ke Ukraina. Mereka mengecam keras keputusan yang di oleh negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin tersebut.

“UEFA berbagi keprihatinan signifikan komunitas internasional untuk situasi keamanan yang berkembang di Eropa dan mengutuk keras invasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina.”

“Sebagai badan pengatur sepak bola Eropa, UEFA bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan dan mempromosikan sepak bola sesuai dengan nilai-nilai umum Eropa seperti perdamaian dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, dalam semangat Piagam Olimpiade. Kami tetap teguh dalam solidaritas kami dengan komunitas sepak bola di Ukraina dan siap untuk mengulurkan tangan kami kepada rakyat Ukraina.”

“Kami menghadapi situasi ini dengan sangat serius dan mendesak. Keputusan akan diambil oleh Komite Eksekutif UEFA dan diumumkan pada hari besok.”

Sumber: UEFA
 

Tag : #Liga Champions    #UEFA    #Rusia    #Ukraina    #Final. Saint Petersburg    #Prancis    #Paris   

Baca Juga