Uji coba pembukaan mal, pengunjung wajib sudah vaksin

Uji Coba Pembukaan Mal, Pengunjung Wajib Sudah Vaksin

rini | Ekonomi | 10-08-2021

PARBOABOA, Jakarta - Pelaksanaan PPKM level 3 dan 4 di Jawa dan Bali resmi diperpanjang sampai 16 Agustus 2021.

"Atas arahan Presiden Republik Indonesia maka PPKM Level 4 hingga, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021," kata Luhut melalui konfrensi Pers di kanal YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

Meskipun PPKM diperpanjang, pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal pada Selasa (10/8) .

"Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual (bertahap) untuk mal, pusat perbelanjaan di wilayah dengan level 4 dengan memperhatikan implementasi prokes (protokol kesehatan)," kata Luhut dalam keterangan pers secara virtual, Senin (9/8/2021).

Ada pun uji coba pembukaan pusat perbelanjaan/mal akan dilakukan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan kapasitas 25 persen selama seminggu ke depan.

Hanya mereka yang sudah divaksinasi, saya ulangi, hanya mereka yang sudah divaksinasi dapat masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Anak umur di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke dalam mal/pusat perbelanjaan sementara ini, tegasnya.

Selain pembukaan mal pemerintah juga akan menguji coba pembukaan industri esensial yang berbasis ekspor, akan segera disusun Standar Operasional Prosedur (SOP).

Pelonggaran ini karena Tren Kasus dan dan Perawatan Rumah Sakit di Jawa Bali yang sudah menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan. Data menunjukkan penurunan hingga 59,6% dari puncak kasus di tanggal 15 Juli 2021 yang lalu.

Tag : ekonomi

Berita Terkait