Sirkuit Mandalika

Uji Coba Pramusim MotoGP Mandalika 2022 Dihentikan Sementara

Sondang | Olahraga | 11-02-2022

PARBOABOA, Lombok – Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika dijadwalkan pada 11-13 Februari 2022. Namun, pihak MotoGP terpaksa menghentikan tes ini untuk sementara pada sesi pagi, Jumat (11/2).

Dikutip melalui akun twitter resmi @motoGP, tes MotoGP Mandalika dihentikan sementara setelah kondisi trek Sirkuit Mandalika kotor dan basah karena hujan semalaman.

"Red flag. Sesi tes telah dihentikan [sementara] karena sirkuit sedang dibersihkan. Hujan sepanjang malam membuat sirkuit cukup kotor!," tulis MotoGP dikutip melalui akun twitter @motoGP, Jumat (11/2).

Sesi pagi tes MotoGP Mandalika sudah berjalan lebih dari satu jam. Saat red flag dikeluarkan hari pertama tes MotoGP Mandalika menyisakan 6 jam 36 menit dan 13 detik.

Pembalap Suzuki Alex Rins menjadi pembalap pertama yang turun ke Sirkuit Mandalika saat tes MotoGP Mandalika dimulai. Rins mencetak sejarah sebagai pembalap pertama MotoGP yang mengapsal di Indonesia sejak 1997.

Tes MotoGP Mandalika hari ini dijadwalkan berlangsung pukul 09.00 WITA hingga 17.00 WITA. Setelah itu akan digelar latihan start selama 15 menit.

Perlu diketahui, kejadian ini bukan terjadi pertama kalinya di Sirkuit Mandalika. Masalah yang sama yakni hujan terus menerus dan sirkuit yang kotor pernah terjadi juga pada saat penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2021.

Bahkan pada ajang balap WSBK 2021 yang dibatalkan bukan sesi tes, free practice (latihan bebas), ataupun kualifikasi. Tetapi yang dibatalkan adalah balap perdana WSBK di Sirkuit Mandalika.

Pada Sabtu (20/11/2021), penyelenggara balapan terpaksa membatalkan balapan WSBK Sirkuit Mandalika dikarenakan hujan deras. Hujan yang sangat deras mengguyur sirkuit sehingga aspal lintasan Sirkuit Mandalika tergenang dan tak bagus untuk dilaksanakan balapan.

"Dengan adanya hujan badai besar di Pertamina Mandalika Sirkuit pada sore hari ini sebelum balap WSBK 1, prosesi start akan ditunda," kata pengumuman resmi WSBK.

Akibatnya, seluruh balapan WSBK baik balap ke 1 dan ke 2 harus digelar pada Minggu, 21 November 2021.

Selain WSBK, ada balap lainnya yang pernah batal digelar di Sirkuit Mandalika karena masalah sepele lainnya. Balapan tersebut adalah Idemitsu Asia Talent Cup 2021 yang batal digelar karena marshal di Sirkuit Mandalika dianggap tidak siap.

Tag : #motogp 2022    #sirkuit mandalika    #olahraga   

Baca Juga