Ukuran feed instagram yang bagus (Foto: Pexel)

Ukuran Feed Instagram yang Ideal dan Cara Membuatnya Lebih Menarik

Andre | Teknologi | 03-06-2022

PARBOABOA - Feed Instagram yang cantik, menarik, dan aesthetic adalah impian sebagian orang karena dapat meningkatkan jumlah followers dan like secara organik. Maka dari itu, kreatifitas dan keunikan dibutuhkan untuk mencapainya. Selain itu, kamu juga harus mengetahui berapa ukuran feed Instagram yang ideal.

Feed Instagram adalah salah satu fitur yang sudah ada sejak Instagram hadir, berupa halaman beranda atau profil yang menampilkan foto dan video penggunanya.

Hingga saat ini, Instagram merupakan salah satu jenis sosial media yang paling populer di dunia. Bahkan rumornya, Instagram memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU).

Jadi, memiliki feed yang menarik bisa mendatangkan keuntungan loh, baik itu untuk tujuan personal ataupun tujuan berbisnis. Lalu, bagaimana cara membuat feed Instagram yang menarik dan berapa ukuran yang tepat? Untuk mengetahuinya, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Ukuran Feed Instagram

Saat ingin mengupload sebuah konten di Instagram, kamu harus mengetahui ukuran feed yang ideal. Untuk tiap-tiap postingan di Instagram, terdapat beberapa ratio, di antaranya:

  • Cover: 420 pixel x 654 pixel (1:1.5)
  • Persegi: 1080 pixel x 1080 pixsel (1:1)
  • Lanskap/horizontal: 1080 pixel x 566 pixsel (16:9)
  • Potret/vertikal: 1080 pixel x pixel 1350 (4:5)

Semakin tinggi ukuran pixelnya, maka semakin bagus kualitas postingannya.

Untuk postingan seperti foto dan video disarankan untuk menggunakan ukuran feed Instagram dengan rasio 1:1, 16:9, ataupun 4:5.

Sedangkan untuk ukuran Instagram story, kamu bisa menggunakan aspek rasio 1.9:1 dengan ukuran 1080 pixel x 608 pixel dan rasio 9:16 dengan ukuran 1080 pixel x 1920 pixel.

Sementara untuk IG Live, rasio yang dianjurkan adalah 9:16 dengan ukuran 1080 pixel x 1920 pixel.

Cara Membuat Feed IG Menarik

Nah, agar akun kamu terlihat lebih menarik dan keren, ada beberapa tips yang bisa kamu ikutin. Yuk Simak!

1. Menentukan Tema Feed

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah menentukan tema dari akun Instagram. Terdapat beberapa tema yang bisa diadaptasi seperti:

  • Minimalis - Cenderung menggunakan banyak whitespace agar tampilan lebih minim dan gak ribet
  • Black & White – Juga disebut dengan Grayscale atau monokrom, memberi kesan klasik dan berkelas
  • Vintage – Memberikan kesan yang elegan pada feed Instagram
  • Natural – Menampilkan kesan yang segar, hangat, dan nyaman dilihat
  • Colorfull – Agar tampilan feed IG penuh dengan warna

2. Menentukan Grid Layout

Menentukan grid layout adalah salah satu cara membuat feed Instagram menjadi lebih menarik.

Grid layout merupakan tata letak postingan. Ini memudahkan kamu untuk membuat akun Instagram terlihat aesthetic dan konsisten. Terdapat beberapa pilihan grid layout yang bisa kamu terapkan seperti Puzzle Feed, Tiles Feed, Horizontal Lines, dan Border Feed.

3. Memilih Warna yang Konsisten

Feed Instagram hanya menampilkan foto atau video yang telah diunggah. Nah, untuk membuat feed kamu lebih menarik, konsep pemilihan warna yang konsisten adalah kuncinya.

Penggunaan warna senada dapat membuat feed kamu leih tertata rapi dan punya keunikan sendiri. Dalam praktiknya, setidaknya kamu menggunakan perpaduan 2-3 warna yang konsisten, sehingga mata setiap orang yang berkunjung ke feed IG-mu akan merasa nyaman.

4. Mengedepankan Kualitas Foto

Agar tips di atas bisa berjalan dengan baik, maka diperlukan kualitas foto yang mumpuni, tampak lebih tajam dan jelas.

Agar resolusi foto lebih maksimal, kamu memerlukan kamera seperti DSLR atau mirrorless. Jangan khawatir jika tidak memilikinya, karena saat ini sudah banyak smartphone yang menyediakan kamera dengan kualitas foto yang bagus.

Keuntungan Menata Desain Feed Instagram

Menata desain feed menjadi lebih menarik tidak hanya menyenangkan diri sendiri, namun kamnu juga mendapatkan keuntungan, baik itu untuk kebutuhan personal ataupun kebutuhan bisnis.

Feed Instagram yang menarik dapat memancing orang-orang untuk mengikutinya. Jika kamu menggunakan Instagram untuk kebutuhan bisnis, kamu juga bisa meningkatkan Brand Awerness terhadap calon konsumen yang berkunjung ke feed Instagram.

Mendesain feed bukanlah hal yang mudah, karena memerlukan skill dan effort kerja yang tak sedikit. Effort tersebut menjadi cerminan profesionalitas yang akan meningkatkan kepercayaan kepada calon konsumen.

Itulah ukuran feed Instagram yang bagus dan cara membuatnya agar lebih menarik. Apakah kamu sudah mendapatkan gambaran tentang feed idamanmu?

Tag : #instagram    #sosial media    #teknologi    #ukuran feed instagram   

Baca Juga