Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Sondang | Pendidikan | 07-01-2022

PARBOABOA, Siantar – Memasuki tahun 2022, para siswa yang sebentar lagi akan lulus sudah bisa mencari tahu universitas mana yang ingin dituju untuk melanjutkan pendidikan.

Indonesia memiliki dua jenis universitas, yakni universitas negeri dan universitas swasta. Namun kali ini, Parboaboa akan membahas mengenai universitas swasta saja.

Dari sekian banyak universitas swasta di Indonesia, kita pasti menginginkan yang terbaik. Oleh karena itu, Webometrics telah meriset dan merangkum universitas swasta terbaik di Indonesia.

Sebagai informasi, Webometrics adalah aplikasi Ranking Web Of Universities yang berguna untuk melihat ranking universitas di dunia. Webometrics diterbitkan oleh Cybermetrics Labs, dibawah naungan Spanish Nasional Research Council. Project riset ini dimulai sejak tahun 1996 yang akhirnya fokus melakukan pemeringkatan perguruan tinggi pada tahun 2004.

Webometrics bertujuan untuk meningkatkan daya saing, keberadaan (eksistensi) dan peran perguruan tinggi melalui publikasi dan penelitian-penelitian ilmiah setiap perguruan tinggi di dunia.

Saat ini, Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang paling populer dibandingkan dengan sistem pemeringkatan lainnya.

Berikut daftar 10 kampus swasta terbaik di Indonesia dengan peringkat teratas dunia versi Webometrics:

1. Universitas Telkom

Universitas Telkom, atau Telkom University yang disingkat Tel-U terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Telekomunikasi - Terusan Buahbatu, di kawasan Bandung Technoplex.

Universitas Telkom menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics dan peringkat 1417 di dunia.

2. Universitas Bina Nusantara

Di urutan kedua ada Bina Nusantara (Binus) yang menduduki peringkat 1949 di dunia. Binus didirikan oleh Theresia Widia Soerjaningsih, Joseph Wibowo Hadipoespito pada 1 Juli 1981. Artinya, universitas ini sudah berumur 40 tahun.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kemudian ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang berada di peringkat 2232 dunia. Selain itu, universitas ini juga telah terakreditasi "Unggul" berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 793/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/XIII/2021.

UMY beralamatkan di Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia (UII) adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang didirikan pada 8 Juli 1945. Oleh karena itu, tak heran jika UII menduduki peringkat 2270 di dunia.

UII terletak di Jl. Kaliurang No.Km. 14,5, Krawitan, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Universitas Gunadarma

Selanjutnya ada Universitas Gunadarma yang menduduki peringkat 2698 sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas Gunadarma didirikan pada 7 Agustus 1981 yang beralamat di Kota Depok, Jawa Barat.

6. Universitas Kristen Satya Wacana

Di urutan ke enam ada Universitas Kristen Satya Wacana yang berada di peringkat 2898 dunia. "Satya Wacana" berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti "setia kepada sabda atau firman Tuhan".

Universitas ini didirikan oleh  Pdt. Basuki Probowinoto, Pdt. Tan Ik Hay, S.M.A. Pasariboe dan Jac van der Waals. Letaknya ada di Salatiga, Jawa Tengah.

7. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala didirikan pada 2 September 1961 yang terletak di Jl. Teuku Nyak Arief No.441, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh.

Kampus dengan peringkat 3034 di dunia ini berjarak 8 km ke arah timur Kota Banda Aceh, 22 km dari Bandara Sultan Iskandar Muda, dan 10 km dari Pelabuhan Malahayati di Krueng Raya.

8. Universitas Narotama UNNAR Surabaya

Kemudian ada Universitas Narotama UNNAR Surabaya yang berdiri sejak 8 Februari 1981. Universitas ini berada di peringkat 3185 sebagai universitas terbaik di dunia.

9. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya didirikan 27 September 1965 oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Lima orang pendiri Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah: Prof. R.A. Soehardi, S.H. Drs. A.J. Liem Sioe Siet A., Sutijoso, S.H. Prof. Drs. Oey Liang Lee Dr. Leo Sukoto, S.J.

Universitas dengan peringkat 3396 ini terletak di Jl. Babarsari No.44, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Universitas Dian Nuswantoro

Terakhir, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berdiri pada tahun 1990 yang terletak di Jl. Imam Bonjol No.207, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Universitas ini menduduki urutan 3417 sebagai universitas terbaik di dunia. Bila disejajarkan dengan PTN nasional, Udinus menduduki urutan ke-28.

Itulah 10 kampus swasta terbaik di Indonesia dengan peringkat teratas dunia versi Webometrics.

Tag : #univers   

Baca Juga