Universitas Sriwijaya (Foto: Humas Unsri)

7 Universitas Terbesar di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Ester | Pendidikan | 03-09-2022

PARBOABOA – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali universitas terbaik di dalamnya. Hal itu dapat dilihat dari beberapa universitas Indonesia yang masuk ke dalam kategori perguruan tinggi terbaik di Dunia.

Selain terbaik, ternyata Indonesia juga memiliki banyak sekali universitas terluas yang luasnya mencapai ratusan hektare. Kampus apa sajakah itu?

Di bawah ini Parboaboa akan memberikan kamu daftar universitas terbesar dan terluas di Indonesia yang wajib kamu ketahui untuk menembah wawasan kamu. Penasaran dengan universitas apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini sampai habis.

1. Universitas Sriwijaya

Universitas terbesar di Indonesia yang pertama adalah Universitas Sriwijaya. Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Sumatera Selatan ini memilki luas sebesar 721 Ha. Selain itu, PTN ini juga memiliki 2 lokasi kampus yang berbeda, yakni di Bukit Besar, Kota Palembang dan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Di dalam Unsri, terdapat 10 fakultas untuk menempuh pendidikan. Kesepuluh fakultas itu adalah, fakultas ekonomi, fakultas ilmu komputer, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas pertanian, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas hukum, dan fakultas kedokteran.

Selain itu, terdapat pula banyak fasilitas yang memupuni di dalam Universitas terluas di Indonesia ini. Beberapa diantaranya ialah, student center yang terdiri dari 5 lantai, perpustakaan digital, dan masih banyak lagi.

2. Universitas Riau

Masih dari Sumatera, daftar Universitas terbesar selanjutnya adalah Universitas Riau. Universitas yang berada di Pekanbaru ini memiliki beberapa pelopor, yakni Soesman Hs, Kolonel Kaharuddin Nasution, Drs. Sutan Balia, dan Datuk Wan Abdurrahman. PTN ini resmi berdiri pada 1 Oktober 1962 dengan luas 700 Ha.

Di dalamnya terdapat 12 fakultas, yakni fakultas kedokteran, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas teknik, fakultas hukum, fakultas pertanian, fakultas ekonomi, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas perikanan dan ilmu kelautan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas keperawatan, sekolah pasca sarjana, dan program doktor.

Selain itu, terdapat pula fasilitas beragam termasuk rumah sakit pendidikan atau yang biasa disebut sebagai Teaching Hospital. Selain sebagai fasilitas di dalam pendidikan, rumah sakit ini juga sebagai salah satu unit pelayanan masyarakat.

3. Universitas Andalas

Universitas terbesar ketiga di Indonesia adalah Univeristas Andalas. Universitas satu ini masih di Sumatera dan terletak di kota Padang. Dengan luas 502 Ha serta 16 fakultas. Universitas ini cukup diminati oleh banyak Camaba.

Universitas Andalas memiliki 16 fakultas. Keenam belas fakultas itu adalah fakultas ekonomi, fakultas farmasi, fakultas hukum, fakultas ilmu budaya, fakultas ilmu sosial politik, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas keperawatan, kesehatan masyarakat, fakultas pertanian, fakultas peternakan, fakultas teknik, fakultas teknologi pertanian, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan, fakultas teknologi informasi, dan program pasca sarjana.

Fasilitas yang dimiliki oleh universitas terluas di Indonesia ini antara lain adalah convention hall, auditorium, asrama, dan masih banyak lagi. Terdapat pula 2 rumah sakit yang disediakan sebagai salah satu fasilitas pendidikan dan unit pelayanan masyarakat.

4. Universitas Sumatera Utara

Selain menjadi salah satu universitas yang paling diminati di tahun 2021, Universitas Sumetara Utara (USU) juga menjadi salah satu universitas terbesar di Indonesia dengan posisi keempat. PTN yang berada di Medan, Sumetara Utara ini memiliki luas 416 Ha dengan kampus utama berada di Padang Bulan dan kampus kedua di Kwala.

Kampus ini diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno pada tanggal 20 November 1957 dan menjadi perguruan tinggi negeri ke-7 di Indonesia.

USU memiliki 16 fakultas di dalamnya, yakni fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas farmasi, fakultas hukum, fakultas ilmu budaya, fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi, fakultas ilmu sosial dan politik, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas kehutanan, fakultas keperawatan, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas matematika dan pengetahuan alam, fakultas pertanian, fakultas psikologi, teknik, dan sekolah pascasarjana.

Di dalamnya juga terdapat fasilitas terbaik yang dapat digunakan setiap mahasiswa disana, seperti Rumah Sakit Pendidikan USU, Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU, dan masih banyak fasilitas lainnya.

5. Universitas Indonesia

Siapa yang tidak mengetahui Universitas Indonesia? Salah satu kampus terbaik di Indonesia bahkan dunia yang setiap tahunnya memiliki peminat paling banyak di SBMPTN. Universitas terluas yang satu ini berada di Depok, Jawa Barat dengan luas 320 Ha.

Meski luas, kampus UI adalah salah satu kampus dengan ruang hijau yang banyak. Hal itu menyebabkan 75% dari wilayah UI digunakan sebagai hutan kota, dan 25% digunakan sebagai gedung-gedung kampus.

Selain dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, UI juga memiliki fasilitas-fasilitas terbaik yang mendukung proses pembelajaran. Beberapa diantaranya adalah akses tranportasi lengkap, rumah sakit, auditorium, tempat ibadah, kantor bank, dan masih banyak lagi.

6. Universitas Gadjah Mada

Mirip dengan UI, UGM adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia yang setiap tahunnya selalu memiliki banyak peminat. Kampus yang terletak di DI. Yogyakarta, Jawa Tengah ini memiliki luas 750.000 m2 dan termasuk ke salah satu kampus terluas di Indonesia.

Universitas yang didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 ini memiliki banyak fakultas, diantaranya adalah fakultas biologi, fakultas farmasi, fakultas filsafat, fakultas hukum, fakultas ilmu budaya, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas kedokteran hewan, fakultas pertanian, fakultas peternakan, fakultas psikologi, dan masih banyak lagi fakultas-fakultas di UGM.

Hal itu tentu menjadi salah satu alasan mengapa banyak sekali orang yang berlomba untuk menjadi salah satu mahasiswa di UGM. Selain itu, terdapat pula berbagai macam fasilitas di dalamnya yakni, Stadion Madya, museum, dan masih banyak lagi yang dapat mendukung kegiatan mahasiswa.

7. Universitas Airlangga

Daftar universitas terluas di Indonesia selanjutnya adalah universitas Airlangga. PTN yang terletak di Surabaya, Jawa Timur ini memiliki luas 650.308 m2 dan menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia.

PTN yang diresmikan oleh Ir. Soekarno pada 10 November 1954 ini memiliki banyak fakultas, seperti fakultas kedokteran, fakultas ekonomi dan bisnis, psikologi, fakultas perikanan dan kelautan, fakultas kedokteran gigi, farmasi, fakultas sains dan teknologi, fakultas ilmu budaya, fakultas hukum, fakultas kedokteran hewan, fakultas kKesehatan masyarakat, dan masih banyak lagi.

Terdapat pula fasiltas-fasilitas yang lengkap dan dapat mendukung kegiatan pembelajaran, seperti poliklinik, asrama, dan masih banyak lagi.

Itulah 7 kampus terluas di Indonesia yang wajib kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu dan selamat membaca!

Tag : #universitas    #kampus    #pendidikan    #ptn    #perguruan tinggi    #ugm    #ui    #terbesar    #terluas   

Baca Juga